gtag('config', 'G-K1LNF7F02J'); Potensi Wanita : 8 Karakter Alami Wanita Dalam Meningkatkan Potensi Bisnis - IDEBISNISANDA

Potensi Wanita : 8 Karakter Alami Wanita Dalam Meningkatkan Potensi Bisnis

Bagaimana menggali potensi wanita dalam bisnis ? Saat ini sudah banyak wanita yang terjun dalam dunia bisnis walaupun sekedar rutinitas.

 

potensi wanita

Idebisnisanda.com   Bagaimana menggali potensi wanita dalam bisnis ? Saat ini sudah banyak wanita yang terjun dalam dunia bisnis. Namun sayangnya masih banyak yang melakukannya hanya sebagai sebuah rutinitas. Tidak banyak yang menyadari bahwa di dalam diri setiap wanita, terdapat potensi bisnis yang menakjubkan.

Disadari atau tidak, wanita mempunyai karakter-karakter yang bisa mendukungnya dalam berbisnis. Bahkan jika bisa mengolahnya, pebisnis wanita bisa mengungguli pebisnis pria.

Di bawah ini adalah 8 karakter alami yang dimiliki wanita, yang berpotensi melejitkan dirinya dalam dunia bisnis:

1.          Wanita lebih teliti dan sabar dalam berbagai hal.

Dalam kultur budaya Indonesia, wanita sejak kecil sudah dididik dengan pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan ketelitian dan kesabaran. Memasak. Menjahit, menyulam, merajut, dsb, merupakan contoh-contoh pekerjaan yang membutuhkan ketelitian dan kesabaran. Wanita juga lebih teliti dalam hal penggunaan uang, pembelian barang, meletakkan barang-barang, dan pencatatan. Mau tidak mau, budaya ini secara tidak langsung telah membiasakan wanita untuk bersikap lebih teliti dan sabar dibanding para pria. Karakter ini merupakan pondasi yang bagus untuk manajemen sebuah bisnis.

Baca Juga : 5 usaha sampingan ibu rumah tangga

2.    Wanita mampu mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus (multi-tasking)

Walaupun hanya seorang ibu rumah tangga, tapi bukan berarti wanita tidak melakukan apa apa. Seorang ibu rumah tangga mampu mengerjakan semua pekerjaan rumah tangga sekaligus, dari mulai memasak, mencuci, menyetrika, bersih-bersih. Belum lagi tugas sebagai guru bagi anak-anaknya, mengulang pelajaran sampai membantu mengerjakan PR anak-anaknya. Bahkan tugas seorang tukang ledeng, tukang listrik, tukang cat dsb. Juga dikerjakan oleh seorang ibu. Belum lagi jika yang bersangkutan adalah pekerja kantoran. Karakter ini membentuk wanita sebagai pribadi yang mampu melakukan berbagai hal dalam waktu yang hampir bersamaan. Karakter ini jelas sangat sesuai dengan kebutuhan bisnis saat ini.

3.          Wanita lebih luwes dalam berkomunikasi

Wanita biasanya lebih punya banyak komunitas dibanding pria. Arisan, majelis taâlim, klub senam, komunitas orang tua murid, komunitas sesama hobi, dll. Banyak sekali komunitas yang menjadi ajang sosialisasi bagi wanita. Ini tidak lepas dari karakter alami wanita yang lebih luwes dalam berkomunikasi. Wanita lebih mudah mengungkapkan perasaan dan menceritakan hal-hal baru atau apapun kepada komunitasnya. Biasanya mereka lebih terbuka dalam berkomunikasi. Karakter inilah yang membuat wanita lebih luwes berkomunikasi dengan klien bisnisnya.

Baca Juga : wanita menulis buku 4 buku dengan kakinya

4.       Wanita memiliki kecenderungan mengelola keuangan dengan lebih baik

Salah satu keunggulan wanita adalah memiliki kemampuan untuk mengelola keuangan dengan baik. Wanita lebih memiliki ketelitian dan ketelatenan dalam mengurus keuangan. Lihatlah di perusahaan perusahaan ataupun organisasi organisasi, hampir semuanya menggunakan tenaga wanita untuk menangani masalah keuangan.dan administrasinya.

5.          Wanita lebih efisien dalam mengkoordinasi setiap orang

Menurut sebuah penelitian, wanita terbukti sangat bagus dalam pengorganisasian. Wanita biasanya lebih efisien dalam mengkordinasi setiap orang. Selain itu wanita juga lebih bagus dalam memprioritaskan berbagai kebijakan.

6.          Wanita cenderung berbisnis dengan hati

Pada umumnya pebisnis wanita memulai usahanya dari kesenangan atau minat pribadi, yang kemudian berkembang menjadi bisnis yang professional. Dalam perjalanan bisnis mereka, biasanya berbisnis bukan lagi untuk mempekaya diri, tapi lebih bertujuan sosial, kemanusiaan, ataupun lingkungan.

7.  Wanita mampu menyeimbangkan antara informasi dengan intuisi

Wanita biasanya memulai bisnis dengan mengedepankan informasi faktual. Namun ketika bisnisnya sudah berjalan, intuisi akan berperan lebih tinggi dalam pengambilan keputusannya.

Baca Juga : kisah menteri kelautan susi pudjiastuti

8.          Wanita memiliki keberanian mengambil resiko

Wanita seringkali dianggap kurang berani mengambil resiko dalam berbisnis karena tingkat kesabarannya yang lebih tinggi dibanding ambisinya. Namun ternyata justru wanita pebisnis itu lebih berani dalam mengambil resiko. Dengan tingkat kesabaran yang tinggi, wanita lebih mampu bertahan ketika menghadapi masalah pelik. Namun ketika ada peluang, wanita juga akan menonjolkan keambisiusannya dengan cara berani mengambil resiko.

Semoga artikel Potensi Wanita : 8 Karakter Alami Wanita Dalam Meningkatkan Potensi Bisnis dapat menginspirasi para wanita untuk lebih percaya diri dan menyadari potensi luar biasa yang ada pada setiap wanita yang ingin menjadi seorang pebisnis handal.

 

LihatTutupKomentar