gtag('config', 'G-K1LNF7F02J'); Strategi Pemasaran Gratis Memanfaatkan Blog - IDEBISNISANDA

Strategi Pemasaran Gratis Memanfaatkan Blog

Blog! apakah blog bisa digunakan sebagai pemasaran gratis untuk bisnis ? Blog bisa menjadi media promosi bagi bisnis yang sedang anda jalankan

 Strategi Pemasaran Gratis Memanfaatkan Blog

Idebisnisanda.com - Blog! apakah blog bisa digunakan sebagai pemasaran gratis untuk bisnis ? Saat ini konsumen maupun produsen sangat dimanjakan dengan adanya sosial media dan situs-situs jual beli yang sangat menjamur di dunia maya. Namun jika anda pelaku UKM yang masih merasa bahwa situs-situs jual beli maupun sosial media kurang dalam memasarkan produk anda, ada baiknya jika anda menambahkan blog sebagai media promosi anda.

Sebelum anda membuat blog sebaiknya anda mengenal SEO dan cara memanfaatkannya, agar blog pemasaran anda muncul di halaman pertama mesin pencari dunia maya. SEO adalah sebuah singkatan dari Search Engine Optimization.

SEO sudah terkenal bagi para blogger sebagai suatu cara agar blog yang mereka buat langsung terpampang di halaman pertama mesin pencari saat ada seseorang mengetikkan kata kunci yang ditargetkan oleh blogger di kolom pencari.

Jika situs blog anda muncul di halaman pertama tentu langsung menarik minat konsumen, maka traffic blog anda semakin meningkat dan tautan blog serta produk anda akan semakin dikenal banyak orang.

Baca Juga : Plus Minus Pemasaran Online

Inilah cara sederhana memasarkan produk melalui blog SEO:

Buatlah HTML sederhana untuk blog anda. Tidak perlu anda tambahkan Javascript yang ruwet ke dalam blog karena mesin pencari tidak mampu membaca Javascript. Begitu juga dengan menu image link yang hanya akan menambah beban bandwidth saat membuka link anda. Jika blog anda susah dibuka oleh konsumen alhasil konsumen tersebut akan menyerah dan lebih memilih mencari blog lain.

Buatlah suatu artikel yang berkualitas di blog anda. Jika blog yang anda buat khusus untuk memasarkan suatu produk, buatlah artikel mengenai produk tersebut berdasarkan fakta yang mampu dipertanggungjawabkan. Orang akan lebih tertarik membaca jika dirasa ada informasi baru bagi mereka, alhasil traffic blog anda akan meningkat.

Buatlah kata kunci yang unik dan ada kaitannya dengan judul artikel yang anda buat dan tidak perlu berlebihan dalam menentukan kata kunci.

Luangkan waktu anda untuk selalu membuat artikel baru dalam blog anda. Mesin pencari akan lebih dulu mencari artikel terbaru dibanding artikel-artikel yang lama dibuat.

Bersosialisasilah dengan blogger lain. Anda bisa mencari blog sejenis dengan blog anda yang memiliki traffic tinggi, sesekali beri komentar di artikel mereka sampai mereka kenal anda lalu mintalah ijin untuk mencantumkan tautan blog anda di kolom komentar mereka. Jika sudah kenal akrab biasanya para blogger akan memberikan tautan blog terkait di banner blog.

Baca Juga : Keuntungan Pemasaran Online Bagi Bisnis Anda

Cara meningkatkan jumlah pelanggan melalui dunia maya:

Buatlah kuis berhadiah atau sekedar giveaway dalam jangka waktu tertentu. Produk yang anda bagikan sebagai hadiah merupakan ajang perkenalan agar brand anda lebih dikenal banyak orang.

Buatlah email, social media atau nomer telepon yang bisa dihubungi untuk komunikasi antara anda dan konsumen. Pisahkan antara akun dan nomer telepon pribadi dengan akun dan nomer telpon khusus transaksi agar anda tidak bingung.

Mintalah testimony dari konsumen anda dan cantumkan di blog anda ataupun di sosial media. Minta kesediaan mereka mencantumkan nama terang dan alamat agar keabsahan testimony jelas.

LihatTutupKomentar