gtag('config', 'G-K1LNF7F02J'); 6 Manfaat Kemasan Produk Agar Bisnis Semakin Dikenal - IDEBISNISANDA

6 Manfaat Kemasan Produk Agar Bisnis Semakin Dikenal

Apa saja manfaat kemasan produk? Konsumen cenderung melihat sebuah kemasan sebelum memutuskan membeli produk tersebut

 manfaat kemasan produk

Idebisnisanda.com - Apa saja manfaat kemasan produk? Mungkin anda sering mendengar sebuah kalimat metafora “don’t judge a book by its cover” yang berarti jangan menilai kulit luar / penampilan seseorang. Tetapi hal ini sepertinya kurang tepat untuk produk sebuah usaha / bisnis. Konsumen cenderung melihat sebuah kemasan sebelum memutuskan membeli produk tersebut, semakin baik dan menarik kemasan sebuah produk maka konsumen akan semakin tertarik untuk mencoba produk tersebut. Pepatah lama “dari mata turun ke hati“ mungkin lebih cocok untuk menggambarkan bagaimana pentingnya kemasan sebuah perusahaan.

Kemasan merupakan pandangan pertama sebuah produk sebelum melihat  isi dari produk tersebut. Perusahaan akan selalu berusaha untuk membuat sebuah kemasan cantik dan unik agar menarik konsumen untuk membeli produk tersebut, jadi sebaiknya jangan menganggap remeh pentingnya sebuah kemasan. Konsumen bisa saja berubah pikiran hanya karena melihat kemasan produk anda asal-asalan padahal anda menawarkan produk spesial yang memiliki daya saing tinggi dan berkualitas.

Definisi Kemasan

Secara sederhana kemasan dapat didefinisikan sebagai bungkusan atau sesuatu yang digunakan sebagai alat pembungkus atau kontainer. Sedangkan mengemas merupakan tindakan membungkus atau menutup suatu barang atau sekelompok barang.

Tujuan Kemasan

Membuat kemasan bukan hanya sekedar pembungkus produk namun ada tujuan yang ingin dicapai, diantaranya:

Menampilkan atribut sebuah produk. Semakin unik dan khas, maka tampilan produk semakin menarik perhatian konsumen.

Memperkuat penampilan estetika (seni/indah) dan nilai produk. Kemasan juga bisa menjadi suatu strategi untuk memperkuat pemosisian produk di benak konsumen. Bagaimanapun, konsumen senang dengan visualisasi dan gambar-gambar menarik.

Mempertahankan keseragaman dalam kesatuan merk produk. Kemasan bisa menjadi ukuran standarisasi produk. Dengan membuat kemasan yang sama, maka produk akan terlihat standar dan homogen. Sehingga memudahkan konsumen untuk menandai produk dalam proses pencariannya.

Membuat kemasan sesusai kategori. Mengembangkan sebuah kemasan yang berbeda dan menonjol sangat perlu diperhatikan oleh pelaku usaha kecil.

Dalam pasar persaingan sempurna, dimana begitu banyak produk tersedia dipasar yang sama, maka menciptakan kemasan yang berbeda akan membantu konsumen untuk membedakan antara produk kita dengan produk pesaing.

Selain itu, kemasan produk juga harus berbeda satu sama lainnya disesuaikan dengan kategori produk. Misalnya produk kategori makanan dengan produk kategori minuman atau kelas produk yang berbeda.

Mengembangkan inovasi dalam menciptakan kemasan. Tujuan utama berinovasi dalam membuat kemasan adalah agar harga produksi lebih rendah, ramah lingkungan dan meningkatkan fungsionalitas. Inovasi bisa dengan menggunakan bahan-bahan baru, material yang berkualitas.

Selain karena kemasan bisa digunakan sebagai strategi untuk mencapai tujuan usaha, kemasan juga harus memiliki manfaat baik bagi produsen maupun bagi konsumen.

Manfaat Kemasan

Sebuah kemasan yang dibuat, bukan hanya menarik dan kreatif tetapi harus memberi manfaat dan utilitas terutama bagi konsumen, sehingga poin tersebut akan memberikan nilai tambah (value added) dari produk yang ditawarkan. Beberapa manfaat kemasan antara lain sebagai berikut:

1.      Kemasan sebagai alat komunikasi.

Maksudnya adalah kemasan menjadi alat promosi, kemasan menjadi informasi produk dan kemasan sebagai pemasaran produk dengan mengkomunikasikan karakteristik produk atau produk konsumsi yang khas dan unik. Dalam konteks ini, pemilik produk harus kreatif menciptakan kemasan baik dari segi warna, bentuk, merk dan logo atau tulisan. Sehingga semua elemen menjadi lebih komunikatif dengan target pasar produk.

2.      Kemasan sebagai identitas.

Pada umumnya kemasan sebuah produk sudah dilengkapi dengan pencantuman nama merk atau brand. Merk merupakan identitas perusahaan yang merepresentasikan produk yang dihasilkan. Jadi desainlah kemasan dan identitas meliputi nama produk, desain kemasan, papan reklame, desain iklan, seragam dan atribut lainnya. Sebab semua itu merupakan representasi identitas kita.

3.      Citra Produk

Manfaat lainnya dari kemasan adalah menampilkan citra. Penggunaan gambar atau foto yang baik untuk kemasan akan meningkatkan citra yang baik pada produk dan kemasan, pemakaian citra visual yang tepat merupakan kunci suatu komunikasi kepribadian produk. Citra dipengaruhi oleh ilustrasi, foto dan gambar, ikon, simbol dan karakter bisa dibuat dalam berbagai gaya.

4.      Kemasan sebagai alat identifikasi dalam pemasaran

Kemasan menjadi suatu komponen bagi konsumen dan masyarakat sebagai produk pendorong pertumbuhan ekonomi, kemasan dapat memenuhi kebutuhan manusia untuk memberdayakan sumber daya fisik.

5.      Sebagai pelindung produk.

Fungsi dan manfaat utama kemasan adalah untuk melindungi produk dari hal-hal yang dapat merusak nilai dan manfaat produk bagi konsumen. Kemasan akan melindungi produk dari sinar matahari/panas secara langsung, memberikan perlindungan dari lalat atau microba yang membayakan, terhindar dari debu dan lain sebagainya.

6.      Mudah dibawa

Kemasan suatu produk sangat bermanfaat bagi konsumen dalam hal distribusi atau delivery. Produk yang sudah dilengkapi dengan kemasan mudah di bawa kemana-mana dan dapat ditaruh di mana saja.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pengusaha kecil dalam mengembangkan kemasan produknya. Secara filosofi, kemasan itu merupakan pakaian bagi suatu produk. Sebagai pakaian tentu saja haruslah memakai pakaian yang terlihat cantik dan menarik.

Kesesuaian antara kemasan dan produk harus tepat, menggunakan bahan kemasan (pembungkus) yang aman, nyaman dan ramah lingkungan patut menjadi pertimbangan utama sebelum mencetak kemasan.

Meskipun bagitu, sebelum kemasan tersebut digunakan. Pengusaha harus menyiapkan terlebih dahulu kondisi produk yang akan dikemas. Misalnya bagaimana mengawetkan produk dalam jangka waktu tertentu. Sehingga produk tidak cepat rusak atau kadaluarsa.

Apalagi jika produk makanan, daya tahannya tidak terlalu lama. Karena jika produk sudah dimasukkan dalam kemasan, maka perubahan produk sudah sulit untuk dilihat. Dan jika Anda sudah memiliki hasil analisis daya tahan produk, maka jangan lupa cantumkan masa berlaku penggunaan produk (expired date).

Semoga artikel tentang 6 Manfaat Kemasan Produk Agar Bisnis Semakin Dikenal dapat bermanfaat dan bagi anda yang mau mengembangkan nilai produknya dengan strategi kemasan. Buatlah perencanaan desain kemasan sebelum dicetak secara massal. Berkonsultasilah pada ahli kemasan dan Konsultan UMKM terdekat atau Tenaga Pendamping Usaha dari pemerintah agar anda tidak kecewa dikemudian hari.

LihatTutupKomentar