gtag('config', 'G-K1LNF7F02J'); 8 Rahasia Sukses di Usia Muda Pendiri Facebook - IDEBISNISANDA

8 Rahasia Sukses di Usia Muda Pendiri Facebook

Apa rahasia sukses di usia muda ? Pendiri facebook Mark zuckerberg akan memberi tahu rahasia dalam merintis bisnisnya

  8 Rahasia Sukses di Usia Muda Pendiri Facebook

Idebisnisanda.com - Apa rahasia sukses di usia muda ? Siapa yang tak kenal Facebook? Atau pemakai internet mana yang belum pernah mendengar yang namanya Facebook. Ya Facebook memang benar-benar fenomenal, semua kalangan sudah menggunakan Facebook dalam berkomunikasi. Kalangan remaja, tua, dewasa, pria, wanita, eksekutif, karyawan dan para pebisnis pun sudah menggunakan Facebook. Simak rahasia pendiri facebook dalam merintis bisnisnya.

Facebook hadir dengan segudang fungsi yang sangat membantu, mulai dari pemasaran produk, untuk bersosialisai, membangun komunitas dan seterusnya. Nah bicara soal Facebook, maka sudah pasti tidak bisa dipisahkan dengan yang namanya Mark Zuckerberg. Ya, sang pendiri sekaligus CEO Facebook tersebut memang merupakan salah satu tokoh paling berpengaruh di dunia.

Di artikel ini, saya akan mencoba membagi 8 rahasia sukses pendiri Facebook. Apa saja kedelapan rahasia tersebut?

Mimpi

Seperti layaknya lirik lagu Laskar Pelangi, maka memang mimpi adalah kunci untuk menaklukkan dunia. Termasuk mimpi Mark Zuckerberg untuk mengubah cara orang berkomunikasi. Dengan semua mimpi-mimpinya yang besar, Mark berhasil membangun sebuah kerajaan bisnis yang bermanfaat dan memegang perananan penting bagi hidup banyak orang. Jadi, bagi Anda para calon pengusaha atau siapapun Anda jangan ragu untuk memiliki mimpi sebesar mungkin.

Baca Juga : Cara Pebisnis Sukses Menghabiskan Akhir Pekan

Memulai Dari Sesuatu yang Kecil

Saya sangat ingat dengan kata-kata Pak Mario Teguh, segala sesuatu yang besar berawal dari yang kecil. Nah prinsip itulah yang dipegang oleh Mark dalam membangun kerajaan Facebooknya. Siapa sangka seorang mahasiswa Harvard yang dulunya bukan siapa-siapa, namun karena ACTION-nya mampu menggemparkan dunia. Mark mengajarkan kita untuk memulai dari sesuatu yang bisa kita lakukan saat ini.

Jangan  Mudah Tergoda Uang

Uang memang menjadi daya tarik dalam dunia bisnis, tanpa uang mustahil ada yang namanya dunia bisnis. Namun terkadang Anda harus tahan dulu terhadap godaan uang untuk bisa sukses berbisnis. Seperti halnya yang dilakukan oleh Mark Zuckerberg. Seperti yang kita ketahui bahwa Yahoo pernah ingin membeli Facebook dengan harga yang sangat tinggi, namun apa yang dilakukan oleh Mark. Ia tetap bertahan dan tidak tergoda dengan uang “sementara” itu.  Dan hasilnya bisa kita lihat sendiri. Betapa dahsyatnya jejaring sosial Facebook saat ini.

Bisnis yang Berawal Dari Hobi

Hobi yang ditekuni dan dilakukan secara sungguh-sungguh maka akan menjadi penghasil uang bagi Anda. Mark mendirikan Facebook sedikit banyak dipengaruhi oleh kecintaanya pada dunia web programming. Tanpa hobi itu rasanya mustahil bagi Mark untuk sebegitu fokus dan semangatnya dalam mendirikan situs Facebook ketika awal 2004.

Jadi apapun hobi Anda, tekuni, lakukan dengan sungguh-sungguh, dan jadikan itu bermanfaat bagi orang lain. Maka mudah-mudahan uang akan datang dari hobi tersebut.

Peduli Pada Sosial

Visi dari Facebook adalah mengubah dan mempermudah cara orang berkomunikasi. Bayangkan apa yang terjadi jika Facebook tidak peduli pada dunia sosial, tentu saja ia tidak akan sepopuler sekarang. Facebook memilih ceruk (niche) market sosial. Mereka berbisnis jejaring sosial, mereka memberi layanan sosial dan mereka membantu sosial (masyarakat dunia). Tentu ada perbedaan antara perusahaan yang peduli pada sosial dengan perusahaan yang tidak peduli pada sosial. Jadi, apapun bisnis Anda pedulilah pada sosial.

Baca Juga : Blogger Cewek Berpenghasilan Melimpah

Bergairahlah

Mengutip pernyataan nomor 4, berbisnis dari hobi adalah sesuatu yang luar biasa. Tentu saja Mark mempunyai gairah yang luar biasa. Bayangkan, sejak kecil saja Mark sudah begitu bersemangat dan hobi mengutak-atik komputer untuk menghasilkan aplikasi komputer. Dengan semangat itulah yang menjadikan ia rela berjam-jam mengorbankan waktunya untuk mendirikan Facebook.

Kerja Keras

Facebook bukanlah jejaring sosial yang muncul dalam kerja sebulan. Facbook lahir dan terus berkembang dengan inovasi dan pengembangan yang terus dilakukan selama bertahun-tahun. Bahkan hingga memasuki tahun ketujuh saja Facebook masih terus menambah berbagai fitur layanan jejaring sosial yang mereka miliki.

Ingat prinsip : tidak ada sukses tanpa kerja keras.

Libatkan Pihak Lain

Satu hal yang perlu kita perhatikan dibalik kesuksesan Facebook adalah adanya keberanian mereka untuk bekerja sama dengan pihak lain. Facebook berkembang bukan hanya karena kerja keras mereka sendiri, melainkan ada banyak pihak lain yang mendukungnya. Contohnya aplikasi-aplikasi yang ada di Facebook, lihat aplikasi game yang Anda mainkan, lihat aplikasi pelengkap yang ada di akun Facebook Anda. Itu semua adalah hasil pengembangan pihak pengembang Facebook yang tidak hanya berasal dari tim Facebook.

Itulah 8 rahasia sukses pendiri Facebook yang perlu kita ketahui untuk selanjutnya diterapkan dalam kehidupan anda. Mudah-mudahan dengan artikel ini Anda makin termotivasi untuk terus belajar dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

LihatTutupKomentar