gtag('config', 'G-K1LNF7F02J'); Modal Untuk Membuka Indomaret Butuh Berapa Duit? - IDEBISNISANDA

Modal Untuk Membuka Indomaret Butuh Berapa Duit?

Berapa modal untuk membuka waralaba Indomaret? Mungkin itu menjadi pertanyaan anda dalam hati melihat makin menjamurnya bisnis waralaba.

 

Modal Untuk Membuka Indomaret

Idebisnisanda.com - Berapa modal untuk membuka waralaba Indomaret? Mungkin itu menjadi pertanyaan anda dalam hati melihat makin menjamurnya bisnis waralaba. Kita dapat melihat hampir disetiap sudut kota terdapat Indomaret ataupun waralaba sejenisnya. Jika anda seorang pebisnis sejati maka anda akan menangkapnya sebagai peluang untuk menggelembungkan pundi-pundi tabungan anda. Untuk lebih jelasnya silahkan simak artikel selengkapnya dibawah ini.

Salah satu bisnis waralaba yang cukup profitable saat ini adalah usaha minimarket. Sebelum masuk lebih jauh perlu saya jelaskan bahwa waralaba (franchise) merupakan hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan dari brand produk yang sudah terkenal. artinya kita menjual produk yang memang sudah punya nama, tentu saja dalam bentuk kerjasama.

Perkembangan minimarket saat ini memang sangat pesat. Di tiap kota dan daerah kita bisa menemui minimarket. Salah satu minimarket yang menyediakan kerja sama berbentuk waralaba adalah Indomaret. Jika tertarik untuk membuka gerai Indomaret, ada baiknya untuk mengetahui apa saja modal untuk buka usaha Indomaret.

Baca Juga : franchise expo di indonesia

Menggunakan dan meneruskan konsep bisnis yang sudah ada memang menghadirkan banyak keuntungan. Salah satunya adalah tak perlu bersusah payah melakukan promosi karena produk waralaba yang dijual sudah dikenal oleh khalayak. Dengan begitu, penjualan produk waralaba bisa langsung laris manis tanpa kita harus mempromosikannya dengan intens.

Modal dan Persiapan Yang Dibutuhkan

Tertarik membeli waralaba Indomaret dan membuka usaha minimarket sendiri? Ada baiknya untuk mengetahui apa saja modal yang dibutuhkan. Ada beberapa hal yang harus disiapkan jika kita ingin membeli franchise minimarket Indomaret. Berikut ini adalah beberapa modal untuk memulai buka usaha Indomaret.

Penyiapan Lahan

Modal awal adalah mempersiapkan lahan yang akan digunakan untuk mendirikan minimarket. Pihak Indomaret sendiri mensyaratkan luas lahan yang dibutuhkan, antara 80 meter persegi hingga 150 meter persegi. Indomaret juga memberikan opsi lahan sebesar 50 meter persegi jika akan mendirikan minimarket di dalam gedung maupun rumah sakit. Kita bisa membeli lahan atau juga bisa menyewanya. Semakin luas lahannya, semakin banyak pula produk yang bisa diperjual belikan. Sangat disarankan untuk mencari lahan yang letaknya strategis dan mudah dijangkau oleh para konsumen. Jangan lupa juga untuk menyiapkan lahan parkir yang memadai.

Perijinan

Pihak Indomaret juga mengharuskan orang yang ingin membeli waralaba minimarketnya untuk memenuhi segala macam perijinan. Syarat ini memang cukup krusial karena menyangkut birokrasi yang berhubungan dengan pemerintah. Uruslah segala macam perijinan terkait sehingga ketika dilakukan survei oleh pihak Indomaret, kita bisa lolos dan dapat membeli waralaba minimarket yang bersangkutan. Berikut beberapa dokumen dan izin yang harus anda persiapkan :

Izin Mendirikan Bangunan (IMB)

Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku

Kartu Keluarga (KK)

Denah Lokasi temapt membuka Indomaret

Surat Izin Mendirikan Usaha (SIUP)

Tanda Daftar Perusahaan (TDP)

Izin Usaha Toko Modern (IUTM)

Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (STPW)

Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

Pengusaha Kena Pajak (PKP)

Perjanjian kerjasama antara pemohon dan pihak Indomaret umumnya berlaku selama 5 tahun dan apabila kedua pihak merasa saling menguntungkan maka kontrak kerjasama bisa dilanjutkan.

Baca Juga : Hukum Franchise di Indonesia seperti apa

Sarana Penunjang

Sarana penunjang atau fasilitas bisa kita tambahkan dalam rencana kita. Sebenarnya ketika kita membeli waralaba Indomaret, pihak Indomaret sudah menyiapkan berbagai macam hal penunjang seperti instalasi listrik, sistem informasi hingga penataan produk. Namun ada baiknya untuk menambahkan fasilitas-fasilitas lain agar minimarket kita beda dengan yang lain. Misalnya saja memberikan fasilitas parkir yang luas tanpa pungli alias gratis, fasilitas tempat duduk dan meja, fasilitas air panas gratis untuk konsumen, toilet hingga mushola. Semuanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan juga budget yang kita miliki. Dengan memberikan fasilitas tersebut, minimarket kita diyakini akan lebih ramai.

Total Biaya

Jika dikalkulasi secara sederhana kita membutuhkan dana berkisar antara 200 hingga 400 juta. Nominal tersebut adalah nominal yang dibayarkan untuk membeli franchise Indomaret. Harga tersebut sudah termasuk ijin promosi, penggunaan logo, instalasi pendukung dan lain-lain. Jika ditambah dengan penyediaan lahan serta penambahan fasilitas penunjang, nominalnya bisa makin besar lagi. Ada baiknya untuk benar-benar menghitung secara rinci modal keseluruhan yang dibutuhkan untuk mendirikan minimarket hasil waralaba dari Indomaret. Jika semua persyaratan dan prosedur kita jalankan serta telah mendapat persetujuan dari pihak Indomaret sebagai pemilik maka pembukaan toko siap dilakukan secepatnya.

Nah, itu tadi beberapa modal yang dibutuhkan untuk memulai buka usaha indomaret kita. Kemudahan dan keistimewaan yang ditawarkan membuat buka usaha indomaret sangat menggiurkan. Dengan mempersiapkan modal yang telah dijelaskan di atas, kita bisa langsung memulai membuka minimarket kita sendiri. Jadi, jangan pusing dan ragu lagi untuk memulai membuka usaha minimarket lewat waralaba dari indomaret.

LihatTutupKomentar