gtag('config', 'G-K1LNF7F02J'); 7 Manfaat Uang Koin Yang Sering Dipandang Remeh - IDEBISNISANDA

7 Manfaat Uang Koin Yang Sering Dipandang Remeh

manfaat uang koin mu ngkin banyak tidak diketahui oleh sebagian orang padahal ada sejumlah hal positif dari uang koin

 

manfaat uang koin

Idebisnisanda.com - Mungkin kita pernah melihat berita seseorang yang membeli sebuah mobil seharga 1 milliar menggunakan uang koin  dan berita tersebut sempat viral. Apakah anda juga ingin mengikuti jejak orang tersebut dengan mengumpulkan uang koin? Manfaat menabung uang koin jangan dianggap remeh karena dengan konsistensi kita dapat mewujudkan beberapa impian kita dengan rutin menabung uang koin. Untuk mengetahui apa saja kegunaan uang koin bisa kita simak pada ulasan selengkapnya dibawah ini.

7 Manfaat Uang Koin Yang Perlu Anda Tahu

Suka ngumpulin uang recehan koin? Jika ya, anda patut diacungi jempol. Uang koin sering didapatkan saat menerima kembalian saat berbelanja. Kebanyakan orang merasa ribet dengan uang koin, dan sering membuat anda tidak peduli ketika uang tersebut tercecer dan hilang. Meskipun nilai setiap uang koin tidak terlalu besar, koin tetap membantu dalam manajemen keuangan kita sehari-hari. Bahkan mungkin manfaatnya tidak terbayangkan oleh anda. Berikut manfaat uang koin yang perlu anda ketahui:

1.       Mendisiplinkan diri dan membuat anda teliti

Saat mulai menerima banyak uang receh kembalian, luangkan waktu sedikit untuk memilah-milah recehan tersebut. Hal ini mempermudah anda untuk menghitung jumlah uang receh yang telah dikumpulkan. Kalau koin banyak, Anda akan terlatih untuk menjadi disiplin memisahkan uang kecil dan besar serta menyimpannya dengan rapi. Selain ditabung koin ini juga bisa anda simpan untuk berbelanja kebutuhan dengan nominal yang kecil.

celengan koin Drum
gambar celengan koin drum

2.       Bisa menambah tabungan lumayan buat tambahan cicilan rumah

Pernah dengar peribahasa “sedikit-sedikit lama lama jadi bukit”? Nah, peribahasa tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk uang receh. Sekarang coba anda bayangkan kasus berikut ini. Misalkan anda menerima koin receh kembalian setiap hari sebesar Rp1.000. Dalam 1 bulan atau 30 hari, anda akan mengumpulkan Rp30 ribu. Berapa jumlahnya dalam 1 tahun? Ya, jumlahnya akan menggunung menjadi Rp365 ribu. Jumlah yang lumayan, bukan? Lumayan lah, buat bayar pajak tahunan motor atau membeli keperluan sekolah buat anak-anak.

uang koin untuk cicil rumah
gambar uang koin untuk cicil rumah

Meskipun jelas tidak sebesar tambahan dari menabung dengan cara menyisihkan gaji, uang receh tetap berguna untuk mempercepat pengisian tabungan. Kalau anda sedang menabung untuk membeli mobil impian atau memulai usaha, berhemat dalam pengeluaran sehari-hari dan mengumpulkan receh merupakan salah satu cara yang cerdas untuk mempercepat pengumpulan tabungan tersebut.

3.    Bisa ditukar menjadi uang kertas menjadi uang besar

Pengusaha kecil seperti pemilik warteg, koperasi, atau minimarket membutuhkan koin receh untuk kembalian. Kalau mereka sering “membulatkan” harga dan tidak memberikan kembalian kepada pelanggan, bisa-bisa mereka akan ditinggalkan karena dianggap “curang” oleh para pelanggan. Jadi, jangan malu untuk menukar sekarung uang koin di warteg atau warung langganan anda. Bisa juga anda taruh saja di mobil, buat bayar tukang parkir sama kasih pak Ogah.

uang kertas
gambar uang kertas

4. Dapat digunakan untuk donasi atau sedekah kepada yang         membutuhkan/memberi sedekah

Ada banyak orang yang membutuhkan uang sekecil apapun di sekitar kita. Anda bisa menggunakan koin-koin receh tersebut untuk membantu mereka yang membutuhkan uang tersebut. Sayang bukan daripada koin receh tersebut hilang, lebih baik disisihkan bagi yang kurang mampu dan lebih membutuhkan.

uang koin sebagai sedekah
gambar uang koin sebagai sedekah

5.  Manfaatkan sebagai alat pembelajaran keuangan bagi anak menabung sejak dini

Salah satu hal bijak yang bisa anda lakukan dengan uang receh adalah menjadikannya media untuk mengajari anak-anak menabung. Kalau anda punya anak, adik, atau keponakan yang masih kecil, ajari dia menabung dengan koin receh untuk disimpan di celengan. Prinsip menabung lebih baik diajarkan sejak dini kepada anak-anak karena pastinya akan membantu si anak di kemudian hari. Anda juga bisa gunakan uang receh sebagai hadiah jika anak tersebut membantu, misalnya melakukan pekerjaan rumah ringan.

anak belajar menabung
gambar anak belajar menabung

6.     Bisa Menjadi Koleksi Benda Antik

Uang koin yang sudah tidak berlaku dan menjadi “benda antik” ternyata memiliki nilai yang sangat tinggi dibandingkan nilai yang tertera pada koin tersebut. Ada beberapa jenis uang koin yang bahkan bernilai hingga puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Harga koin antik tergantung dari tingkat kelangkaan uang tersebut. Salah satu yang dicari kolektor adalah uang koin ayam tahun 1020.

uang koin ayam  tahun 1020
gambar uang koin ayam  tahun 1020

7.     Menjadi Alat Kerokan

Uang koin menjadi salah satu cara tradisional yang masih digunakan masyarakat Indonesia saat masuk angin atau merasa kurang fit. Hanya bermodalkan uang koin dan minyak gosok anda sudah bisa beraksi dengan membuat berbagai bentuk kerokan yang unik dan berkhasiat.

uang koin untuk kerokan
gambar uang koin untuk kerokan

Dengan membaca artikel yang sederhana ini, mulai sekarang jangan memandang sebelah mata uang logam yang kita dapat. Gemar menabung sejak dini, hemat dan tidak boros membuat anda juga bisa menjadi salah satu orang kaya.

LihatTutupKomentar