gtag('config', 'G-K1LNF7F02J'); 4 Kendaraan Menuju Kebebasan Finansial - IDEBISNISANDA

4 Kendaraan Menuju Kebebasan Finansial

Tentunya setiap orang ingin memiliki kebebasan financial (Financial Freedom). Tetapi apa saja “kendaraan” yang bisa membawa anda menuju kesana ?

kebebasan finansial

Idebisnisanda.com - Tentunya setiap orang ingin memiliki kebebasan financial (Financial Freedom). Tetapi apa saja “kendaraan” yang bisa membawa anda menuju kesana ?  Artikel dibawah akan memberikan beberapa tips yang umum digunakan para pebisnis di seluruh dunia untuk memperoleh kebebasan financial dan andapun bisa merasakannya selama anda tekun memperjuangkannya.

Arti Financial Freedom (kebebasan financial)

Apa sih yang dimaksud dengan kebebasan financial atau dalam bahasa Inggris sering disebut dengan Financial Freedom? Kebebasan financial adalah kondisi dimana seseorang telah mampu memenuhi segala kebutuhannya tanpa harus bekerja lagi atau dalam bahasa Robert  T. Kiyosaki seseorang yang telah mendapatkan passive income meskipun tidak bekerja lagi sebab uang telah bekerja untuknya melalui lini-lini bisnis yang dimilikinya. Ada 4 “kendaraan” yang digunakan untuk  mencapai kebebasan finansial dan kemakmuran, antara lain :

1.      Bisnis

Kendaraan pertama adalah bisnis dan ini adalah kendaraan yang paling populer hingga saat ini. Rata-rata para konglomerat dunia menghasilkan kekayaan biasanya dimulai dengan berbisnis. Bagi Anda yang mampu mengelola bisnis dengan baik, tahu bagaimana harus memulai, membuat sistem dan menjalankannya, maka bisnis adalah kendaraan yang tepat untuk Anda. Namun menurut Robert Kiyosaki, baginya untuk sukses sebagai bisnis owner perlu waktu yang cukup lama, 5 hingga 20 tahun. Belum lagi Anda harus membuat sistem bila Anda memulainya dari nol. Bahkan studi Michael E. Gerber dalam bukunya berjudul E-Myth menyebutkan bahwa 80% bisnis mati pada tahun pertama perjalanannya dan 80% dari yang tersisa menyusul mati dalam 5 tahun. Artinya dari 100 orang pebisnis baru, 5 tahun kemudian hanya 4 orang yang bertahan sementara 96 lainnya bangkrut.

2.      Internet

Kendaraan kedua adalah internet. Sudah bisa dipastikan bahwa bisnis konvensional yg tidak diiringi dengan pemasaran online sedikit demi sedikit akan tergusur. Dengan semakin kompleks aktivitas manusia dan akses internet yang semakin mudah dijangkau membuat setiap orang berfikir dan bertindak efektif serta efisien. Berkomunikasi, mencari informasi, berbisnis hingga belanja sudah menjadi gaya hidup diera global seperti saat ini. Bisnis internet memiliki berbagai keunggulan yang tidak dimiliki bisnis konvensional dan bisa menjangkau keberbagai pelosok negara dengan begitu cepatnya. Siapa yang cepat mengambil peluang merintis bisnis online ataupun memanfaatkan internet sebagai media bisnis bisa dipastikan semakin cepat sukses.

3.      Saham

Umumnya setelah sukses bisnis, maka mulai banyak orang mencari instrumen investasi lainnya untuk melipatgandakan aset/ kekayaannya. Biasanya investasi saham dilakukan oleh mereka yang telah meraih kesuksesan dalam bisnis, sehingga “uang lebih” yang dihasilkan mulai diinvestasikan dalam instrumen saham. Problem dalam investasi saham adalah perlunya pengetahuan yang baik dalam mengelola saham agar bisa menghasilkan keuntungan yang baik dan bukannya malah rugi. Market bisa saja naik namun kemudian tiba tiba turun. Ketika market turun maka investor bisa kehilangan segalanya. Kontrol di luar kendali kita sehingga umumnya investor hanya bisa berharap semoga harga saham naik sehingga bisa menikmati gain keuntungan yang menggiurkan.

4.      Properti

Dan ternyata kekayaan melalui Internet, Bisnis, dan Saham tidak akan bertahan lama tanpa Properti.  Inilah uniknya properti. Anda tidak akan bisa bertahan lama ataupun mempertahankan kekayaan Anda tanpa berinvestasi di Properti. Bahkan semua orang kaya dan terkaya di dunia pun berinvestasi di properti.

Properti memiliki banyak keuntungan dibandingkan kendaraan yang lain. Pertama, dengan properti bank akan sangat mudah memberikan Anda uang. Mendapatkan dana untuk bisnis umumnya perlu usaha keras untuk meyakinkan bank. Walaupun Anda memiliki bisnis plan yang sangat baik dengan proyeksi keuntungan berlipat atau bisnis Anda sudah berjalan dengan baik, bank tidak akan dengan mudah mengeluarkan uang jika anda tidak memiliki properti sebagai jaminan atau aset lainnya. Tapi kalau Anda datang ke bank dan meyakinkan pihak bank bahwa anda memiliki properti dikawasan yang sangat strategis dipusat kota maka bisa dipastikan bank akan memberikan pinjaman sesuai dengan kebijakan yang berlaku.

Semoga artikel tentang 4 Kendaraan Menuju Kebebasan Finansial dapat bermanfaat dan memberikan anda jalan untuk mencapai kebebasan financial yang sesuai dengan kemampuan dan passion anda untuk mencapainya.

LihatTutupKomentar