gtag('config', 'G-K1LNF7F02J'); 5 Cara Memulai Bisnis Rental Sound System dan Mengembangkannya - IDEBISNISANDA

5 Cara Memulai Bisnis Rental Sound System dan Mengembangkannya

Bagaimana cara memulai bisnis rental sound system? Peluang bisnis rental sound system masih sangat terbuka lebar dan menjanjikan keuntungan

 

rental sound system

Idebisnisanda.com - Bagaimana cara memulai bisnis rental sound system?  Peluang bisnis rental sound system masih sangat terbuka lebar dan menjanjikan keuntungan yang menggiurkan. Apakah anda pernah memperhatikan pada sebuah acara/hajatan sound system terpajang dibeberapa tempat?  Tanpa adanya sound system acara akan berlangsung kurang meriah sehingga jasa rental sound system akan selalu dicari oleh orang-orang yang ingin mengadakan suatu acara baik formal maupun nonformal. Memulai suatu bisnis tentunya memerlukan perjuangan baik dari segi modal, waktu dan tenaga. Tapi kalau bukan sekarang, kapan lagi ?

Apabila anda ingin mengadakan suatu acara yang bersifat umum dan mengundang banyak tamu tentunya anda membutuhkan sound system seperti pengeras suara dan berbagai perangkat elektronik lain. Tapi tidak semua orang memiliki alat elektronik ini sehingga mereka akan menyewa saja jika memang membutuhkan. Apalagi biasanya acara hanya berlangsung cuma dalam hitungan hari maka jauh lebih ekonomis jika menyewa sound system dibandingkan anda harus membeli sendiri.

Ada banyak acara yang akan memerlukan jasa anda seperti pernikahan, khitanan, acara keluarga, konser musik, acara kantor, dan berbagai kegiatan lain yang memerlukan peralatan sound system untuk mendukung suksesnya sebuah acara.

Jika Anda jeli melihat peluang ini maka sebenarnya peluang bisnis sewa sound system memang sangat menjanjikan. Meskipun perangkat sound system yang Anda miliki mungkin tidak akan dipakai atau disewa setiap hari, tapi paling tidak dalam setiap minggu akan laku terlebih lagi jika anda sudah memiliki reputasi dan pelanggan yang mengenali anda. tentunya jasa penyewaan anda akan semakin laris. Lantas bagaimana cara untuk memulai usaha ini. Berikut ini adalah 5 cara untuk memulai bisnis rental sound system dan mengembangkannya :

1.           Sediakan Modal Utama

Modal utama untuk mengembangkan bisnis ini adalah berbagai perangkat elektronik yang lengkap. Kelengkapan menjadi sangat penting karena akan mendukung hasil sound system yang diinginkan oleh pelanggan. Untuk itu setelah Anda menyiapkan anggaran untuk pembelian sound system maka lakukan survei. Semakin bagus sound system anda maka hasil suaranya pun akan semakin jernih dan enak untuk didengar. Tentunya untuk kualitas sound system yang baik biasanya berbanding lurus dengan harga paralatan yang relatif mahal. Anda bisa menyesuaikan dengan budget yang anda miliki dan terus mengupgrade perlengkapan sound system anda.

Untuk mengetahui berapa jumlah modal untuk membeli peralatan sound system anda bisa mendatangi toko-toko peralatan untuk melihat mana perangkat elektronik yang sesuai untuk skala usaha yang akan dikembangkan. Poin penting yang harus dilakukan adalah bahwa Anda memahami apa perangkat yang akan dipakai misal tape, mikrofon dan perangkat lain. Sementara jika Anda tidak terlalu memahami seluk beluk usaha ini maka ajak orang yang benar-benar paham dalam bidang ini untuk bekerjama minimal minta advice atau saran membangun sebagai persiapan usaha rental anda.

2.           Tentukan Pelaksana atau Kontrol Peralatan

Untuk melakukan pengelolaan dan pemeliharaan berbagai perangkat elektronik maka sebaiknya Anda benar-benar memahami bidang ini. Meskipun Anda bisa memperkerjakan karyawan namun Anda tidak bisa lepas begitu saja. Modal untuk mendirikan usaha ini memang sangat besar dan kerusakan bisa terjadi kapan saja saat disewa. Sebaiknya anda menunjuk karyawan yang dipercaya untuk memonitor secara langsung peralatan saat dipersewakan dan melakukan pemeriksaan secara berkala.

Tapi Anda tetap bisa melakukan pemeliharaan sendiri karena alat ini tidak dipakai setiap hari. Saat ada waktu luang maka Anda bisa mengetes perlengkapan untuk mengetahui kualitas. Sedangkan pada akhir pekan biasanya perlengkapan Anda mungkin akan disewa.

3.           Terapkan Sistem Kerjasama

Jika Anda baru memulai bisnis sewa sound system maka Anda bisa meluaskan pasar dan memberikan perkenalan dengan berbagai cara. Salah satu kerjasama yang paling efektif adalah dengan menjalin hubungan dengan wedding organizer atau event organizer.

Anda bisa menerapkan sistem paket khusus dengan diskon harga sehingga terlihat lebih murah dibandingkan jika pemilik acara harus menyewa perlengkapan sendiri. Dengan cara ini maka usaha Anda juga akan semakin dikenal dan kemungkinan besar akan lebih banyak memiliki pasar.

4.           Siapkan Dana Cadangan Pemeliharaan

Pemeliharaan untuk perangkat sound system memang membutuhkan biaya yang tidak murah. Untuk itu jika Anda menerima uang sewa maka terapkan dengan bijak. Sisihkan pendapatan Anda sebagai dana cadangan investasi. Dana cadangan ini akan berguna jika ada peralatan yang rusak sehingga perlu diganti. Dengan cara ini maka Anda bisa terus melakukan pembaruan sehingga alat berfungsi dengan baik. Jika Anda tidak memiliki dana cadangan maka bisa saja usaha Anda mungkin tidak berjalan dengan baik.

Selain itu jangan lupa untuk menentukan skala peralatan sesuai dengan konsumen yang ingin didapatkan. Jika Anda ingin memiliki konsumen dengan skala besar seperti untuk acara kenegaraan, acara pernikahan di gedung dan hotel maka Anda harus memiliki peralatan yang sesuai. Sementara jika Anda ingin memulai dengan langkah kecil seperti konsumen tingkat desa atau kampung maka gunakan peralatan yang dibutuhkan. Intinya usaha sewa sound system tetap harus direncanakan sejak awal.

5.           Promosi

Selain melakukan kerjasama dengan berbagai wedding organizer, anda juga bisa memanfaatkan berbagai media sebagai alat promosi yang efektif baik melalui media cetak seperti koran, majalah, tabloid, dll. Saat ini perkembangan media sosial seperti facebook, instagram, twitter, whatsapp, dan blog berkembang sangat pesat sehingga bisa anda manfaatkan untuk menjangkau pasar yang lebih luas dengan biaya yang lebih minim. Kunci dari semua bisnis jasa adalah harga, kualitas dan pelayanan terbaik yang bisa didapatkan oleh konsumen. Jika anda bisa memenuhi kriteria tersebut cepat atau lambat usaha anda akan semakin dikenal dan direkomendasikan oleh berbagai pihak dan akhirnya anda akan menikmati semua hasil kerja keras anda.

Semoga artikel 5 Cara Memulai Bisnis Rental Sound System dan Mengembangkannya dapat bermanfaat dan menginspirasi anda untuk menemukan peluang bisnis yang cocok dengan “passion” anda. Selamat Mencoba!

LihatTutupKomentar