gtag('config', 'G-K1LNF7F02J'); 7 Hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Merintis Bisnis Kuliner Bagi Pemula - IDEBISNISANDA

7 Hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Merintis Bisnis Kuliner Bagi Pemula

Tertarik merintis bisnis kuliner? Makanan merupakan kebutuhan primer yang tidak bisa ditawar-tawar dan akan terus dicari oleh konsumen

 

merintis bisnis kuliner

Idebisnisanda.com – Tertarik merintis bisnis kuliner? Makanan merupakan kebutuhan primer yang tidak bisa ditawar-tawar. Kita bisa menunda membeli kebutuhan sekunder seperti lemari, handphone, tas, dsb. Tetapi bagaimana kalau berhubungan dengan perut yang lapar? sepertinya sulit untuk diajak kompromi. Perubahan pola hidup yang makin instant terutama di perkotaan membuat banyak orang yang memilih mendatangi sebuah rumah makan atau restoran  untuk bersantap  dan mencoba menu-menu baru yang menggugah selera. Apalagi saat ini bisnis kuliner bisa dipadukan dengan media online yang memudahkan pengantaran kuliner langsung kerumah.

Sebelum merintis bisnis di bidang kuliner ternyata ada beberapa detail persiapan yang perlu dilakukan agar nantinya bisnis kuliner anda bisa sukses dan berkembang. Berikut beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat merintis bisnis kuliner :

1.      Menyiapkan modal awal

Modal tentunya menjadi salah satu poin penting dalam bisnis. Kita membutuhkan modal untuk melengkapi berbagai keperluan saat akan membuka bisnis kuliner. Kekurangan modal yang dialami bisa diatasi dengan mencari rekan/saudara untuk bekerjasama atau mungkin mencari pinjaman bank dengan bunga yang rendah. Anda tidak harus langsung memulai dengan bisnis yang besar, anda bisa menggunakan beberapa barang keperluan yang sudah anda miliki.

Baca Juga : 6 jenis sambal kemasan menjanjikan untung besar

2.      Menentukan lokasi usaha

Lokasi usaha memang sangat berperan penting dalam sebuah bisnis, terlebih bisnis di bidang kuliner. Itulah sebabnya kita pasti menemukan berbagai tempat kuliner ditempat-tempat keramaian seperti pasar, mall, dekat kampus dan tempat wisata. Namun tidak selamanya lokasi strategis di dekat jalan utama adalah yang terbaik. Sebab banyak pelaku bisnis rumah makan meski berada di dalam gang atau terpencil tetap sukses menarik konsumen untuk datang mencarinya karena terkenal akan citarasa masakannya yang sulit dicari tandingannya ataupun karena tempatnya yang unik. Sebelum memutuskan, surveilah berbagai lokasi untuk membandingkan peluang terbaik antara lokasi yang satu dengan yang lainnya.

3.      Memilih menu andalan

Menentukan menu andalan juga menjadi langkah persiapan yang tidak boleh terlewat dalam merintis bisnis kuliner. Sebab bisnis di bidang ini memiliki persaingan yang cukup ketat. Tentukan menu mana yang bisa menjadi menu utama dan menjadi andalan anda dibandingkan menu yang lainnya. Meskipun menu lainnya juga tidak kalah nikmat. Anda juga  mencari menu yang masih belum banyak disediakan pesaing lain sebagai daya tarik. Konsumen cenderung penasaran dengan menu-menu menarik yang sering dilihat di media online maupun televisi yang mungkin belum ada ditanah air.

Jika anda piawai mengolah makanan khas suatu daerah, itu bisa menjadi senjata utama usaha kuliner anda. Para pelancong yang datang dari luar daerah sering mencari menu masakan khas suatu daerah, dan mencari rumah makan yang terkenal akan kelezatan masakan khasnya. Pemilihan menu akan lebih mudah kalau anda melakukan survei terlebih dahulu, kemudian pilih menu sesuai target pasar.

Baca Juga : ide usaha jajanan kuliner anak sekolah

4.      Rancang Konsep Bisnis Anda dengan Baik

Bisnis kuliner hampir terus bermunculan dengan inovasi-inovasi baru dan kita harus bersaing dengan banyak pengusaha lain yang juga ingin menikmati “lezatnya” bisnis kuliner. Itulah sebabnya perlu merancang konsep bisnis (business plan) yang baik agar kita tahu visi dan misi dari usaha kita akan dibawa kemana. Tentukan segmentasi pasar dan apa yang menjadi ciri utama bisnis kuliner anda. Bagaimana logo dan pemasarannya serta segala hal yang berhubungan dengan bisnis kuliner anda

5.      Mencari pemasok bahan baku terpercaya

Demi kelancaran produksi pada bisnis kuliner yang dijalankan maka pelaku bisnis kuliner dianjurkan mencari pemasok bahan baku yang bisa dipercaya. Anda tidak perlu pusing keliling pasar setiap hari untuk membeli bahan baku yang diperlukan, sehingga lebih praktis sekaligus ekonomis. Namun pilih pemasok yang benar-benar terpercaya untuk memperoleh pasokan bahan berkualitas. bahan baku yang bermutu tinggi akan menentukan produk kuliner yang dihasilkan. Jangan asal menjalin kerjasama dengan pemasok yang tidak memiliki track record yang baik, lebih baik mahal sedikit yang penting kualitas dan tepat waktu sebab ini berhubungan dengan cita rasa makanan.

Baca Juga : buka usaha franchise makanan dengan modal kecil

6.      Siapkan fasilitas Umum

Pada saat anda merancang desain sebuah rumah makan jangan lupa untuk menyiapkan fasilitas dasar seperti toilet yang bersih dengan segala perlengkapannya. Siapkan juga tempat parkir yang cukup memadai jika lahan yang akan anda gunakan ada dilahan pribadi yang cukup luas sehingga akan memudahkan para pelanggan untuk memarkir kendaraanya saat datang mencoba menu masakan anda.

7.      Desain Produk Yang Menarik

Bisnis kuliner baik berupa produk makanan ataupun rumah makan perlu mendesain tempat atau produknya dengan desain yang bisa memancing rasa penasaran konsumen untuk mencicipi produk kita. Walaupun ada peribahasa yang mengajar kita tidak melihat “cover” tapi dalam bisnis kuliner itu sangat penting karena hal itulah yang pertama kali dilihat sebelum mencobanya. Apalagi jika isi produk jauh melebihi ekspektasi konsumen tentang rasa, saya jamin bisnis anda akan berkembang bahkan dicari orang.

Semoga artikel tentang 7 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Merintis Bisnis Kuliner dapat bermanfaat dan menginspirasi anda para pebisnis pemula dibidang kuliner. Semoga sukses!

LihatTutupKomentar