gtag('config', 'G-K1LNF7F02J'); 10 Perbedaan Orang Sukses Dan Orang Gagal Yang Patut Kita Teladani - IDEBISNISANDA

10 Perbedaan Orang Sukses Dan Orang Gagal Yang Patut Kita Teladani

Apa perbedaan orang sukses dan orang gagal? Apakah makanan orang sukses berbeda dengan orang gagal? ada rahasia yang tidak banyak diketahui orang

perbedaan orang sukses dan orang gagal

Idebisnisanda.com - Apa perbedaan orang sukses dan orang gagal? Apakah makanan orang sukses berbeda dengan orang gagal? Saya rasa tidak. Keseharian mereka juga tidak jauh dari kehidupan sehari-hari orang normal pada umumnya. Namun orang-orang sukses memiliki “rahasia” yang mungkin tidak banyak diketahui orang lain. Apakah rahasia itu? Cari tahu rahasianya pada artikel dibawah ini.

Perbedaan Orang Sukses dan Orang Gagal

Pernahkah anda membayangkan kesuksesan anda di masa depan? Tidak semua orang bisa sukses dalam kehidupan mereka. Terkadang kita melihat seseorang yang dibesarkan dengan fasilitas-fasilitas dan  berbagai kenyamanan yang ada malah gagal dalam hidup. Sebaliknya seseorang yang dibesarkan didalam keluarga sederhana justru bisa berkembang dan akhirnya menjadi orang sukses.

Kesuksesan lebih banyak kaitannya dengan mental dan kerja keras. Orang yang berasal dari manapun dan dari keluarga apapun memiliki kesempatan yang sama untuk bisa menjadi orang sukses apabila mereka mau bekerja keras dan berjuang merubah nasib.

Apa sih rahasia orang sukses? Tentunya telah banyak seminar dan buku-buku yang menceritakan kisah orang-orang sukses dan bagaimana mereka bisa sampai kesana. Namun hal yang mendasar adalah mental dan cara berpikir orang-orang sukses yang harus kita tiru. Untuk mengetahui apa saja perbedaan orang sukses dan orang gagal dalam hal berpikir dan bertindak, berikut ulasannya :

1.      Harta Sebagai Alat Dan Bukan Tujuan

Bagi orang gagal, orang sukses adalah mereka yang mempunyai banyak harta. Bagi orang sukses, harta hanyalah sebuah alat yang digunakan untuk mewujudkan tujuan mereka yang sebenarnya.

Perbedaan antara mereka yang telah sukses dengan mereka yang gagal sebenarnya sangat sederhana tergantung bagaimana keduanya memandang nilai uang.

Bagi orang gagal, "Sukses dalam arti mereka adalah mereka yang mempunyai banyak harta dan uang. Mempunyai simpanan yang aman diberbagai bank, sukses adalah mereka yang menempuh pendidikan diluar negeri dan sekolah elit, memiliki gadget terbaru, bisa keluar negeri sesering mungkin, atau punya mobil lebih dari satu dan rumah besar. Intinya orang sukses adalah orang yang memiliki kenikmatan-kenikmatan diatas.

Kenyataannya orang yang telah benar-benar sudah merasakan kesuksesan, memiliki pandangan berbeda. Menurut mereka "Sukses" bukanlah bagaimana cara mendapatkan sebanyak banyaknya kenikmatan. Sukses itu adalah bagaimana cara kita bisa memanfaatkan kenikmatan yang didapat menjadi sebuah tujuan yang lebih besar lagi. Ya, orang sukses juga tidak akan puas dengan hanya bersekolah ditempat baik, memiliki gadget yang canggih, atau bisa keluar negeri. Lebih dari itu mereka juga terus memikirkan bagaimana cara terbaik untuk bisa mengaplikasikan ilmu yang didapatnya dari sekolah terbaiknya kepada masyarakat, mereka mengambil pelajaran hidup terbaik dari perjalanan perjalanan mereka keluar negeri dan belajar dari apa yang mereka lihat. Prinsip mereka, kenikmatan itu hanyalah alat untuk agar hidup lebih bermakna. Kesuksesan akan mengajar mereka menjadi pribadi yang lebih rendah hati.

harta sebagai alat dan bukan tujuan
harta sebagai alat dan bukan tujuan

2.      Hidup Bukan Cuma Soal Kerja Dan Kerja

Orang yang sukses dalam arti kehidupan nyata tidak akan pernah lupa bawah hidup tidak hanya untuk kerja. Dalam hal-hal penting lainnya, mereka juga setia.

Bagi orang sukses mereka tidak akan mengorbankan kehidupan pribadi mereka. Alih-alih mereka terus bekerja dan berusaha, disamping itu mereka juga tetap akan ingat kepada keluarga, sahabat, dan Tuhannya. Buat mereka yang "Kurang Sukses" mereka tidak akan peduli pada hal diatas.

Ketika banyak orang yang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan uang tanpa memperhatikan kehidupan pribadi mereka, justru mereka sadar bahwa untuk mendapatkan kesuksesan yang sesungguhnya, mereka juga harus tetap menjaga kehidupan pribadi mereka sendiri, baik dari segi fisik, mental dan spritual.

bekerja hingga petang
gambar bekerja hingga petang

3. Orang Orang Sukses Memperlakukan Orang Lain Dengan Sangat Hormat Dan Tidak Suka Bergosip

Membicarakan keburukan orang tidak ada dalam andas orang sukses. Bergosip hanya akan membuang waktu dan tenaga dan dianggap tidak memberikan dampak positif.

Orang-orang yang telah sukses sangat pandai dan mengerti bagaimana cara memperlakukan orang lain dengan sangat terhomat dan menghargai setiap perbedaan dan karakter masing-masing setiap individu. Mereka tidak akan pernah sekalipun tertangkap basah untuk memulai percakapan dengan kalimat seperti :

"Tahu nggak tadi itu si X..."

Bagi orang sukses, orang lain itu ada bukanlah untuk kita bicarakan keburukannya. Akan tetapi justru orang lain ada untuk menawarkan pelajaran dan inspirasi kepada kita. Bukannya kita yang selalu terus mencari celah buruk orang sekitar, orang-orang yang benar benar sukses justru memperlakukan mereka dengan penuh penghargaan. Ini karena mereka tahu bagaiaman cara yang benar memperlakukan “orang lain”.

menghormati orang lain
gambar menghormati orang lain

4. Kerja Cerdas Bukan Kerja Keras

Selama ini kita selalu diajarkan untuk bisa bekerja lebih keras. Dengan mengorbankan waktu kita dengan teman, keluarga, sahabat atau orang yang kita cintai, hingga waktu tidur dimalam hari dikorbankan untuk bisa menghasilkan karya terbaik. Menunda kesenangan-kesenangan pribadi agar bisa lebih berkonsentrasi meraih ambisi.

Banyak orang yang jauh lebih rajin namun kurang sukses, mereka terus berputar dalam “lingkaran setan” dan tidak ingin menambah ilmu dan skill. Tanpa sadar waktu berlalu begitu cepat dan anak-anak muda yang jauh lebih kreatif dan cerdas mulai menggeser apa yang dulunya membuat mereka berjaya.

Kita harus ingat selain bekerja keras kita juga harus bekerja secara cerdas. Bekerja cerdas yang dimaksud adalah pandai mengatur waktu sehingga efisien dalam mencapai target dan tujuan. Bekerja cerdas akan memberikan kita lebih banyak uang dan waktu untuk berkumpul dengan keluarga dan kerabat bukan malah sebaliknya. Bekerja keras tanpa memikirkan kesehatan juga kurang baik. Tubuh juga perlu beristirahat.

Dengan kita beristirahat tubuh dan pikiran kita akan menjadi lebih segar dan siap untuk menghadapi segala tantangan. Apalagi kita terlalu memaksa untuk bekerja secara terus menerus, anda pasti tidak akan bisa berpikir jenih. Lagipula, apakah anda ingin menghabiskan waktu muda  hingga tua hanya untuk bekerja? Investasikan dengan baik pendapatan anda mulai sekarang agar tua nanti kita bisa menikmatinya dengan santai.

kerja cerdas bukan kerja keras
gambar kerja cerdas bukan kerja keras

5. Kesuksesan Buah Dari Kerja Keras Dan Ketekunan

Kesuksesan tidak bisa didapatkan dalam sekejap mata. Kesuksesan menghampiri orang-orang yang mau bekerja keras dan cerdas serta tidak mudah menyerah. Untuk meraih kesuksesan tidak mudah, banyak rintangan dan tantangan yang harus anda lewati. Maka tidak jarang banyak orang yang berusaha menghalalkan segala cara demi mendapatkan apa yang mereka inginkan dengan berbagai cara kotor. Berbuat curang, korupsi, mengambil hak yang bukan miliknya, menipu, ini adalah beberapa contoh yang sering kita temui didalam masyarakat. Alih-alih tergiur dengan keuntungan yang instan dan mudah tanpa harus bersusah payah. Orang sukses akan terus menjaga kepercayaan karena “TRUST” memiliki arti dibanding kesuksesan itu sendiri. Tanpa kepercayaan apa yang kita peroleh bisa hilang dalam sekejap.

sukses berkat kerja keras dan ketekunan
sukses berkat kerja keras dan ketekunan

6. Tidak Pelit Berbagi Ilmu

Ilmu itu di ibaratkan sebagai kue manis yang harus dibagi-bagi. Bagi orang-orang yang benar benar sukses, percuma anda mempunyai makanan enak tapi kalau dihabiskan sendiri. Lihat saja orang-orang terkenal di dunia usaha. Salah satunya almarhum Bob Sadino. Beliau tidak pernah pelit membagi ilmu dan pengalamannya.

Dalam hidup dunia ini tidak dipungkuri kita sering dihadapkan dengan orang-orang yang tidak mau membagikan ilmunya. Baik itu teman kampus maupun teman sekantor kita atau kolega bisnis kita.

"Mungkin karena beberapa alasan tertentu (tidak mau disaingi), atau tidak ingin jabatannya diambil oleh mereka mungkin yang lebih berkompeten dari anda. Tipe orang seperti ini cenderung stagnan karena tidak memiliki “jiwa kompetisi”.

Kebalikan dari orang yang sukses justru mereka sadar bahwa membagi ilmunya kepada orang lain justru akan sangat bermanfaat bagi tujuan-tujuan mereka. Mereka sadar bahwa nanti akan ada bakal calon generasi muda-mudi yang akan menjadi penerusnya.

orang sukses tidak pelit berbagi ilmu
orang sukses tidak pelit berbagi ilmu

7. Selalu Percaya Pada Rencana Tuhan

Orang yang sukses meskipun dia telah diterpa oleh berbagai macam cobaan, mereka akan selalu tetap tegar dan berusaha kembali untuk bangkit lagi. Tidak ada sedikitpun kata menyerah dan putus asa didalam andas hidup mereka. Coba bisa kalian lihat sendiri, adakah orang sukses yang didalam perjalanan hidupnya tidak pernah mengalami kegagalan sama sekali? Saya yakin anda sendiri akan terkejut apabila anda menemukan fakta bawah ada orang yang paling sukses justru lebih banyak mengalami hal buruk dibandingkan dengan mereka yang "kurang sukses".

Disini kita dapat melihat yang membedakan keduanya yakni orang yang sukses memiliki kepercayaan yang tidak akan pernah pudar pada rencana Tuhan yang diberikan kepadanya. Ketika terpuruk karena kegagalan dan bahkan hampir mencapai kebangkrutan, mereka tidak akan sedikitpun mengkhianati nilai nilai kegigihan yang selama ini mereka percaya. Bagi mereka ini merupakan cara Tuhan menyuruh mereka untuk mempersiapkan diri sebelum mendapatkan rezeki yang lebih besar lagi. Karena Tuhan merupakan salah satu Mukjizat Nyata yang tidak pernah mengkhianati perkataanNya sendiri.

Percaya Pada rencana Tuhan
Percaya Pada rencana Tuhan

8.  Tidak Pernah Merasa Lebih Pintar Dari Orang Lain

Mereka tidak merasa paling pintar diantara yang lain meski gemar berbagi ilmunya. Justru merekalah yang paling mudah mengaku tidak tahu. Mereka selalu haus akan pengetahuan yang baru dan berkembang seiring zaman yang juga berubah. Orang sukses tidak mau menebak-nebak dalam membuat keputusan.

Bagi orang sukses mereka sangat berhati-hati dalam mengambil keputusan. daripada menebak-nebak dengan jawaban yang klise dan terkesan dibuat-buat, mereka lebih memilih untuk mengatakan bahwa mereka tidak tahu. Mereka lebih berhati hati dan memilih untuk meminta saran terlebih dahulu atau nasehat kepada orang yang lebih ahli untuk menghindari kesalahpahaman dan keputusan yang salah.

tidak pernah merasa lebih pintar
tidak pernah merasa lebih pintar

9.  Selalu Berbagai Kebahagiaan Dan Rezeki

Orang sukses tidak menggengam hartanya namun membuka tangannya untuk berbagi. Mereka sadar bahwa kebahagiaan itu nyata apabila kita bisa berbagi dengan orang lain. Saling berbagi itu indah dan tidak akan pernah merugikan anda. Orang sukses percaya bahwa rezeki adalah titipan yang mesti dikembalikan kepada orang yang membutuhkan.

Apalah arti hidup anda jika kita tidak dapat menikmati nikmat dari apa yang didapatkan kita jika kita hidup seorang diri. Kita sadar bahwa kita tidak dapat  hidup tanpa bantuan orang lain, dan yang lebih penting kita dapat berbagi secuil kebahagiaan kita kepada mereka yang lebih membutuhkan. Bukankah sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain?

orang sukses selalu berbagi
orang sukses selalu berbagi

10.  Belajar Dari kesalahan Orang Lain

Belajar adalah kamus wajib bagi orang sukses. Mereka sadar bahwa tanpa belajar sesuatu yang baru mereka akan semakin tertinggal. Kita bahkan bisa belajar dari kesalahan orang lain atau perusahaan agar tidak mengalami hal yang sama. Sebagai contoh : kita bisa mempelajari bagaimana raksasa handphone NOKIA bisa tiba-tiba tersingkir dengan begitu dramatis. Apa penyebabnya? Bagaimana mengatasinya? Ada banyak kisah yang bisa anda jadikan pelajaran tanpa kita harus mengalaminya sendiri.

orang sukses selalu belajar kesalahan orang lain
orang sukses selalu belajar kesalahan orang lain

Semoga artikel tentang perbedaaan orang sukses dan orang gagal dapat bermanfaat dan merubah sudut pandang anda.  Akhir  kata, apakah anda sendiri sudah mempraktikan salah satu dari sifat-sifat orang sukses diatas? Jika belum, mulai sekarang kita bisa belajar dan mempraktikan  kunci rahasia dari orang-orang sukses. Good luck!

LihatTutupKomentar