gtag('config', 'G-K1LNF7F02J'); 8 Tips Bertahan Di Lingkungan Kerja Yang Tidak Nyaman - IDEBISNISANDA

8 Tips Bertahan Di Lingkungan Kerja Yang Tidak Nyaman

bagaimana cara agar dapat tetap bekerja dengan maksimal dalam lingkungan kerja yang tidak nyaman? Tidak semua pekerjaan terkadang sesuai keinginan

lingkungan kerja yang tidak nyaman

Idebisnisanda.com - Dalam lingkungan kerja, seringkali ada banyak hal yang membuat kita merasa kurang nyaman, mulai dari masalah dengan teman kerja, atasan bahkan dengan pekerjaan itu sendiri. Memang sangat sulit memilih pekerjaan yang sesuai dengan passion kita, sementara kita harus tetap bekerja disana demi mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari.  Untuk itu, sebelum mendapatkan pekerjaan yang nyaman bagi Anda, sebaiknya Anda bertahan dalam pekerjaan itu meskipun keadaan yang tidak begitu kondusif yang bisa saja akan menjadi masalah bagi Anda. Pertanyaannya, bagaimana cara agar dapat tetap bekerja dengan maksimal dalam lingkungan kerja yang tidak nyaman? Berikut ada beberapa tips yang bisa Anda coba untuk bisa bertahan di lingkungan kerja Anda.

Lingkungan Kerja Yang Tidak Nyaman

Tidak semua pekerjaan terkadang sesuai dengan keinginan bahkan skill yang kita miliki. Kita tentunya berharap memperoleh pekerjaan yang cocok dengan passion kita, gaji yang tinggi, teman kerja yang baik dan ramah, lingkungan kerja yang menyenangkan, tunjangan yang memuaskan, dll.  Namun berapa banyak orang seberuntung itu? Bertahan ditempat kerja dengan situasi yang kurang nyaman tentunya tidak mudah, namun berikut beberapa tips yang bisa anda terapkan saat terjebak dalam suasana tersebut :

1.      Jangan Mudah Menyerah

Pertama, tekankan pada diri Anda sendiri bahwa Anda harus semangat kerja dan tidak mudah untuk menyerah dengan keadaan seperti itu. Berjuanglah sekuat tenaga, selalu ingat tujuan Anda bekerja. Walaupun suasana lingkungan kerja tidak berpihak pada Anda, jangan mudah menyerah lalu memutuskan untuk berhenti bekerja.

Pertahankan sejenak pekerjaan Anda saat ini sampai Anda mendapatkan pekerjaan baru yang bisa menggantikan pekerjaan Anda sekarang. Jika Anda memaksakan diri untuk keluar dari pekerjaan itu, bisa dipastikan keadaan finansial Anda akan terpuruk jika tidak memiliki alternatif sumber pendapatan yang lain.

resign dari perusahaan
gambar resign dari perusahaan

2.      Selalu Berpikir Positif

Cara yang lain agar tetap bisa bertahan dalam lingkungan kerja yang tidak nyaman adalah dengan berpikir positif dalam setiap langkah pekerjaan Anda. Buang jauh-jauh pikiran negatif Anda, pastikan selalu berpikir positif untuk menjaga energi Anda agar tetap fokus dalam menjalankan tugas Anda. Berpikir positif dapat merubah cara anda mengambil keputusan lebih bijaksana.

ilustrasi berpikir positif
ilustrasi berpikir positif

3.      Menjaga Semangat Anda

Mungkin kondisi seperti ini bisa saja membuat Anda patah semangat. Untuk itu, segeralah lakukan sesuatu untuk memotivasi diri Anda sendiri, misalnya dengan rehat sejenak dengan minum kopi di luar kantor atau bisa dengan mencari hiburan bersama teman-teman. Ada banyak pilihan yang bisa Anda lakukan untuk memacu semangat Anda agar tidak lekas kendur. Anda pasti tahu apa yang terbaik bagi anda sendiri guna meningkatkan motivasi semangat dalam bekerja.

menjaga semangat kerja
ilustrasi menjaga semangat kerja

4.      Jangan Berhenti Belajar

Berusahalah mengexplore diri Anda sendiri, pekerjaan atau apapun yang bisa meningkatkan kemampuan Anda dalam melakukan tugas pekerjaan. Masalah merupakan hal yang biasa terjadi di lingkungan Anda bekerja, jadikan hal tersebut sebagai media pembelajaran Anda. Anggap masalah itu sebagai ujian pada diri Anda dan jika lulus dalam ujian itu Anda akan menapaki tangga yang lebih tinggi dalam dunia profesional kerja.

selalu belajar meningkatkan diri
selalu belajar meningkatkan kemampuan diri

5.      Tenangkan Pikiran Anda

Pastikan Anda selalu menenangkan pikiran untuk mengatasi lingkungan kerja yang tidak nyaman lagi. Kendalikan emosi Anda dan jangan mudah terpancing dengan lingkungan kerja yang negatif. Berusalah berpikiran tenang, hal ini akan membawa Anda dalam kedamaian sehingga Anda pun akan selalu berpikir jernih yang kemudian akan menghasilkan sebuah keputusan yang bijak.

wanita sedang bermeditasi
gambar wanita sedang bermeditasi

6.       Jangan Lupa Untuk Bersenang-senang

Jangan lupakan kesenangan Anda sendiri meskipun Anda tengah sibuk dengan berbagai tuntutan pekerjaan. Dengan begitu, Anda akan bisa sedikit melupakan masalah yang ada di kantor atau lingkungan kerja Anda. Bersenang senang banyak caranya, bisa dengan rekreasi bersama keluarga, pacar, atau sahabat Anda.

berkumpul bersama teman
gambar  berkumpul bersama teman

7.      Mencari Pekerjaan Yang Lebih Cocok

Jika semua tips diatas anda telah kerjakan dan mendapati bahwa anda sudah tidak mampu bertahan ditempat kerja yang tidak nyaman maka pilihan lain yang bisa anda coba adalah mencari perusahaan lain yang lebih nyaman menurut anda. Lingkungan kerja yang tidak nyaman akan membuat anda menjadi stress berkepanjangan dan tentunya itu tidak baik bagi kesehatan anda. Lakukan survey terlebih dahulu sebelum melamar kerja agar nantinya kejadian serupa tidak terulang kembali.

melamar pekerjaan baru
ilustrasi melamar pekerjaan baru

8.      Pertimbangkan Untuk Memulai Bisnis Anda Sendiri

Jika anda telah bekerja setelah puluhan tahun dan memiliki cukup modal tidak ada salahnya jika mempertimbangkan untuk memulai bisnis sendiri. Skill dan pengalaman anda bisa menjadi modal utama untuk memulai bisnis atau bisa juga mengajak partner/keluarga untuk merintis usaha bersama. Memulai bisnis sendiri tentunya memiliki tantangan tersendiri tapi tentunya anda bisa menciptakan lingkungan kerja yang nyaman sesuai dengan keinginan anda.

berbisnis mandiri
gambar berbisnis mandiri

Semoga 8 Tips Bertahan Di Lingkungan Kerja Yang Tidak Nyaman bisa bermanfaat dan membantu anda menemukan solusi saat sedang mengalami masalah di tempat kerja anda. Satu hal yang mesti anda pertimbangkan bahwa dimasa kini tidak mudah mendapatkan pekerjaan yang cocok jadi jangan mudah melepaskan pekerjaan yang anda miliki sebelum memperoleh pekerjaan yang lebih baik.

 

 

LihatTutupKomentar