gtag('config', 'G-K1LNF7F02J'); Peluang Bisnis Budidaya Ikan Cupang Yang Menggiurkan - IDEBISNISANDA

Peluang Bisnis Budidaya Ikan Cupang Yang Menggiurkan

Tertarik Budidaya Ikan Cupang? Ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan hias yang pamornya semakin menanjak dan banyak dicari penggemar ikan hias

 budidaya ikan cupang

Idebisnisanda.com - Tertarik Budidaya Ikan Cupang? Ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan hias yang pamornya semakin menanjak. Ikan cupang yang dulunya hanya dikenal sebagai ikan aduan kini berubah menjadi ikan hias yang sangat cantik karena keelokan siripnya yang beraneka ragam. Peluang bisnis ikan cupang cukup banyak diminati karena selain mudah dibudidayakan, ikan ini juga sangat hemat pakan karena ukuran badannya yang kecil. Jika anda ingin mencoba budidaya ikan cupang, silahkan anda membaca artikel dibawah untuk mendapatkan informasi tentang peluang bisnis ikan cupang.

Budidaya Ikan Cupang Yang Menggiurkan

Ikan cupang merupakan ikan air tawar yang habitatnya bisa ditemukan di beberapa negara Asia Tenggara, seperti di Indonesia, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, dan Vietnam. Ikan ini memiliki bentuk dan karakter yang sangat agresif dalam mempertahankan wilayahnya. Ikan cupang biasanya di jadikan sebagai ikan taruhan. Bisnis budidaya ikan cupang ini bisa dimulai hanya dengan beberapa pasang ikan cupang. Jika anda tekun maka hanya dalam beberapa bulan ikan anda akan semakin banyak dan anda bisa mulai merasakan nikmatnya keuntungan bisnis ikan cupang. Namun bagaimana memulai budidaya ikan cupang? Jika anda ingin mencoba untuk membudidayakan ikan cupang, berikut langkah-langkah yang bisa anda terapkan :

Persiapkan Wadah Dengan Tumbuhan

Untuk awal budidaya ikan cupang maka anda wajib mempersiapkan wadah terlebih dahulu. Wadah yang anda siapkan bisa berupa baskom, akuarium, dan wadah lain, karena wadah tersebut akan anda gunakan untuk membudidayakan ikan cupang. Jika anda bingung mencari seberapa besar wadahnya, maka anda bisa menggunakan wadah 30cm x 30cm. Dan untuk air untuk di wadah setinggi 10-15 cm saja, agar ketika ikan cupang betina sudah bertelur si jantan tidak kelelahan memungut telur yang ada di dalam wadah tersebut.

Jika anda sudah mempersiapakan media budidaya, maka wadah tersebut harus anda berikan tumbuhan yang biasa di sukai oleh ikan cupang, seperti apu-apu atau eceng gondok. Namun sebaiknya di berikan tumbuhan apu-apu saja, karena tumbuhan sering di temui di habitat ikan cupang. Namun jika anda sulit untuk menjadi tumbuhan apu-apu, maka anda bisa menggunakan eceng gondok saja.

Memilih Indukan Ikan Cupang

Jika anda sudah mempersiapakan wadah, selanjutnya anda bisa mempersiapkan indukan ikan cupang yang berkualitas terlebih dahulu. Indukan yang baik sebaiknya diambil dari  keturunan unggul, kondisinya harus sehat, sudah berumur lebih dari 4-6 bulan, tidak penyakitan, dan tidak memiliki cacat pada badan.

Namun bagaimana untuk membedakan ikan cupang yang jantan dengan betina? Nah jika anda masih bingung dengan membedakan jantan dan betina berikut ini ada beberapa ciri-ciri betina dan jantan sebagai berikut

Ciri cupang Jantan

Geraknya lincah

Sirip dan ekor lebar mengembang

Warna cerah

Postur tubuh lebih besar

ikan cupang jantan
Gambar ikan cupang jantan

Ciri cupang betina

Geraknya lebih lamban

Sirip ekor lebih pendek

Warnanya kusam

Tubuh lebih kecil

ikan cupang betina
Gambar ikan cupang betina

Jika anda sudah mengerti dengan ciri-ciri, maka selanjutnya anda bisa melakukan pemijahan. Namun dalam pemijahan anda harus paham terlebih dahulu dengan indukan dan pejantan yang sudah matang atau sudah siap untuk di kawainkan. Jika anda bingung anda bisa mencoba memilih ciri-ciri cupang siap kawin seperti yang akan dijelaskan di bawah ini :

Untuk Cupang Jantan

Berumur setidaknya 4-8 bulan

Bentuk badan panjang

Siripnya panjang dan warnanya terang atraktif

Geraknya agresif dan lincah

Untuk Cupang Betina

Berumur setidaknya 3-4 bulan

Bentuk badan membulat bagian perut sedikit buncit

Siripnya pendek dan warnanya kusam tidak menarik

Geraknya lambat

Pemijahan Ikan Cupang

Setelah ikan cupang sudah kawin, dan sudah siap untuk pemijahan maka anda sudah bisa mempersiapkan beberapa wadah dari baskom plastik atau akuarium kecil dengan ukuran 20×20 cm. Jangan lupa untuk mempersiapkan juga gelas plastik atau gelas biasanya untuk tempat ikan cupang betina. Jangan lupa untuk menyediakan tumbuhan air seperti kiambang dan apu-apu.

Dalam satu kali perkawinan maka ikan cupang bisa menghasilkan telur hingga 500 butir. Telur-telur tersebut akan menetas dalam waktu 1×24 jam setelah pembuahan. Namun tingkat kematian benih ikan cupang ini juga sangat tinggi. Karena dalam satu perkawinan biasanya hanya dapat ikan cupang yang hidup 30-50 ekor ikan cupang saja.

Untuk pejantan ikan cupang bisa anda kawinkan hingga 8 kali dengan interval waktu sekitar 2-3 minggu. Sedangkan untuk indukan betina di sarankan hanya di kawinkan satu kali saja, karena jika anda paksakan dalam seminggu kawin berapa kali maka keturunan akan menjadi betina lebih banyak dari pada jantan.

Nah terus bagaimana untuk langkah-langkah pemijahan ikan cupang yang benar? Jika anda ingin tahu akan kami berikan langkah-langkahnya sebagai berikut :

Langkah – langkah  Pemijahan Ikan Cupang

Untuk langkah pertama anda bisa mempersiapkan air bersih terlebih dahulu setinggi 10-15 cm. Untuk air yang anda siapkan lebih baik anda menggunakan air tanah atau air sungai. Jangan menggunakan air kemasan atau menggunakan air PDAM yang mengandung kaporit, air bisa anda endapkan selama satu malam.

Selanjutnya anda bisa masukan sedikit tanaman air ke dalam wadah pemijahan. Memasukannya secukupnya karena tanaman air tersebut berfungsi sebagai tempat melekatnya telur ikan cupang.

Jika sudah maka selanjutnya anda bisa memasukkan ikan cupang yang jantan, anda bisa membiarkan ikan cupang berada di dalam wadah selama 1 harian. Karena cupang jantan akan membuat gelembung di sekitar tanaman sebagai isyarat bahwa ikan jantan siap untuk dikawinkan, semakin banyak busa yang terbentuk maka itu semakin baik. Untuk memancingnya anda bisa menaruh cupang betina di gelas plastik atau gelas kaca untuk memancing cupang jantan. 

busa/gelembung ikan cupang
Gambar busa/gelembung ikan cupang

Setelah gelembung sudah jadi maka anda bisa masukan ikan betina tersebut ke dalam wadah. Waktu pemijahan ikan cupang bisa anda lakukan sekitar pukul 7-10 pagi atau pukul 4-6 sore. Ketika pemijahan berlangsung wadah bisa anda tutup dengan koran atau kain, dan jauhkan dari tempat yang bising.

pemijahan ikan cupang
Gambar pemijahan ikan cupang

Jika sudah pembuahan maka anda langsung mengangkat indukan betina dari wadah tersebut. Terus bagaimana dengan telur tersebut? Telur yang sudah di buahi akan di jaga oleh pejantan cupang tersebut. Pejantan akan memunguti telur menggunakan mulutnya.

Setelah kurang lebih satu hari maka telur telur tersebut akan berubah menjadi burayak. Selama 3 hari kedepan burayak tidak perlu di berikan makan karena masih memperoleh makanan dari kantung telur. Untuk cupang jantan umumnya akan berpuasa selama menjaga burayak.

burayak ikan cupang
Gambar burayak ikan cupang

Jika sudah lewat dari 3 hari maka selanjutnya anda bisa memberikan kutu air. Pemberian kutu air bisa anda berikan dikit demi sedikit, karena jika terlalu banyak dan tidak habis maka akan mengotori air dan menyebabkan kematian pada burayak.

Jika burayak sudah berumur 2 minggu maka anda bisa memindahkan pejantan dari wadah tersebut. Setelah itu anda bisa memberikan kutu air yang lebih besar atau memberinya jentik nyamuk. Setelah ikan-ikan sudah berumur 1,5 bukan. Maka ikan ikan tersebut bisa anda pisahkan sesuai dengan kelamin.

anak ikan cupang
Gambar anak ikan cupang

Pakan Ikan Cupang

Biasanya  pakan yang paling di sukai oleh ikan cupang adalah kutu air, cacing sutera dan larva nyamuk. Untuk pemberikan pakan anda bisa memberikan 3-4 kali dalam sehari agar pertumbuhan ikan bisa optimal.

Dalam pemberian pakan anda bisa memberinya sedikit demi sedikit, cara ini di lakukan agar menjaga kebersihan air. Karena jika anda memberikan pakan terlalu banyak air bisa menjadi kotor dan menyebabkan kematian ikan.

Untuk mencari kutu air anda bisa mendapatkannya di selokan selokan yang tergenang, atau membelinya dari toko ikan. Atau anda bisa membudidayakan kutu air.

Perawatan Ikan Cupang

Ikan cupang memiliki daya tahan tubuh tinggi dan mampu beradaptasi dengan berbagai kondisi air. Ikan cupang bisa anda pelihara dimana saja, asalkan air untuk ikan cupang tidak tercemar. Ikan cupang bisa hidup tanpa menggunakan oksigen. Jika air ingin terlihat bersih terus lakukan pergantian air secara berkala.

Untuk ikan yang sudah besar kami sarankan agar tidak di satukan dan dipelihara secara terpisah. Karena ikan cupang merupakan ikan aduan, dan jika anda satukan maka ikan cupang akan menyerang satu sama lain. Ikan yang bertarung bisa mengakibatkan rusaknya sirip ikan yang menjadi daya tariknya dan paling apesnya ikan bahkan bisa mati akibat luka akibat perkelahian.

Untuk setiap ikan cupang bisa anda pisahkan satu persatu, dan anda harus tutup sebelahnya menggunakan kertas. Karena jika anda tidak membuat sekat maka ikan cupang akan bersiap-siap seperti mau menyerang dan kaca akan di tabrak dengan mulut ikan dan hal ini bisa membuat mulut ikan menjadi luka. Ikan yang telah disortir dan dimasukkan kedalam wadah tersendiri umumnya sudah bisa diperdagangkan untuk menambah pundi-pundi rupiah anda. Harganya bervariasi tergantung jenis dan kualitas ikan cupang hasil budidaya anda. Semakin langka ikan yang anda hasilkan maka harganya akan semakin melambung tinggi, bahkan bisa mencapai jutaan rupiah/ekor.

ikan cupang siap jual
Gambar ikan cupang siap jual

Semoga artikel tentang Peluang Bisnis Budidaya Ikan Cupang Yang Menggiurkan dapat menginspirasi anda untuk mencoba peruntungan anda dibisnis budidaya ikan hias.

LihatTutupKomentar