gtag('config', 'G-K1LNF7F02J'); 8 Tips Peluang Bisnis Angkringan Dengan Modal Kecil Dijamin Laris Untuk Pemula - IDEBISNISANDA

8 Tips Peluang Bisnis Angkringan Dengan Modal Kecil Dijamin Laris Untuk Pemula

artikel Peluang Bisnis Angkringan Dengan Modal Kecil Dijamin Laris Untuk Pemula ini bisa menjadi panduan anda sebelum terjun kebisnis ini

 peluang bisnis angkringan dengan modal kecil dijamin laris

Idebisnisanda.com - Angkringan awalnya berkembang didaerah Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Yogyakarta. Usaha kuliner ini kemudian berkembang ke daerah-daerah lain karena memiliki berbagai daya tarik seperti harga yang terjangkau, makanan yang lezat dan unik, suasana santai, serta pilihan makanan dan minuman yang beragam. Anda tertarik dengan bisnis angkringan? Sebelum membuka usaha ini ada baiknya anda membaca artikel dibawah ini yang akan memberikan beberapa tips peluang bisnis angkringan dengan modal kecil dijamin laris untuk pemula. Selamat membaca!

Peluang Bisnis Angkringan

Kuliner angkringan di Indonesia dikenal sebagai tempat untuk menikmati makanan ringan dan minuman sambil bersantai dan bersosialisasi dengan teman dan keluarga. Angkringan adalah tradisi makan malam yang populer di Jawa Tengah dan Jawa Timur, Indonesia. Kata angkringan sendiri berasal dari bahasa Jawa dan merujuk kepada alat dan tempat jualan makanan keliling yang pikul serta berbentuk melengkung ke atas yang banyak digunakan para pedagang kuliner saat menjajakan dagangannya. Peluang bisnis angkringan mulai banyak dilirik para pelaku usaha sebagai salah satu bentuk investasi yang menarik. Namun bagi para pemula yang tertarik terjun di bisnis angkringan alangkah baiknya jika anda membaca beberapa tips dibawah ini.

1.    Lokasi Usaha

Lokasi usaha bisa menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan anda dalam bisnis angkringan. Lakukan survei sebelum memilih lokasi usaha. Pilih lokasi strategis yang mudah diakses dari jalan raya serta dekat dengan keramaian seperti kampus, pasar, gedung perkantoran, perumahan, gedung olahraga, dan perumahan. Cari tahu apakah lokasi tersebut aman dan nyaman dari gangguan mengingat usaha ini umumnya dibuka saat malam hari.

2.    Modal Usaha Angkringan

Modal usaha angkringan bervariasi tergantung ukuran dan lokasi usaha, namun beberapa hal yang perlu dipersiapkan antara lain gerobak, meja, kursi, tenda, alat masak dan perlengkapannya, stok bahan baku makanan dan minuman, dll. Modal yang diperlukan untuk memulai bisnis angkringan sekitar 5-10 juta sebagai modal awal. Untuk menghemat pengeluaran anda bisa menggunakan perlengkapan yang anda miliki dirumah seperti kursi, meja, dan perlengkapan masak.

3.    Buat Konsep Berbeda

Banyaknya usaha kuliner yang bertebaran tentunya akan semakin memperketat persaingan di bisnis kuliner. Kita harus memiliki konsep yang berbeda sebagai ciri khas dari bisnis kita. Beberapa konsep bisnis angkringan yang bisa dicoba seperti:

Angkringan ala café: menawarkan suasana yang lebih elegan dan modern, serta pilihan makanan dan minuman yang lebih lengkap.

Angkringan outdoor: menyediakan suasana bersantai di luar ruangan, seperti taman atau halaman terbuka.

Angkringan konsep tematik: memfokuskan pada tema tertentu seperti musik live, film, dll.

Angkringan dengan makanan khusus: menawarkan pilihan makanan khas daerah atau kuliner khusus, seperti angkringan vegetarian, angkringan makanan laut, dll. Namun lepas dari konsep diatas kita tidak bisa menghilangkan ciri khas dari angkringan itu sendiri dengan tetap menggunakan gerobak angkringan.

4.    Menu Khas Andalan

Kita tentunya tidak asing dengan berbagai menu yang ditawarkan pada bisnis angkringan seperti nasi kucing, sate puyuh, sate usus, aneka baceman, serta aneka gorengan yang menggugah selera. Ditambah dengan minuman khas seperti jahe susu, wedang, es jeruk, es teh dan menu lainnya. Tiap-tiap angkringan tentunya memiliki rasa dan ciri khas tersendiri yang membuatnya dicari para pelanggannya. Kita harus berkreatif untuk membuat citarasa khas dan menu andalan yang memiliki rasa yang nikmat sehingga bisa menjadi menu andalan warung angkringan kita.

5.    Harga Murah

Harga murah merupakan ciri khas dari angkringan, dengan harga yang terjangkau pelanggan bisa menikmati beragam makanan dan minuman dengan budget yang terbatas. Angkringan memang dikenal sebagai tempat makan ringan yang menawarkan makanan dan minuman dengan harga yang murah namun lezat, sehingga menjadi pilihan bagi masyarakat yang ingin menikmati makan malam dengan budget terbatas. Namun meskipun murah kita tetap bisa menjaga mutu dan kualitas makanan dan minuman yang disajikan. Meskipun mungkin keuntungan yang diperoleh lebih sedikit dengan harga murah tetapi jika pengunjung yang datang berjubel tentunya untungnya akan jauh lebih besar.

6.    Menjaga Kebersihan Sekitar Angkringan

Menjaga kebersihan sekitar angkringan sangat penting karena berpengaruh pada reputasi dan citra bisnis angkringan. Dengan menjaga kebersihan, angkringan dapat mempertahankan kondisi lingkungan yang bersih dan higienis, sehingga pelanggan merasa nyaman dan aman saat menikmati makanan dan minuman. Ini juga membantu menjaga citra bisnis yang baik dan memperkuat reputasi angkringan sebagai tempat makan yang bersih dan aman. Tempat yang kotor dan jorok akan memberikan efek trauma kepada pelanggan lama dan baru sehingga enggan datang kembali.

7.       Pelayanan Yang Baik dan Ramah

Pelayanan yang baik dan ramah kepada pelanggan adalah faktor penting bagi keberhasilan bisnis angkringan. Ini termasuk:

Menyambut pelanggan dengan senyuman dan sikap ramah

Mendengarkan dan memahami kebutuhan pelanggan

Memberikan layanan cepat dan tepat waktu

Memberikan rekomendasi dan saran mengenai menu dan minuman

Memberikan bantuan dan solusi untuk setiap masalah yang dihadapi pelanggan

Menjaga komunikasi yang baik dan terbuka dengan pelanggan

Memberikan pengalaman pelanggan yang positif dan menyenangkan.

Dengan melakukan pelayanan yang baik dan ramah, angkringan dapat mempertahankan pelanggan dan membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Ini juga membantu menciptakan suasana yang nyaman dan membuat pelanggan merasa dihargai dan nyaman. Pelayanan yang baik akan menjadi promosi efektif dari mulut ke mulut, apalagi jika dibarengi dengan menu yang lezat serta harga yang terjangkau.

8.     Membuka Cabang

Setelah melakukan 7 tips diatas dan usaha anda berkembang dengan pesat maka langkah selanjutnya adalah dengan membuka cabang baik itu masih di wilayah anda maupun diluar daerah. Hal ini dapat meningkatkan omzet usaha dan bisnis angkringan anda semakin dikenal orang. Dengan catatan anda bisa mengelola dengan baik cabang-cabang tersebut agar bisa menghasilkan keuntungan dan bukan kerugian.

Semoga artikel tentang Peluang Bisnis Angkringan Dengan Modal Kecil Dijamin Laris dapat bermanfaat untuk anda yang ingin terjun dibisnis kuliner Angkringan.

 

 

 

 

 

 

LihatTutupKomentar