gtag('config', 'G-K1LNF7F02J'); 5 Tips Peluang Bisnis Tanaman Hias Yang Perlu Anda Ketahui - IDEBISNISANDA

5 Tips Peluang Bisnis Tanaman Hias Yang Perlu Anda Ketahui

Peluang bisnis tanaman hias cukup menggiurkan. Lihat saja di toko online penjualan tanaman hias,buah dan bibit memiliki angka cukup fantastis

 

peluang bisnis tanaman hias

Idebisnisanda.com - Kaya dari bisnis tanaman hias? Mengapa tidak? Peluang bisnis tanaman hias cukup menggiurkan. Lihat saja di toko online penjualan tanaman baik tanaman buah, tanaman hias, dan bibit tanaman memiliki angka cukup fantastis. Belum lagi ditambah dengan penjualan lewat gerai tanaman hias di pinggir jalan. Meskipun kelihatannya menarik namun tidak sedikit pula yang harus gulung tikar karena salah manajemen. Untuk berhasil dibisnis ini ada hal-hal yang perlu diperhatikan.

Tanaman hias merupakan tanaman yang banyak diminati kaum wanita maupun pria. Tanaman hias bisa menjadi tempat menyalurkan hobi maupun untuk memperindah tampilan rumah agar terlihat lebih asri. Bagi anda yang suka dengan kegiatan bercocok tanaman tak ada salahnya untuk memulai bisnis ini. Untuk memulai usaha ini, seseorang harus memiliki kesabaran yang cukup. Sudah menjadi rahasia umum membudidayakan tanaman hias membutuhkan waktu yang cukup lama. Perputaran uang di tahun pertama sedikit lama, namun jika bisnis tanaman hias yang di jalankan sudah memiliki pelanggan tetap maka selanjutnya bisa lebih lancar. Penjualan tanaman biasanya akan meningkat diwaktu-waktu tertentu seperti lebaran, natal dan tahun baru. Masyarakat biasanya menghiasi rumah sebagai persiapan menyambut tamu yang datang.

Peluang Bisnis Tanaman Hias Dan Tips Menjalankannya

Usaha tanaman hias sendiri bisa di jalankan di pedesaan dan di wilayah dekat kota. Memulai usaha dimana saja sepertinya tak ada masalah. Asalkan kita memiliki brand yang cukup terkenal, namun tentu saja butuh waktu agar kita bisa dikenali oleh pelanggan. Jika kita telah memiliki reputasi yang baik bisa jadi justru pembeli yang akan datang sendiri tanpa kita menawarkannya. Namun perlu untuk diketahui, bahwa bisnis tanaman hias yang bagus adalah bisnis yang dikelola dengan manajemen yang baik dan kecintaan akan tanaman. Bisnis ini sedikit berbeda dengan bisnis pada umumnya. Karena jika kita tidak memiliki hobi terhadap tanaman maka kita cenderung cepat merasa bosan.

Tanaman hias dibutuhkan untuk melengkapi desain lingkungan di sekitar rumah, halaman rumah sakit, halaman hotel dan kantor kantor swasta ataupun pemerintah. Harga jual tanamannya sendiri beragam mulai dari puluhan ribu sampai jutaan, tergantung jenis tanaman hias yang di tawarkan. Kita bisa menjualnya secara langsung ataupun melakukan sistem rental tanaman. Rental tanaman umumnya menyasar ke kantor-kantor swasta dan pemerintah. Ada banyak jenis-jenis tanaman hias yang bisa anda pilih seperti kaktus, palem, lidah mertua, lili paris, kamboja, bunga euphorbia, cemara, beringin, bunga kertas, dll.

Tanaman hias yang bisa Anda budidayakan cukup banyak dan pastinya memiliki perawatan dan masalah berbeda beda. Namun tak perlu khawatir, karena yang namanya masalah dalam melakukan sesuatu itu hal wajar dan pasti akan ada solusinya. Untuk sukses berbisnis tanaman hias, para pelaku usaha harus memperhatikan beberapa tips seperti yang dibawah ini:

1.      Menentukan Lokasi

Pilihlah lokasi yang sesuai untuk pertumbuhan tanaman hias, Anda harus memperhatikan temperatur, cahaya, suhu dan udara yang sesuai dengan jenis tanaman yang adan pasarkan. Pilih lokasi yang dekat dari sumber air atau dapat menjangkau air untuk memudahkan proses penyiraman. Anda juga bisa memilih lokasi yang tak jauh dari pemukiman, agar orang-orang yang lewat di pinggir jalan bisa dengan mudah untuk mengenali bisnis yang anda jalankan. Luas lahan yang digunakan dapat disesuaikan dengan besar kecilnya usaha. Semakin besar skala bisnis anda maka semakin luas lahan yang anda butuhkan. Pemilihan lahan di pinggiran kota banyak dipilih mengingat harganya yang tidak semahal ditengah kota.

lokasi bisnis tanaman hias
gambar lokasi bisnis tanaman hias

2.      Menentukan Jenis Tanaman

Pilihlah tanaman hias yang sekiranya bisa dibudidayakan dengan mudah atau bisa di jangkau oleh para pelaku bisnis. Pastikan Anda sudah mengetahui karakteristik tanaman hias yang akan Anda jual sebelum di kontribusikan kepada konsumen. Tanaman hias seperti anggrek, anthurium  dan aglaonema cocok ditempatkan pada suhu yang teduh dan Hal ini berbeda dengan tanaman sukulen seperti kaktus, ademium, dan euphorbia yang membutuhkan sinar matahari langsung. Mengetahui karakteristik dan budidaya tanaman hias sangat diperlukan untuk bisa sukses di bisnis tanaman hias.

kebun tanaman anggrek
gambar kebun tanaman anggrek

3.      Merawat Tanaman

Jika sudah mengetahui karakteristik tanaman hias, pastinya anda akan merawatnya dengan baik. Agar tanaman hias lebih menarik jika di lihat, dan memiliki harga jual yang lebih tinggi. Selain tanaman terlihat indah dan sehat harga jual juga bisa lebih tinggi. Konsumen juga akan memilih dan membeli tanaman yang terlihat sehat dan sempurna dibandingkan yang terlihat layu.

wanita sedang merawat tanaman hias
gambar wanita sedang merawat tanaman hias

4.       Melakukan Promosi

Anda bisa melakukan promosi bisnis tanaman hias dengan menggunakan berbagai media agar bisnis anda semakin dikenal. Beberapa teknik promosi yang bisa anda terapkan antara lain :

·         Internet

Internet bisa menjadi alat promosi yang efektif. Setiap harinya ada puluhan bahkan ratusan juta orang yang berselancar di dunia maya. Promosi lewat internet akan menghemat waktu dan biaya promosi. Selain jangkauan yang lebih luas waktu yang dperlukan sangat singkat. Hanya dengan sekali klik maka anda bisa menjangkau seluruh dunia dalam hitungan detik.

·         Pameran dan kontes

Mengikuti pameran dan kontes yang dilakukan dikota anda atau diluar kota akan membuat bisnis anda semakin dikenal banyak orang. Pembeli bisa melihat secara langsung kualitas tanaman yang anda miliki. Hal ini tentunya akan membentuk citra positif di mata konsumen. Jika tanaman hias anda sering memenangkan kontes maka akan semakin meningkatkan nilai jual tanaman dan pamor anda pun akan semakin meningkat.

·         Mulut ke mulut

Promosi dengan cara ini sebenarnya sangat efektif dan tidak memerlukan biaya dan tenaga.  Namun agar orang mau mempromosikan anda tanpa diminta tentunya tidak mudah. Konsumen harus merasa puas dalam berbagai aspek mulai dari pelayanan, harga, kualitas tanaman, kenyamanan, dll baru mereka mau merekomendasikannya bisnis anda ke orang lain

·         Memanfaatkan media sosial

Ada banyak media sosial yang bisa anda manfaatkan untuk mengenalkan bisnis yang anda jalankan. Facebook, Instagram, Twitter, telegram, dll bisa menjadi promosi yang cukup ampuh untuk meningkatkan penjualan.

cara melakukan promosi
gambar cara melakukan promosi

5.      Resiko Bisnis Tanaman Hias

Setiap usaha tentunya memiliki resiko dan tantangan tersendiri, begitu juga dengan bisnis tanaman hias. Bisnis ini berkaitan dengan tanaman hidup yang memiliki resiko mati karena terserang hama dan penyakit atau faktor lainnya. Resiko lain yang bisa terjadi adalah pencurian tanaman terutama tanaman berharga mahal. Barang yang tidak laku dan harga tanaman yang turun saat trennya sudah lewat merupakan hal yang biasa terjadi dalam bisnis tanaman.

tanaman hias mati
gambar tanaman hias mati

Semoga tips peluang bisnis tanaman hias diatas dapat bermanfaat.  Peluang bisnis tanaman sebaiknya menggabungkan antara hobi dan bisnis agar usaha ini bisa tetap langgeng.

LihatTutupKomentar