gtag('config', 'G-K1LNF7F02J'); 7 Tips Mengatur Keuangan di Usia 40 Tahun Sebelum Terlambat - IDEBISNISANDA

7 Tips Mengatur Keuangan di Usia 40 Tahun Sebelum Terlambat

Bagaimana cara mengatur keuangan yang baik saat usia telah mencapai 40 tahun? Saat Anda memasuki usia 40 tahun, tentunya ada banyak tantangan keuangan

 

tips mengatur keuangan di usia 40 tahun

Idebisnisanda.com -  Bagaimana cara mengatur keuangan yang baik saat usia telah mencapai 40 tahun? Saat Anda memasuki usia 40 tahun, tentunya ada banyak tantangan keuangan yang harus Anda hadapi. Mulai dari dana pendidikan anak, kesehatan keluarga hingga dana untuk rencana pensiun. Sebagian dari Anda mungkin saja sudah memiliki perencanaan keuangan . Nah, bagi Anda yang belum mempunyai rencana keuangan tersebut, berikut ulasan 7 tips mengatur keuangan di usia 40 tahun:

1.      Siapkan dana cadangan

Di usia ini, langkah awal yang harus Anda lakukan ialah mempersiapkan dana cadangan untuk kebutuhan kebutuhan yang tak terduga. Sebaiknya dana ini harus tersedia minimal 6 kali dari gaji Anda. Jika sudah tersedia tentunya akan membantu masalah keuangan Anda tanpa harus berhutang.

2.      Buat rencana pensiun

Jika saat ini Anda berusia 40 tahun, masih ada 20 tahun lagi untuk mempersiapkan pensiun di usia 60 tahun. Lalu bagaimana jika rencana pensiun ternyata lebih singkat, misalnya 55 tahun. Hal yang harus Anda tekankan adalah membuat dengan jelas semua rencana pensiun Anda. Mulai dari dana cadangan pensiun, kegiatan yang harus Anda lakukan serta hal lain dan pastikan juga Anda memiliki perhitungan yang tepat sesuai dengan target. Untuk itu, manfaatkan segala keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari kontrak kerja dengan perusahaan Anda serta miliki asuransi sebagai persiapan dana pensiun.

Baca Juga : 8 tips mengatur keuangan pribadi

3.      Menyelesaikan hutang

Rencana keuangan lain yang harus Anda lakukan saat memasuki usia 40 tahun adalah dengan menyelesaikan hutang hutang. Jika memungkinkan, jangan tambah lagi hutang Anda terlebih lagi hutang jangka panjang yang pelunasannya harus dilakukan meski Anda telah pensiun. Jika Anda juga memiliki utang kredit baik itu berupa pinjaman pendidikan, tagihan rumah sakit, kredit bank, cicilan mobil dan lain sebagainya, segera lakukan pelunasan utang tersebut. Hal ini sangat penting bagi Anda, jika tidak bisa dilakukan sekaligus setidaknya berusaha mengurangi hutang itu agar tidak bertambah.

4.      Segera berinvestasi

Investasi akan membantu keuangan Anda di masa mendatang. Oleh karena itu, segeralah untuk berinvestasi dengan “memutar uang “ yang Anda miliki untuk mempersiapkan masa depan Anda dan keluarga agar lebih baik. Ketika berinvestasi, lakukan dengan segala perhitungan, analisa serta keputusan yang bijak berdasarkan dengan keahlian atau pengetahuan yang Anda miliki tentang pilihan investasi yang menguntungkan. Ada banyak pilihan investasi yang bisa anda pilih sesuai dengan budget dan skill yang anda miliki seperti investasi emas, reksadana, deposito,waralaba atau bisnis toko online yang kian marak pada zaman ini.

Pilihlah investasi dengan karakter anda, semakin besar resiko investasi yang anda pilih maka peluang untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar semakin terbuka lebar. Investasi merupakan cara paling efektif untuk melipatgandakan aset yang kita miliki.

5.           Hindari Gaya Hidup Berlebihan

Lingkungan merupakan salah satu penyebab gaya hidup “hedonisme yang hanya berburu kesenangan dan kepuasan tanpa mempertimbangkan masa yang akan datang. Hindari “pergaulan” semacam ini, ini waktunya anda menyiapkan segala sesuatu untuk masa depan anda dan keluarga. Tanpa terasa waktu akan berlalu dan 10 tahun kemudian usia anda sudah mencapai ½ abad. Semakin tua usia anda maka kemampuan bekerja akan semakin berkurang yang tersisa hanya “semangat membara” namun kemampuan fisik sudah jauh menurun.

Baca Juga : panduan memilih reksadana yang tepat

6.           Evaluasi Hidup Anda

Usia 40 tahun boleh dikategorikan usia matang dimana kita telah belajar cukup banyak tentang hidup dan memiliki pengalaman yang cukup untuk mengevaluasi hidup kita apakah sudah sesuai dengan ekspektasi kita dimasa kecil. Kita bisa melihat keadaan sekeliling kita apakah aset  yang telah dimiliki ketika umur 40 tahun baik aset dalam bentuk harta benda, skill, dll. Apakah sudah semakin baik atau justru mengalami kemerosotan? Jika jawabannya sudah menunjukkan hasil yang memuaskan maka anda tinggal mempertahankan dan mengembangkannya agar lebih baik lagi tetapi jika sebaliknya hidup kita semakin “terpuruk” maka kita perlu mengevaluasi kembali apa yang mesti diperbaiki. Masih ada waktu dan tenaga yang cukup untuk memperbaiki keadaan menjadi lebih baik.

7.           Menjaga Kesahatan

Sering mendengar kata bijak bahwa “kesehatan adalah harta paling berharga”? Orang-orang yang pernah mengeluarkan uang untuk berobat kesana kemari hingga menghabiskan ratusan hingga milliaran rupiah pasti setuju dengan pernyataan diatas, bahkan tidak sedikit yang menghabiskan seluruh hartanya untuk sembuh dan akhirnya bangkrut. Apalah artinya anda bekerja siang dan malam jika akhirnya harus berakhir degan tragis. Usia 40 merupakan masa pearalihan dari dewasa menjadi orang tua yang sesungguhnya oleh sebab itu ada baiknya anda juga berinvestasi untuk kesehatan anda dengan mulai berolahraga secara teratur, makan 4 sehat 5 sempurna, dan tentunya pola hidup yang sehat.

Semoga 7 Tips Mengatur Keuangan di Usia 40 Tahun Sebelum Terlambat  diatas dapat bermanfaat dan membantu anda mengetahui apa yang harus dilakukan seseorang ketika memasuki usia 40 tahun.

LihatTutupKomentar