gtag('config', 'G-K1LNF7F02J'); 7 Jenis Jenis Usaha Waralaba Yang Banyak Diminati Investor - IDEBISNISANDA

7 Jenis Jenis Usaha Waralaba Yang Banyak Diminati Investor

Apa saja jenis-jenis usaha waralaba? Saat ini mungkin sedang melirik bisnis waralaba sebagai instrumen investasi

 

jenis jenis usaha waralaba

Idebisnisanda.com - Apa saja jenis-jenis usaha waralaba? Saat ini mungkin sedang melirik bisnis waralaba sebagai instrumen investasi. Sistem waralaba dapat diterapkan dalam berbagai jenis usaha, baik di bidang jasa maupun di bidang produksi. Namun bagi para investor ada banyak jenis jenis usaha waralaba yang bisa dilirik sebagai peluang bisnis menarik. Artikel kali ini akan mengulas beberapa jenis bisnis waralaba yang mungkin menarik minat anda untuk berinvestasi.

Bisnis Waralaba dapat dilakukan oleh siapa saja yang siap berbisnis dan punya kesiapan modal. Pada umumnya, pelaku bisnis waralaba adalah seseorang yang tertarik dengan produk bisnis tertentu yang sudah laris-manis di pasaran. Kemudian setelah mengetahui besarnya omset yang diperoleh lalu tertarik untuk menjalankan waralaba produk tersebut.

Selain itu, waralaba juga lebih dipilih karena seseorang tidak perlu repot untuk memikirkan konsep bisnis dan menyiapkan segala produk yang hendak dijual. Asal ada modal yang sesuai, maka sudah cukup untuk bisa menjalankan kerjasama bisnis dengan konsep waralaba tersebut.

Jenis jenis Usaha waralaba

Jika Anda tertarik untuk menjalankan bisnis seperti waralaba maka sebaiknya mengetahui terlebih dahulu waralaba apa saja yang bisa anda pilih sebagai salah satu bidang bisnis anda. Berikut beberapa jenis jenis usaha waralaba yang bisa kita pilih antara lain :

1.       Bisnis Waralaba di Bidang Kuliner

Berbicara mengenai bisnis waralaba di bidang kuliner, maka umumnya terbagi menjadi dua bagian yaitu makanan dan minuman.

Waralaba Makanan

Waralaba di bidang makanan yang paling banyak diminati oleh investor antara lain ayam goreng crispy, mie ayam, bubur ayam, bakmi, dll. Jenis-jenis waralaba di bidang makanan tersebut paling banyak diminati oleh investor. Untuk investor yang memiliki modal lebih besar bisa melirik waralaba dibidang restoran, kedai kopi, atau restoran siap saji.

Salah satu jenis kuliner yang banyak ditemukan di berbagai sudut kota adalah ayam goreng crispy. Ayam goreng crispy adalah salah satu makanan yang terbuat dari daging ayam yang digoreng dengan tepung hingga kulitnya menjadi renyah dan garing. Makanan ini biasanya disajikan dengan saus sambal atau saus lainnya, seperti saus kecap, saus mentega, atau saus pedas. Ayam goreng crispy sering dijual di kedai kuliner, restoran, atau gerai makanan cepat saji. Selain enak, ayam goreng crispy juga mudah dibuat dan bisa menjadi pilihan makanan yang cocok untuk berbagai acara, seperti kumpul bersama keluarga atau teman-teman, atau sebagai camilan di luar rumah.

Menu kuliner lain yang tidak kalah banyak peminatnya adalah mie ayam. Mie ayam adalah salah satu jenis makanan yang terbuat dari mi basah yang dicampur dengan daging ayam dan sayuran, seperti sawi, bakso, dll. Makanan ini biasanya disajikan dalam sebuah mangkuk atau wadah, dan disiram dengan kuah yang terbuat dari kaldu ayam dan bumbu-bumbu yang dicampurkan sedemikian rupa untuk memberikan rasa yang enak dan gurih. Pembuatannya yang cukup praktis membuat pelanggan tidak perlu waktu lama untuk menyantapnya.

Tentunya masih banyak jenis waralaba kuliner lainnya yang bisa anda cari dan temukan lewat google ataupun majalah bisnis sebagai bahan pertimbangan sebelum memutuskan terjun ke bisnis waralaba.

Bisnis Waralaba Minuman

Waralaba di bidang minuman yang paling banyak diminati adalah kopi,  es teh, es krim, jus buah, dan masih banyak jenis minuman lainnya yang menggugah selera. Saat ini kita dengan mudah menemukan berbagai jenis usaha minuman baik berbentuk waralaba maupun perorangan yang tersebar diberbagai sudut kota.

Beberapa contoh waralaba kuliner yang terkenal di Indonesia adalah:

Ayam Bakar Cianjur, Bakso Boedjangan, Bakmi GM, Geprek Bensu, Sate Khas Senayan, Warung Tekko, Es Teler 77, Pempek Palembang, Soto Betawi H.M. Saiful Bahri, dll.

Semua contoh waralaba kuliner di atas merupakan merek yang sudah dikenal oleh masyarakat dan memiliki sistem bisnis yang terorganisir, sehingga memudahkan para franchisee untuk menjalankan bisnis kulinernya sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh franchisor.

waralaba makanan dan minuman
Gambar waralaba makanan dan minuman

2.       Bisnis Waralaba di Bidang Laundry

Bisnis di bidang laundry juga salah satu waralaba  yang cukup diminati. Selain menjual paket usaha laundry perusahaan juga biasanya akan menawarkan waralaba laundry. Salah satu yang cukup terkenal adalah laundry koin. Bisnis laundry sebenarnya juga bisa dilakukan secara mandiri. Kebanyakan orang akan lebih tertarik mempercayakan jasa tertentu yang telah memiliki nama besar. Apalagi untuk jas atau pakaian pengantin yang membutuhkan penanganan khusus agar tidak terjadi kesalahan.

waralaba laundry
gambar waralaba laundry

3.    Bisnis Waralaba di Bidang Ilmu Pengetahuan

Ilmu pengetahuan ternyata dapat menjadi bagian dari bisnis waralaba. Para investor melihat bahwa menjalankan bisnis di bidang ilmu pengetahuan ternyata menarik. Seperti memilih salah satu nama terkenal dari tempat bimbingan belajar yang ada. Saat ini, bimbingan belajar masih diminati oleh para orang tua. Mereka masih menaruh harapan besar kepada tempat bimbingan belajar yang sudah memiliki nama agar dapat mendidik anak mereka menjadi lebih cerdas.

Kemudian, Anda juga pasti tahu dengan tempat penitipan anak. Bisnis tersebut ternyata juga hadir dalam bentuk waralaba dan diminati oleh investor. Jika Anda senang dengan dunia anak dan senang mengajak anak-anak bermain, maka tidak ada salahnya untuk memilih bisnis satu ini. Ada lagi waralaba di bidang ilmu pengetahuan seperti kursus. Para investor bisnis juga banyak terjun di bisnis kursus. Seperti kursus musik, kursus komputer, kursus bahasa Inggris, dan lainnya.

waralaba kursus musik
gambar waralaba kursus musik

4.    Bisnis Waralaba Retail Minimarket

Meskipun untuk menjalankan waralaba ini perlu modal yang besar, fakta di lapangan, bisnis ini tetap banyak diminati. Menjalankan bisnis retail minimarket memang cukup menjanjikan. Apalagi jika Anda telah memiliki lokasi strategis untuk bisnis dari waralaba retail minimarket. Kita dapat menemukan waralaba minimarket dihampir setiap jalan dikota besar atau kota kecil.

waralaba minimarket
gambar waralaba minimarket

5.    Bisnis Waralaba di Bidang Jasa Kurir

Semakin maraknya bisnis toko online membuat investor banyak meminati bidang jasa kurir sebagai pilihan waralaba. Jasa kurir yang dimaksud lebih kepada jasa untuk pengiriman barang, dimana Anda bisa membuka agen perusahaan kurir tersebut. Anda tentu sudah tahu jasa kurir apa saja yang terkenal hingga saat ini, seperti : JNE, TIKI, Wahana, J&T, NinjaExpress, dll, dimana rata-rata perusahaan kurir membuka kesempatan untuk bergabung agen agen jasa kurir.

Jika Anda ingin menjalankan bisnis rumahan dalam bentuk bisnis waralaba, maka tidak ada salahnya untuk memilih di bidang jasa kurir ini. Sehingga orang-orang di sekitar rumah Anda yang dulunya harus jauh-jauh mencari agen jasa kurir, kini dapat memanfaatkan waralaba dari bidang bisnis jasa kurir yang Anda jalankan.

waralaba jasa kurir
gambar waralaba jasa kurir

6.    Bisnis Waralaba di Bidang Apotek

Bisnis waralaba satu ini memang tidak dapat sembarangan dilakukan oleh semua orang. Perlu pelaku bisnis setidaknya paham dengan bisnis Farmasi. Namun kenyataannya banyak investor yang juga melirik waralaba di bidang apotek ini, karena potensi pasar yang sangat besar. Apalagi jika di daerah Anda masih tergolong sulit untuk menemukan apotek. Salah satu waralaba apotek yang cukup terkenal adalah K-24.

Ketika Anda mendirikan bisnis apotek, tentu akan sangat menolong mereka yang memerlukan obat, sehingga bisnis apotek ini masih memiliki nilai sosial dan kepedulian terhadap masyarakat sekitarnya. menarik bukan? Memiliki bisnis yang tidak semata untuk keuntungan saja, tetapi juga bisa membantu orang yang membutuhkan pengobatan.

waralaba apotek
gambar waralaba apotek

7.    Bisnis Waralaba di Bidang Jual-Beli Tiket Pesawat

Para pelaku bisnis investor juga banyak meminati bidang jual-beli tiket pesawat. Alasannya tidak lain karena saat ini semakin banyak orang yang lebih tertarik untuk liburan ke luar negeri ataupun dalam negeri, harga tiket pesawat yang semakin murah dan gencarnya promosi maskapai penerbangan, membuat semakin banyak orang yang mencari jasa jual-beli tiket pesawat.

Pada saat musim liburan tiba atau akhir tahun maka bisnis ini akan memperoleh keuntungan yang cukup tinggi mengingat besarnya animo masyarakat untuk berlibur dan kembali ke kampung halaman untuk berkumpul bersama keluarga dan kerabat.

waralaba tiket pesawat
gambar waralaba tiket pesawat

Pertimbangan Penting Untuk Bisnis Waralaba

Semoga ketujuh bidang waralaba yang sudah disebutkan di atas dapat menjadi rekomendasi bisnis bagi Anda. Tentunya dalam memilih waralaba mana yang tepat bagi anda, ada beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan anda.

1) Target pasar yang luas

Pilihlah waralaba yang banyak diminati karena target pasar yang luas dan omset yang telah teruji. Dengan peluang pasar luas dan kebutuhan pasar yang tinggi, maka prospek bisnis waralaba anda semakin baik kedepannya.

2) Sesuai dengan Minat Anda

Bagi Anda yang tertarik untuk bisnis dengan mengusung konsep waralaba, ada baiknya memilih jenis waralaba yang sesuai dengan minat, hobbi atau kemampuan Anda.

3) Kerjasama yang menguntungkan

Selain itu, meskipun waralaba yang hendak Anda pilih telah memiliki nama, pastikan pula bahwa ketika bekerja sama, Anda dan pihak pemberi waralaba dapat bekerja sama dengan baik. Sehingga ke depan Anda tidak akan merasa kesulitan ketika harus berdiskusi mengenai perkembangan dari bisnis dengan konsep waralaba.

Semoga artikel tentang 7 Jenis jenis Usaha Waralaba Yang Banyak Diminati Investor dapat bermanfaat. Diantara ke 7 bisnis waralaba diatas mungkin salah satunya bisa menarik minat anda untuk berinvestasi.

LihatTutupKomentar