gtag('config', 'G-K1LNF7F02J'); Mengulik Kisah Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti Yang Nyentrik - IDEBISNISANDA

Mengulik Kisah Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti Yang Nyentrik

Siapa yang tidak mengenal Susi Pudjiastuti? Yup, beliau merupakan Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia pada periode kepemerintahan Jokowi-JK

 

menteri kelautan susi pudjiastuti

Idebisnisanda.com - Siapa yang tidak mengenal Susi Pudjiastuti? Yup, beliau merupakan Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia pada periode kepemerintahan Jokowi-JK.  Sosok beliau yang nyentrik dengan penampilan yang lebih santai berbeda sosok pejabat pada umumnya. Tak heran apabila ia langsung menjadi sorotan ketika akhirnya menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan di Indonesia. “Tenggelamkan” menjadi semacam trade mark yang melekat  pada karisma menteri yang sangat nyentrik ini.

Awalnya, memang banyak yang meragukan kemampuan beliau karena asal usul dan latar belakang pendidikan dari Ibu Susi yang dianggap tidak berkapasitas untuk menjadi menteri. Namun lambat laun suara sumbang tersebut mulai bungkam oleh  prestasi yang beliau torehkan di bidang Perikanan Indonesia. Telah banyak kapal asing yang ditenggelamkan akibat mencuri ikan di perairan Indonesia, ketegasan beliau menegakkan aturan mendapat apresiasi positf dan sambutan hangat dari masyarakat Indonesia. Terbukti ketegasannya menurunkan pencurian ikan sebesar 25% di perairan Indonesia yang memiliki nilai ekonomis tinggi.

Baca Juga : kisah Aliki chrysochou hidup kembali

Penasaran dengan apa sih yang membuat beliau ditaksir Pak Jokowi hingga meminangnya untuk bergabung menjadi menteri di kabinet kerja saat ini?. Kami mencoba mengulik sekilas kisah dari menteri nyentrik yang satu ini.

Biodata Lengkap Menteri Susi

Sebelumnya saya akan sedikit mengulas mengenai biodata Susi Pudjiastuti, agar lebih di ketahui oleh banyak orang tentunya. Wanita bernama lengkap Susi Pudjiastuti ini lahir di Pangandaran, 15 Januari 1965. Tidak menamatkan sekolah SMA karena faktor biaya membuatnya menjadi sosok pekerja keras yang tidak ingin kalah oleh kerasnya kehidupan. Perjuangannya merintis usaha pengepul ikan dengan bermodal penjualan perhiasan miliknya sebesar 750 ribu patut diacungi jempol, usaha ini bahkan kian berkembang menjadi pabrik pengolahan ikan dan melebar menjadi bisnis pesawat .

Ia pun menjelma menjadi seorang pengusaha ternama di Pangandaran.   Sebelum menjadi menteri seperti saat ini ia lebih dikenal sebagai Presiden Direktur dari perusahaannya sendiri yaitu PT.ASI Pudjiastuti yang bergerak di bidang perikanan dan PT.ASI Pudjiastuti Aviation yang merupakan operator penerbangan Susi Air. Tahun 2012 saja perusahaan penerbangan miliknya bisa menghasilkan sekitar 300 milliar dan melayani 200 penerbangan perintis.

Meskipun bekerja atau berbisnis untuk perusahaannya sendiri. Namun ia tetap memberdayakan lingkungan sekitarnya. Terbukti dengan majunya industri perikanan di Pangandaran yang berdampak pada kesejahteraan nelayan disana. Pengalaman dan sosoknya yang pantang menyerah itulah yang membuat Pak Jokowi menilai bahwa Susi Pudjiatuti adalah sosok yang kompeten untuk menangani masalah perikanan di Indonesia.

Prestasi-Prestasi Yang telah Ditorehkan Menteri Susi Pudjiastuti

Terbukti dalam masa jabatannya hingga saat ini, Susi telah menorehkan prestasi sebagai berikut:

Selama 100 hari beliau bekerja sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, beliau berhasil menangkap puluhan kapal illegal fishing yang ada di perairan Indonesia. Yang mana sebelumnya belum pernah dilakukan di pemerintaan sebelumnya. Sekitar 14 kapal illegal fishing berhasil ditangkap. Yang mana diketahui bahwa tujuh kapal di antaranya adalah milik asing dan tujuh lainnya adalah miliki perikanan lokal yang menangkap ikan dengan cara ilegal. Tentu saja ada pro kontra terhadap itu semua, namun dampaknya saat ini ialah nelayan asing dan ilegal semakin berkurang yang artinya kekayaan perikanan di Indonesia bisa lebih dimanfaatkan untuk rakyat Indonesia itu sendiri.

Menteri Susi juga mengeluarkan Peraturan Nomor 57 Tahun 2014 yang mana melarang transshipment atau bongkar muat ikan di tengah laut. Dengan dilarangnya transshipment ini, maka pemerintah akan lebih mudah dan dapat memantau serta mengontrol hasil tangkapan ikan di laut Indonesia dan pajak diterima oleh negara. Karena Susi menilai bahwa ada banyak kapal ikan asing yang langsung membawa kabur ikan di tengah laut tanpa melalui pelabuhan, maka beliau menerbitkan peraturan tersebut. Itulah alasan terbesar Susi dalam menerbitkan peraturannya.

Baca Juga : blogger cewak berpenghasilan melimpah

Terlepas dari berbagai pro dan kontra terhadap kebijakannya, beliau tetap menjadi sosok inspiratif yang membuktikan bahwa latar belakang pendidikan yang tidak tuntas bukan halangan untuk sukses dan berkontribusi untuk Indonesia.

Pada saat beliau tidak lagi menjadi menteri kelautan dan digantikan oleh menteri baru banyak penggemar beliau seperti “ditenggelamkan” dari sebuah harapan tentang kriteria seorang pejabat yang bersih dan tegas yang ditunjukkan selama beliau menjabat. Ada begitu banyak harapan dari masyarakat agar beliau kembali kejajaran menteri untuk memperbaiki morat-marit dalam bidang kelautan.

Semoga artikel Mengulik Kisah Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti Yang Nyentrik dapat menginspirasi kita semua tentang salah satu menteri yang begitu membumi dan tampil “apa adanya” diantara pejabat yang ada “apa-apanya”. Semoga kehidupan beliau bisa memotivasi generasi muda untuk mengikuti jejaknya yang bersih dan tegas dalam mengemban tanggung jawab.

 

 

LihatTutupKomentar