gtag('config', 'G-K1LNF7F02J'); Kesederhanaan Membawa Kebahagiaan - IDEBISNISANDA

Kesederhanaan Membawa Kebahagiaan

Apakah kesederhaan bisa membawa kebahagiaan ? Ada banyak faktor yang bisa membawa kebahagiaan terhadap hidup seseorang.

 Kesederhanaan Membawa Kebahagiaan

Idebisnisanda.com -  Apakah kesederhaan bisa membawa kebahagiaan ? Ada banyak faktor yang bisa membawa kebahagiaan terhadap hidup seseorang. “Yesterday is history, tomorrow is a mystery, today is God’s gift, that’s why we call it the present.” – Joan Rivers. Tahun lalu bukanlah tahun yang baik bagi saya. Ya, saya belajar banyak dalam tahun tahun yang telah berlalu dalam hidup saya, tetapi kebanyakan melalui pengalaman dan kenangan yang buruk. Oleh karena itu, di penghujung tahun ini saya mendedikasikan banyak waktu untuk memastikan tahun depan merupakan tahun yang lebih baik, dan saya menemukan resolusi yang sederhana

Sudah 11 hari memasuki tahun baru, dan tahun ini sudah memiliki naik turunnya sendiri. Jumat kemarin, saya mengambil waktu untuk merefleksikan hidup saya. Saya sadar betapa rumitnya otak saya dalam beberapa bulan terakhir, dan bagaimana saya akan lebih bahagia jika saya dapat bersyukur atas apa yang saya hadapi sekarang daripada berusaha untuk mengubah masa depan.

Baru baru ini seorang teman bercerita mengenai “The Holstee Manifesto” dan betapa dia menyukainya. Saya sendiri merasa bahwa saya memerlukan manifesto sendiri, yang datang dari hati saya. Maka inilah manifesto saya, yang merupakan hasil dari refleksi saya. Saya menyebutnya “The simplify to happify manifesto”.

1. Temukan tujuan hidupmu.

Rumuskan tujuan hidupmu. Tujuan hidupmu akan membantu kamu memutuskan jalan yang kamu harus pilih ketika kamu berada dalam kebingungan. Tujuan hidupmu akan menjadi kompas bagimu ketika kamu tersesat. Tujuan hidupmu akan menjadi terang ketika hidupmu terasa gelap.

2. Ingat, bahwa action adalah kuncinya.

Jika merencanakan tujuan hidup adalah sebuah mobil, maka betul-betul mengaplikasikannya adalah kunci untuk menyalakan mobil tersebut. Sebuah mobil tanpa kunci tidak akan dapat berjalan. Jangan takut untuk bertindak.

Baca Juga : Kebahagiaan Dalam Kebebasan

3. Kita tidak dapat membuat segalanya sempurna.

Kita akan menemui hari-hari buruk. Bersyukurlah ketika hal itu terjadi. Biarkan hal itu terjadi. Jika hari ini merupakan hari buruk, lakukan hal yang kamu sukai. Minumlah secangkir kopi. Teleponlah seorang teman dan ajak mereka untuk bersenang senang. Tontonlah sebuah film. Pakai headset kamu dan dengarkan lagu favorit kamu. Atau yang lebih sederhana : tidurlah.

4. Selesaikan masalahmu sekarang.

Menunggu hari esok untuk menyelesaikan masalahmu hanya akan membuat kamu menjadi stress. Jika kamu punya masalah, selesaikan sekarang juga. Makin cepat kita menyelesaikannya, semakin jernih pikiran kita.

5. Jika kamu menghadapi masalah yang tidak dapat kamu hadapi atau kamu kontrol, ingat bahwa ada kekuatan yang lebih besar daripada kamu.

Kadang ketika ada masalah, kita tidak dapat melakukan apa-apa. Itulah saat dimana kita mengubah semua ekspektasi kita menjadi harapan. Saya adalah seorang katolik, maka saya akan berlutut dan berdoa. Berdoa bahwa Tuhan akan memberikan saya kekuatan dan kerelaan. Kekuatan untuk melakukan yang dapat saya usahakan untuk menyelesaikan masalah, dan kerelaan untuk menerima hasilnya : baik atau buruk.

Baca Juga : Cara Menjadi Berkat Bagi Orang Lain

6. Jika ada orang yang membuat kamu kesal, ingat poin 3.

Terkadang orang melakukan hal-hal yang membuat kita kesal. Beberapa orang selalu melakukannya setiap kali kita bertemu mereka. Dapatkah kita mengubah mereka? Kita tentu dapat melakukannya, tapi mari kita buat lebih sederhana : let go and move on with our life.

7. Jika kamu membuat sebuah kesalahan, minta maaf dan jangan mengulanginya.

Tidak ada orang yang sempurna. Itulah apa yang dikatakan seorang teman kepada saya ketika saya menceritakan mengenai betapa mengecewakannya saya untuk sebuah periode tertentu. Akan ada masanya dimana orang lain tidak menerima permintaan maaf kita. Jika kamu telah melakukannya dengan tulus, ingatlah point 3.

8. Jika orang lain berbuat salah, maafkanlah mereka.

Sekali lagi, tidak ada orang yang sempurna. Itu juga berarti pegawai kamu, bos kamu, partner kamu, keluarga kamu, teman-teman kamu, bahkan belahan hati kamu dapat berbuat kesalahan. Maafkan mereka, sebelum mereka minta maaf. Menyimpan dendam hanya akan mengganggu pikiran kita, bukan pikiran mereka.

Baca Juga : 10 Film Yang Bisa Menginspirasi  Hidup Anda

9. Pengalaman lebih berharga daripada barang.

Ketika kamu akan mengeluarkan uang, pikirkan pengalaman apa yang akan kamu dapatkan. Baru baru ini, saya membaca sebuah riset yang menyebutkan bahwa manusia akan lebih puas ketika mereka membeli pengalaman daripada membeli barang. Sebagai contoh, sebuah perjalanan mendaki gunung dapat lebih memuaskan daripada membeli sebuah BMW. Kamu dapat menentangnya, tetapi riset itu benar-benar ada.

Dalam interpretasi saya, itu tidak berarti kita tidak perlu membeli barang apapun. Kita hanya perlu berpikir pengalaman apa yang akan kita dapatkan dari pembelian tersebut. Sebagai contoh, ketika membeli sebuah pakaian yang nyaman, pikirkan mengenai kenyamanan yang akan kamu dapatkan ketika menggunakannya. Dalam kasus ekstrim, saya membayangkan membeli pengalaman yang nyaman di kantor, bukan membeli sebuah pakaian.

10. Pergi travelling lebih sering. Tontonlah lebih banyak film. Dengarkan lebih banyak musik. Makan lebih banyak makanan. Minum lebih banyak minuman.

Penjelasan panjang di point 9 sebenarnya menuju pada kesimpulan ini. Kamu akan menjadi lebih bahagia ketika kamu membeli sebuah tiket perjalanan daripada membeli printer mahal itu yang akan jarang kamu gunakan.

Baca Juga : 5 Tips Menghadapi Kelemahan Diri Kita

11. Cari lebih banyak teman, dan tetaplah dekat dengan teman-temanmu.

Teman sangatlah berharga. Mereka mengalihkan kamu dari masalah kamu. Mereka memberikan kamu semangat untuk maju ke depan. Mereka membantu kamu ketika kamu membutuhkan mereka.

12. Bantulah orang lain. Itu akan membuat kamu merasa terberkati

Merasa hidup kamu datar-datar saja? Jawablah “YA” ketika seorang teman meminta pertolonganmu. Rasakan berkat yang mengalir kepadamu ketika kamu melihat wajah bahagia mereka.

13. Bekerjalah dengan keras dan Bersyukurlah.

Bekerja keras dan bersyukur adalah dua hal berbeda, tetapi perlu diletakkan dalam satu poin. Bekerja keras dapat berujung pada stress dan kegelapan, kecuali jika kamu dapat merasa bersyukur atas apa yang kamu miliki. Sebaliknya, riset membuktikan bahwa orang yang bersyukur biasanya bekerja lebih keras daripada mereka yang tidak bersyukur.

Semoga artikel Kesederhanaan Membawa Kebahagiaan dapat menginspirasi anda semua.

 

LihatTutupKomentar