gtag('config', 'G-K1LNF7F02J'); 6 Alasan Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memulai Usaha Gorengan - IDEBISNISANDA

6 Alasan Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memulai Usaha Gorengan

Ingin memulai usaha gorengan? Anda tentu tidak asing dengan yang namanya gorengan, Bahkan bisa jadi ini salah satu menu favorit anda

 

memulai usaha gorengan

Idebisnisanda.com – Ingin memulai usaha gorengan? Anda tentu tidak asing dengan yang namanya gorengan, Bahkan bisa jadi ini salah satu menu favorit anda. Meskipun usaha ini kadang dipandang sebelah mata tapi ternyata untungnya cukup menggiurkan. Kita dengan mudah menemukan berbagai jenis gorengan seperti pisang molen, bakwan, kroket, lumpia, dan berbagai cemilan lain untuk menemani waktu anda bersantai bersama teman dan keluarga. Ada banyak pebisnis yang sukses dengan usaha gorengan, anda tertarik menjadi salah satu dari “mereka” ? Apa saja kelebihan bisnis ini dibandingkan bisnis lainnya. Temukan alasan mengapa bisnis gorengan patut anda lirik sebagai penghasil pundi-pundi rejeki buat anda dan keluarga.

Hampir di seluruh dunia kita pasti bisa menemukan usaha gorengan baik itu ditepi-tepi jalan, gerobak, maupun rumah-rumah yang dirombak untuk usaha. Kita bisa menyebut beberapa gorengan yang terkenal di Indonesia seperti bakwan, tahu Sumedang, pisang goreng, ubi goreng, lumpia dan berbagai jenis gorengan lainnya yang tidak kalah menggugah selera bahkan di negara-negara maju seperti Jepang, Amerika dan Perancis kita masih bisa menemukan gorengan dengan ciri khas tersendiri. Tentu ada alasan kuat mengapa bisnis ini banyak diminati masyarakat sebagai peluang bisnis. Berikut beberapa alasan mengapa memulai usaha gorengan patut anda pertimbangkan :

1.      Butuh modal yang tidak banyak

Jika anda berpikir bahwa untuk memulai usaha gorengan harus memiliki modal yang besar sepertinya itu perlu diralat. Bisnis ini bahkan bisa dijalankan hanya dengan modal 1-2 juta dengan catatan anda membukanya di depan rumah anda. Anda hanya memerlukan seperangkat perlengkapan memasak seperti kompor, tabung gas, perlengkapan pendukung seperti kantungan plastik untuk mengemas sambal dan gorengan untuk konsumen, dan jika anda ingin menjual ditempat lain makan anda memerlukan tenda atau gerobak sederhana. Khusus kompor dan tabung gas bisa anda gunakan yang ada dirumah sebagai awal usaha untuk tidak membebani modal awal.

Baca Juga : 7 aneka gorengan unik dari amerika

2.           Tidak harus dijajakan di lapak yang “wah”,

Menjual gorengan tidak seperti menjual kopi Americano atau expresso yang membutuhkan tempat yang nyaman seperti sebuah cafe. Anda bisa langsung membuka hanya dengan bermodalkan gerobak atau tenda yang bahkan bisa dibongkar pasang. Kemudian mangkal di sebuah titik atau lokasi yang menurut anda potensial untuk menggaet konsumen. Seandainya anda kesulitan menyediakan gerobak maka bisa memakai kendaraan sendiri, misal motor dan berjualan keliling. Masih sulit juga? Anda bisa menjajakannya di halaman rumah, manfaatkan meja kecil dan sediakan gorengan untuk tetangga dan orang yang lewat di jalan.

3.           Jenis kuliner yang tidak mengenal kasta

Beberapa jenis kuliner dibuat lebih atraktif sehingga kelasnya naik, misalnya saja untuk es teh manis. Biasanya dijual di warung-warung dengan harga tak kurang dari Rp 2 ribu perak namun kalau sudah diberi wadah cantik dan dijual di kafe meski kecil harganya bisa mencapai Rp 10-15 ribu begitupun dengan kopi yang biasanya kita buat dengan harga sachetan yang Cuma 2000-5000/ bungkus ketika masuk sebuah café atau hotel bisa melonjak hingga puluhan ribu rupiah. Kastanya tentu berbeda sehingga pembelinya terbatas untuk kalangan tertentu, namun menariknya ini tidak berlaku untuk gorengan. Mau dikemas cantik ataupun diberi alas koran peminatnya hampir dari semua kalangan dan dilabeli dengan harga yang sama.

Baca Juga : 5 peluang usaha makanan dan minuman modal kecil

4.      Kuliner yang tidak  mengenal cuaca

Biasanya calon pebisnis menimbang jenis bisnis yang tetap laku meski kondisi perekonomian tengah buruk, cuaca tengah buruk, dan sebagainya. Sebab tidak semua jenis bisnis kuliner aman dijajakan saat perekonomian surut dan cuaca berubah panas ataupun dingin karena hujan turun tiada henti. Salah satu contoh bisnis minuman dingin/es akan menuruni omzet saat musim penghujan tiba. Namun untuk gorengan Anda dijamin aman menjualnya kapan saja dan dimana saja sebab dijamin laku selama anda membuatnya super enak. Selain cocok untuk semua kalangan gorengan juga biasa disantap di segala cuaca dan kondisi, sehingga bisnis ini tidak terpengaruh oleh beberapa kondisi.

5.      Gorengan Lebih Praktis

Dibandingkan menu kuliner lain, gorengan termasuk lebih mudah dibuat. Proses pembuatannya tidak membutuhkan proses yang terlalu panjang bahkan anda tidak perlu kemampuan khusus seperti seorang chef untuk berbisnis gorengan. Bahan baku yang diperlukan seperti pisang dan ubi cukup sederhana dan mudah ditemukan hampir disetiap pasar begitupun dengan bumbu-bumbu yang diperlukan. Satu hal yang membedakan antara gorengan satu dengan lainnya adalah “racikan rahasia” dan sambal yang membuatnya memiliki cita rasa yang membuat lidah konsumen terpancing untuk selalu mencicipinya kembali.

Baca Juga : ide usaha kuliner jajanan anak sekolah

6.      Keuntungan Yang Maksimal

Walaupun bisnis ini memiliki kelemahan yaitu tidak bisa disimpan terlalu lama dan memiliki saingan yang cukup banyak tetapi bisnis ini juga menawarkan keuntungan yang cukup lumayan. Keuntungan yang diperoleh bisa mencapai 100% dari harga modal. Apalagi bisnis ini diwaktu-waktu tertentu bisa mendapatkan lonjakan omzet yang signifikan seperti bulan puasa, keperluan suatu acara, dan acara-acara lainnya.

Semoga artikel tentang 6 Alasan Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memulai Usaha Gorengan dapat bermanfaat dan menginspirasi anda untuk mencoba memulai bisnis yang memiliki prospek menggiurkan.

 

LihatTutupKomentar