gtag('config', 'G-K1LNF7F02J'); Kebahagiaan Dalam Kebebasan - IDEBISNISANDA

Kebahagiaan Dalam Kebebasan

Kebahagiaan Dalam Kebebasan, apa maksud dari kalimat ini ? Banyak orang berusaha mencari kebahagiaan dengan caranya sendiri meski tidak semuanya benar

Kebahagiaan Dalam Kebebasan

Idebisnisanda.com - Kebahagiaan dalam kebebasan, apa maksud dari kalimat ini ? Banyak orang berusaha mencari kebahagiaan dengan caranya sendiri meski tidak semuanya benar. Saya punya resolusi tahun baru yang sangat sederhana : “happier”. Oleh karena itu, saya mencari kesana kemari mengenai cara untuk menjadi lebih bahagia.  Apakah anda juga salah satu orang yang berusaha mencari kebahagiaan ?

Belakangan ini saya merenungkan faktor lain yang dapat membuat kita bahagia : Kebebasan. Hal ini saya pelajari ,salah satunya dari buku yang saya baca, “The Creativity Cure”, dan juga berbagai blog di internet yang bercerita tentang kebahagiaan.

Kebebasan seperti apa yang membuat kita bahagia?

1. Kebebasan dari keterikatan kita dengan uang.

Apakah kamu merasa tidak bahagia jika tidak punya uang banyak? Jika jawabannya adalah ya, berarti ada sesuatu yang salah. “The best thing in life is free”, seperti tertawa, tersenyum, dan saling mencintai.

Mari belajar untuk melepaskan keterikatan kita dengan uang. Belajar untuk mengatakan cukup terhadap apa yang kita miliki, dan jangan berharap kepada kekayaan.

Hal ini bukan berarti kita harus berhenti bekerja dan menjadi tim tawa di acara lawak. Hal ini berarti jangan sampai karena kita tidak punya banyak uang, kita menjadi cemberut, bete, dan marah-marah tanpa alasan yang jelas. Tetapi tetaplah tersenyum, meskipun kamu belum mendapatkan uang.

Selalu ada alasan untuk bahagia selain kekayaan.

Baca juga : 5 Tips Menghadapi Kelemahan Diri Kita

2. Kebebasan dari ambisi pribadi.

Ambisi dapat membuat kita sukses, tapi jika tidak dikontrol malah dapat menjadi batu sandungan.

I learned this one the hard way. Sebagai anak muda, saya punya ambisi. Saya haus akan acknowledgement dari orang lain. Saya haus akan sanjungan dari orang lain, dan saya berambisi menjadi orang sukses nan hebat sehingga semua orang menyangjung saya.

Saya terikat dengan ambisi tersebut, sehingga ketika ada satu orang saja yang tidak menyanjung saya, saya akan merasa jatuh dan merasa kesal. Pokoknya jauh dari bahagia.

Untuk mendapatkan kebahagiaan, saya perlu membebaskan diri dari keterikatan dengan ambisi saya. Saya harus belajar mengontrol ambisi saya ini dengan baik, sehingga mengarah kepada sesuatu yang positif.

Saya harus lepas dari pikiran “Saya bahagia jika saya disanjung orang”. Karena itu salah besar. Saya harusnya bahagia meskipun tidak disanjung orang.  Saya terlahir bahagia. Saya diciptakan Tuhan untuk bahagia.

Baca Juga : 13 Kata Motivasi Yang Bisa Merubah Hidup Anda

3. Kebebasan dari ikatan dengan orang lain.

Kebebasan itu diberikan Tuhan kepada setiap manusia. Kita berhak untuk menjadi bahagia. Jangan sampai ada orang lain yang merenggut kebahagiaan anda itu.

Untuk bebas dari ikatan dengan orang lain tidaklah mudah. Jika ada orang yang membuat kita marah, seringkali kita merasa kesal dan baru akan bahagia jika orang tersebut meminta maaf kepada kita. Padahal hal tersebut menyulitkan diri kita sendiri. Kita berhak untuk menjadi bahagia, meskipun orang tersebut tidak meminta maaf. Lagipula, apakah worth it mengorbankan kebahagiaan kita karena orang tersebut?

Tidak hanya jika saat ada orang membuat kita marah, orang lain juga dapat mempengaruhi kebahagiaan kita saat orang lain tersebut begitu kita puja. Terkadang, kita baru akan merasa bahagia jika pacar kita atau orang lain membelikan kita kado, atau membuat kita tertawa. Well, kebahagiaan itu berada di tangan kita sendiri. Setiap orang berhak akan kebebasan. Jadi, meskipun orang yang kamu cintai di rumah sedang tidak dapat membuat kamu tersenyum, tetaplah bahagia. Bahkan akan lebih baik lagi jika kita yang lebih dahulu tersenyum. Mungkin karena pakaian yang mereka pakai kebesaran, atau hal kecil lainnya yang selalu ada di sekitar kita untuk membuat kita tersenyum.

Baca Juga : 3 Hal Penting Dalam Hidup Anda

4. Kebebasan dari pikiran negatif

Seringkali kita merasa cemas akan sesuatu yang sesungguhnya tidak akan terjadi. Seringkali kita terfokus akan sebuah pikiran negatif, yang menghalangi kita dari kenikmatan yang ditawarkan oleh lingkungan sekitar kita saat ini.

Untuk dapat bahagia, kita perlu terbebas dari semua pikiran-pikiran tersebut. Kita harus berpikir positif, karena hidup ini begitu indah, dan ada banyak hal di sekeliling kita yang dapat kita syukuri, daripada berpikir tentang hal hal negatif.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperoleh kebebasan dari pikiran negatif, di antaranya dengan berdoa, berolahraga, dan latihan bermeditasi..

Kesimpulannya : Hidup itu terlalu indah untuk dijalani dengan ketidakbahagiaan. Bebaskan dirimu dari semua belenggu dan ikatan yang membuat kamu tidak bahagia.

LihatTutupKomentar