gtag('config', 'G-K1LNF7F02J'); 5 Alat Promosi Milik Google Untuk Usaha Anda - IDEBISNISANDA

5 Alat Promosi Milik Google Untuk Usaha Anda

Google adalah salah satu perusahan internasional yang menyediakan layanan gratis dan berbayar yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis

 5 Alat Promosi Milik Google Untuk Usaha Anda

IDEBISNISANDA.COM - Media sosial yang banyak bertebaran di internet telah membuat satu perubahan yang signifikan terhadap pola interaksi manusia dalam berkomunikasi. Hal itu juga berimbas ke dunia bisnis akibat tuntutan jaman yang mengharuskan untuk efisiensi biaya dan waktu.

Google adalah salah satu perusahan internasional yang menyediakan layanan gratis dan berbayar yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis untuk memaksimalkan pemasaran. Saya yakin anda sudah tidak asing dengan Google yang pada awal berdiri lebih dikenal sebagai mesin pencari favorit. Nah untuk lebih mengenal beberapa layanan Google terutama yang bermanfaat untuk bisnis anda silakan pelajari beberapa layanan Google di bawah ini.

Google AdWord

Salah satu layanan berbayar yang banyak dimanfaatkan pelaku bisnis perorangan maupun perusahaan besar guna memasarkan produk-produknya. Layanan iklan online ini sangat diminati karena Google sebagai pemilik telah menguasai secara global terhadap penggunaan mesin pencari. Pemasaran produk dalam bentuk iklan teks maupun gambar tidak hanya terlihat di halaman mesin pencari Google, tetapi juga tersebar di banyak website serta blog rekanan Google (publisher). Iklan yang ditayangkan itu berpotensi besar mendatangkan pelanggan potensial untuk memanfaatkan produk yang anda tawarkan.

Google+ Sebagai Alat Promosi (sudah tidak tersedia)

Setelah Facebook menjadi kekuatan tak terbendung untuk pemasaran produk Google rupanya juga masuk menjadi kompetitor dengan memunculkan versi yang agak berbeda walau mirip. Google Plus atau G+ sebagai media sosial besutan Google masuk dalam pertarungan layanan media sosial dan berusaha memberikan kelebihan dibandingkan dengan kompetitornya yaitu Facebook. Anda dapat berbagi tautan, foto, video, dan melakukan promosi dengan pelanggan secara cepat dan tepat.

Berbagai informasi mengenai produk anda yang dikemas sedemikian rupa yang dimunculkan di Google Plus dapat dilihat oleh publik secara luas sehingga mereka dapat menemukan beberapa hal yang bermanfaat. Sebagai pelengkap Anda dapat menggunakan fitur Circles untuk menyampaikan pesan tertentu kepada orang-orang yang ada di dalam “lingkaran” pertemanan anda. Selain itu ada fasilitas chatting yang dilengkapi dengan video streaming sehingga bisa dimanfaatkan untuk melakukan komunikasi dua arah dengan pelanggan potensial yang menjadi target anda. Sayangnya layanan ini telah ditutup pada 2 April 2019 yang lalu.

Google Analytics Sebagai Sumber Analisa Pemasaran

Setiap usaha untuk memasarkan suatu produk akan dibutuhkan banyak analisa agar bisa mengetahui pasar secara akurat. Salah satu alat yang bisa dipergunakan untuk menganalisa pemasaran online salah satunya adalah Google Analytics. Beberapa fitur didalam Google Analytics dapat digunakan sebagai rujukan atau sumber analisa terhadap pemasaran online bisnis anda. Layanan ini lebih dimanfaatkan untuk website guna mengetahui statistik pengunjung yang terbagi dari wilayah, akses internet yang dipakai, kata kunci produk, perangkat pengakses situs, dan masih banyak lagi lainnya.

Google Keyword Planner

Bagi orang-orang yang berkecimpung di dunia pembangunan website pasti sudah tidak asing dengan produk google satu ini. Alat ini berguna untuk memilih kata kunci yang banyak dicari oleh orang sehingga jika di gunakan untuk bahan pembuatan tulisan website akan mudah muncul di peringkat atas pada mesin pencari. Prediksi kata kunci yang potensial bisa dilihat dari jumlah pencarian pada kisaran waktu tertentu, Persaingan penggunaan kata kunci, kata kunci turunan, dan masih banyak lagi. Sebuah website yang bisa muncul di halaman pertama pencarian dengan variasi kata kunci maka potensi keuntungan yang bisa didapatkan akan semakin besar.

Tombol +1 Untuk Website Anda

Tombol ini mirip seperti Facebook Like dan memang fungsinya sama sebagai penyebar informasi yang disukai oleh pengunjung. Dengan memencet tombol +1 ini secara otomatis informasi yang ada di halaman website tersebut akan ditayangkan di halaman Google Plus pengunjung itu. Ini sangat berguna sebagai cara pemasaran tak langsung yang dilakukan oleh pengunjung website yang punya tujuan ingin berbagi informasi dengan orang lain terutama yang terhubung dengan jaringan pertemanannya si orang itu.

Itulah 5 layanan google yang banyak digunakan orang sampai saat ini, memang ada produk lainnya lagi tetapi yang punya potensi lebih dalam usaha meraih sukses di bidang pemasaran adalah yang telah ditulis diatas itu.

LihatTutupKomentar