gtag('config', 'G-K1LNF7F02J'); 9 Cara Pengembangan Diri Menjadi Lebih Positif Dan Sukses - IDEBISNISANDA

9 Cara Pengembangan Diri Menjadi Lebih Positif Dan Sukses

Bagaimana cara pengembangan diri menjadi lebih positif dan sukses? Sebagai manusia tentu saja kita wajib mengembangkan diri ke arah yang lebih baik

 

cara pengembangan diri

Idebisnisanda.com – Bagaimana cara pengembangan diri menjadi lebih positif dan sukses? Sebagai manusia tentu saja kita wajib mengembangkan diri ke arah yang lebih baik dan positif. Tetapi tentu saja semua itu tidak semudah membalikkan  telapak tangan. Kadangkala, karena pergaulan yang terlampau bebas, kepribadian kita berubah ke arah yang negatif dan akibatnya kehancuran terpampang dengan jelas di depan mata tanpa kita sadari.

Bagaimana caranya agar perkembangan diri kita bisa maksimal melalui diri kita sendiri? Pernahkah Anda membandingkan kehidupan diri Anda dan orang lain ketika seseorang itu jauh lebih sukses di atas Anda atau tidak sukses dan berada di bawah Anda?

Berikut beberapa cara pengembangan diri yang bisa anda lakukan :

1.      Dukungan dari orang-orang terdekat

Mengembangkan diri memang bukanlah ilmu pasti seperti matematika atau fisika. Pengembangan diri merupakan ilmu psikologi dan sosial yang perlu kita pelajari. Dalam menerapkan ilmu tersebut memerlukan banyak dukungan, motivasi dan keyakinan baik dari diri kita sendiri dan juga orang-orang terdekat.

ilustrasi dukungan keluarga
ilustrasi dukungan keluarga

Baca Juga : kisah pengemis menjadi kaya raya

2.      Mengetahui potensi diri sendiri

Salah satu ahli strategi perang China bernama “Shun Tzu” menyebutkan penting mengetahui kekuatan diri kita sendiri sebelum berperang dan kekuatan lawan. Anda adalah orang yang paling tahu kelebihan dan kekurangan anda, apakah anda jago berbahasa Inggris, komputer, jago marketing, melukis atau apapun kelebihan yang ada dalam diri anda. Gunakan itu sebagai “senjata pamungkas” dalam meraih kesuksesan.

potensi diri
potensi diri

3.      Kesuksesan Tidak Selamanya Karena Nilai Akademik

Kesuksesan atau kegagalan tidak semata-mata karena nilai akademik yang selalu di atas rata-rata atau juga faktor relasi dan keberuntungan. Kesuksesan adalah bagaimana kita bersikap dan membawakan diri kita di depan orang  banyak dan di lingkungan kita sendiri, apakah cukup baik ataukah kita seperti membangun tembok besar yang tinggi? Ada banyak kisah sukses yang memiliki prestasi akademik biasa-biasa saja tapi bisa sukses. Namun tentunya kita perlu belajar dari berbagai sumber untuk memperoleh pengetahuan dan informasi yang berjalan begitu cepat. Lebih ironis lagi jika setelah lulus sekolah anda tidak tahu harus berbuat apa dan tujuan anda belajar.

Lulus Sekolah
Lulus Sekolah

Baca Juga  : sukses tanpa gelar akademik

4.      Pribadi Yang Supel

Tidak bisa dipungkiri bahwa seseorang yang memiliki kepribadian yang supel pasti jauh lebih mudah dalam mendapatkan teman, relasi dan kerabat meskipun baru saja datang di tempat yang baru. Pribadi seperti ini biasanya jauh lebih disenangi dabandingkan jika wajah anda selalu cemberut dan wajah anda terasa berat walau hanya untuk tersenyum.

pribadi supel
pribadi supel

5.      Memperluas Pergaulan

Salah satu cara untuk mengembangkan diri dengan baik adalah dengan memperluas pergaulan. Bergaullah dengan siapa saja dari semua kalangan, agama, tingkat sosial, suku, ras tanpa membedakan apapun akan membuat pikiran Anda segar, lebih terbuka dan Anda pasti akan mengenal banyak orang dengan karakter yang berbeda-beda. Otomatis ini akan memberi pelajaran bagi diri Anda sendiri dan Anda bisa berkembang perlahan-lahan sesuai dengan keinginan Anda. Anda bisa belajar banyak dan menimba pengalaman dari orang lain.

perluas pergaulan
perluas pergaulan

6.      Belajar Dari Orang Sukses

Jika Anda ingin menjadi sukses dan baik maka belajarlah dari mereka yang sukses, tetapi jika Anda ingin hancur maka belajarlah dari mereka yang hancur. Pandai membawa diri maka Anda akan dihargai. Penghargaan terhadap orang lain sekecil apapun sangatlah penting dan Anda juga akan senang ketika ada orang lain yang menghargai Anda dengan baik. Pengalaman dan lingkungan  adalah guru terbaik dan itu hanya bisa diperoleh dari pengalaman orang-orang sukses.

Belajar dari orang sukses
Belajar dari orang sukses

Baca Juga : tips sukses ala warren buffet

7.      Tanamkan Motivasi Tentang Masa Depan

Selain itu tanamkan dalam diri Anda motivasi untuk hidup Anda ke depannya. Apa yang ingin Anda raih dan apa yang ingin Anda dapatkan. Tentu semuanya membutuhkan bantuan dari banyak pihak sehingga Anda bisa mendapatkan ilmu, pengalaman, pengetahuan yang luas demi pengembangan diri ke arah yang lebih baik. Evaluasi setiap pencapaian yang anda raih apakah masih bisa ditingkatkan begitupun dengan kesalahan yang anda buat agar bisa diperbaiki dimasa depan.

Motivasi diri
Motivasi diri

8.      Menerima Kritik dan Saran

Terbuka terhadap kritik dan saran yang membangun juga akan membuat Anda menjadi lebih baik dalam mengkoreksi kekurangan, kesalahan yang ada pada diri Anda dan kemudian nanti Anda akan memiliki kehidupan yang jauh lebih baik dan sempurna dari sebelumnya. Dibalik semua itu, ilmu pengembangan diri adalah sebuah proses yang juga membutuhkan waktu seiring dengan pengalaman yang Anda dapatkan. Jalan ini memang cukup sulit dilakukan mengingat tidak banyak orang berbesar hati menerima kritikan tetapi jka anda berpikir positif maka hal itu bisa menjadi cambuk untuk membuktikan siapa diri anda.

kritik dan saran
kritik dan saran

9.      Berani Mencoba Hal-hal Baru

Perkembangan tekonologi dan dunia yang semakin berkembang membuat banyak hal-hal baru yang bisa kita temukan. Ada banyak peluang bisnis yang bisa anda temukan baik bisnis online maupun offline. Perasaan takut mencoba hal baru sering dialami karena kurangnya pengetahuan. Mencoba sesuatu yang baru bisa menjadi jalan untuk anda menemukan peluang-peluang baru. Siapa tahu peluang baru itu bisa merubah hidup anda menjadi lebih baik.

mencoba hal baru
mencoba hal baru

Semoga artikel 9 Cara Pengembangan Diri Menjadi Lebih Positif Dan Sukses dapat bermanfaat dan menginspirasi anda agar semakin berkembang kearah yang lebih baik.

 

LihatTutupKomentar