gtag('config', 'G-K1LNF7F02J'); 9 Tips Sukses Berinvestasi Ala Warren Buffett - IDEBISNISANDA

9 Tips Sukses Berinvestasi Ala Warren Buffett

 9 Tips Sukses Berinvestasi Ala Warren Buffett

Idebisnisanda.com – Anda tentunya pasti setuju dengan tips sukses berinvestasi ala Warren Buffet? Mengapa demikian? Sebab kepiawaian beliau dalam dunia investasi sudah tidak diragukan lagi. Hampir semua investor tidak asing dengan nama beliau sebagai “mbah” dalam bisnis investasi yang bisa bersaing dengan “mbah Google” dalam hal popularitas. Artikel ini akan berisi tentang tips tips yang diberikan sang maestro Warren Buffet dalam hal investasi yang bisa membuat kita lebih baik lagi.

Warren Buffett adalah seorang pengusaha sukses yang menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Ia juga menjabat sebagai Chairman dan CEO, Berkshire Hathaway. Dalam menggapai kesuksesan, Warren selalu bekerja keras dan penuh dengan perjuangan serta pengorbanan. Berikut beberapa kebiasan positif Warren demi mencapai kesuksesan yang bisa Anda jadikan panutan sebagai kunci sukses bisnis Anda.

9 tips investasi sukses Warren Buffet

Setiap orang pastinya ingin menjadi sukses. Berbagai cara telah Anda lakukan untuk menuju kesuksesan tersebut. Jika saat ini Anda sedang berusaha untuk menjadi orang yang sukses, kebiasaan seorang Warren Buffett berikut ini mungkin bisa Anda tiru. Warren buffet juga dikenal sangat suka mendonasikan hartanya buat orang lain dan nilainya pun tidak tanggung-tanggung.

Selain kebiasan kebiasan sukses di atas, Buffet juga dikenal sebagai individu yang mahir dalam berinvestasi. Kunci keberhasilan setiap investasi yang dilakukannya adalah sebagai berikut :

1.      Selalu mau belajar

Kunci sukses seorang Warren Buffet yang pertama adalah keinginan belajarnya yang kuat. Warren tak pernah berhenti belajar tentang berbagai hal hal baru. Ia adalah sosok yang benar benar paham kelebihan dirinya sehingga ia selalu mengasah kemampuan yang dimilikinya dan fokus pada setiap kelebihannya tersebut. Kebiasaan inilah yang juga membawa Buffett pada kesuksesan hingga kini. Ia selalu melewati setiap proses dengan belajar.

Baca Juga : 8 rahasia sukses pendiri facebook

2.      Sabar dan sabar

Kunci sukses Warren Buffet kedua adalah kesabarannya yang tinggi. Hal ini bisa terlihat pada berbagai keputusan yang telah di buatnya. Daripada menaruh saham di perusahaan ternama, Buffett lebih memilih berinvestasi di beberapa perusahaan yang dinilai tidak memiliki profit. Walaupun begitu, seiring berjalannya waktu, investasinya pun semakin berkembang dan ia mampu mendulang keuntungan yang sangat besar.

3.      Rendah hati dan menghargai orang lain

Kunci sukses yang ketiga adalah sifat rendah hati yang dimiliki oleh Warren Buffett. Jangan cepat bangga dan besar hati dengan apa yang Anda raih, namun tetaplah memiliki rasa rendah hati karena disitulah Anda akan menyadari betapa susahnya perjuangan menuju kesuksesan. Buffet menyadari bahwa ia butuh orang lain untuk sukses. Ini terlihat ketika ia sedang mengalami masalah, Ia selalu memperoleh solusi dengan memanfaatkan setiap potensi rekan kerjanya. Buffett benar benar paham bahwa kerja keras rekan kerjanya memiliki nilai yang sama dengan tingkat kesuksesan yang diraihnya.

Baca Juga : rahasia kesuksesan bisnis

4.      Selalu Berbagi

Sama halnya dengan orang-orang kaya lainnya, Buffet menyadari bahwa sebaik baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi oran lain. Buffet pernah mendonasikan uangnya untuk sosial sebesar $ 2,8 miliar yang di berikan kepada yayasan Bill and Melinda Gates Foundation. Ia juga pernah mendonasikan uangnya ke berbagai yayasan yang jumlahnya pasti tak sedikit.

5.      Mengendalikan temperamen

Ini adalah hal yang paling penting dalam menentukan kualitas seorang investor. Investor perlu mengendalikan tempramen yang akan membawa pada situasi yang menggembirakan di ketika bersama banyak orang atau tidak

6.      Disiplin dan sabar

Investasi yang sukses membutuhkan waktu, displin serta kesabaran. Tak peduli seberapa besar bakat atau usaha yang Anda miliki, dalam meraih sesuatu itu memerlukan waktu. Warren mengatakan bahwa Anda tidak akan mendapatkan seorang bayi dengan menghamili sembilan wanita. Intinya untuk meraih sesuatu, dibutuhkan waktu.

7.      Berani

Ada banyak kesempatan yang datang ketika berinvestasi. Di saat hujan emas itu tiba, keluarkan ember Anda. Jika ingin memperoleh keuntungan besar, maka Anda harus berani mengambil resiko itu juga. Lakukan sepenuh hati jangan sampai setengah setengah.

Baca Juga : 5 penyebab gagal meraih sukses

8.      Diversifikasi investasi

Disversifikasi dalam investasi artinya membagi bagikan investasi dalam lumbung yang berbeda. Ini sebagai bentuk perlindungan terhadap kegagalan investasi. Memang hal ini bisa saja masuk akal bagi mereka yang belum mengetahui cara berinvestasi, namun inilah yang selalu menjadi alasan yang kurang kuat bagi mereka yang sudah tahu dan paham mengenai investasi

9.      Menakar keunggulan perusahaan

Bukan hanya menilai tentang seberapa banyak industri tersebut telah mempengaruhi masyarakat, atau berapa banyak perusahaan itu akan tumbuh, namun bagaimana menentukan keunggulan yang kompetitif dari setiap perusahaan itu terutama tentang bagaimana daya tahan keuntungan yang akan di berikan pada perusahaan tersebut.

Buffet selalu berpegang teguh terhadap prinsipnya dengan tidak menanamkan modalnya kepada saham yang hanya sekedar tren semata. Buffet tak akan mau mengeluarkan uang sedikit pun untuk seseuatu yang sedang tren saja. Lagipula, berinvestasi di perusahaan internet sebenarnya tidak seuntung berinvestasi di bidang-bidang yang lainnya. 

Itulah sedikit informasi mengenai 9 Tips Sukses Berinvestasi Ala Warren Buffett. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda dalam berinvestasi.

LihatTutupKomentar