gtag('config', 'G-K1LNF7F02J'); Biografi Karl Freiherr Von Drais, Penemu Sepeda - IDEBISNISANDA

Biografi Karl Freiherr Von Drais, Penemu Sepeda

Karl Freiherr von Drais merupakan penemu cikal bakal sepeda seperti yang kita gunakan saat ini yang masih menggunakan kaki sebagai pengayuh


Karl Freiherr von Drais

Biografi Karl Freiherr von Drais - Letusan dahsyat gunung Tambora pada tahun 1815 yang berdampak sampai Eropa berpengaruh dalam terciptanya cikal bakal sepeda yang pertama kali dibuat oleh Baron Karl Freiherr Von Drais. Letusan gunung Tambora berdampak sangat buruk bagi kawasan Eropa, tanaman dan panen yang gagal membuat Eropa sempat dilanda kelaparan massal. Ternak pun di manfaatkan sebagai bahan makanan satu-satunya. Bahkan kuda yang menjadi hewan tunggal untuk digunakan sebagai moda transportasi turut dikorbankan menjadi bahan pangan untuk penduduk Eropa.

Karl pun menciptakan moda transportasi pertama yang efisien pada jaman itu. Kuda yang populasinya berkurang drastis akibat di konsumsi sebagai pangan, membuat beliau berpikir untuk menciptakan alat transportasi sederhana yang digerakkan oleh manusia tanpa bantuan. Terciptalah sepeda pertama yang tanpa di lengkapi oleh pedal sebagai pengayuh. Sepeda pertama ciptaan Karl masih menggunakan kaki penggunanya untuk bergerak, namun beliau tetap menggunakan ciptaannya yang disebut velocipede untuk bepergian antar kota. Perjalanan tanpa bantuan tenaga kuda dari kota Mannheim menuju Schwetzinger itu menarik banyak perhatian khalayak dan dianggap sangat menarik. Dari sana beliau melakukan perjalanan lainnya menggunakan velocipede dari kota Gernsbach ke Baden.

model sepeda pertama
model sepeda pertama

Setahun kemudian, yaitu pada tahun 1818 Karl mendapat paten atas penemuannya. Selain sepeda, beliau juga menemukan mesin ketik awal yang menjadi cikal bakal keyboard pada tahun 1821. Semua pengetahuan yang dimilikinya dalam menemukan penemuan-penemuan fenomenal adalah berkat beliau mendalami ilmu fisika, pertanian dan arsitektur di University of Heidelberg dalam kurun waktu 1803-1805.

Walaupun sepeda pertama temuannya tidak bertahan dan terkenal cukup lama karena masih belum sempurna, temuan Karl lah yang menjadi inspirasi dari rangka awal sepeda. Beberapa tahun kemudian sepeda dengan bentuk sempurna yang di lengkapi dengan pedal pengayun beredar di pasaran hingga sampai pada bentuk yang kita lihat sekarang.

Biografi Baron Karl Von Drais berakhir pada tanggal 10 Desember 1851, beliau meninggal di kota kelahirannya, Karlshure.

LihatTutupKomentar