gtag('config', 'G-K1LNF7F02J'); 10 Tips Melamar Kerja Bagi Pemula Agar Mudah Diterima Perusahaan - IDEBISNISANDA

10 Tips Melamar Kerja Bagi Pemula Agar Mudah Diterima Perusahaan

tips melamar kerja bagi pemula bisa menjadi panduan agar anda mudah diterima oleh perusahaan saat mencari lowongan kerja

 tips melamar kerja bagi pemula

idebisnisanda.com - Anda baru pertama kali ingin mengirimkan surat lamaran kerja? Sebelum mengirim surat lamaran kerja ada beberapa hal yang perlu anda cermati. Jangan asal-asalan mengirim surat lamaran kerja. Semakin bagus surat lamaran kerja anda maka peluang untuk diterima semakin besar. Artikel kali ini akan memberikan tips melamar kerja bagi pemula yang bisa anda pertimbangkan. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak artikel dibawah ini.

Informasi Lowongan Kerja

Sumber informasi lowongan kerja bisa datang dari mana saja. Bisa dari saudara, teman, internet, email, televisi, maupun media cetak.  Tampilan lowongan kerja tersebut ada yang berbentuk bahasa inggris maupun berbahasa Indonesia. Namun bagian paling penting dari lowongan kerja tersebut adalah kelengkapan informasi secara mendetail. Semakin terperinci informasi tersebut maka orang yang akan melamar kerja akan tahu apakah lowongan itu cocok atau tidak.

iklan lowongan kerja
gambar iklan lowongan kerja

Tips Melamar Kerja Bagi Pemula

Ketika anda membaca iklan lowongan pekerjaan dan memutuskan untuk menulis surat lamaran kerja, sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu apakah persyaratan dan kriteria yang dicantumkan dapat anda penuhi.   Pemula atau fresh graduate umumnya masih awam bagaimana cara menulis surat lamaran kerja yang baik. Berdasarkan pengalaman ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika hendak menulis surat lamaran kerja, diantaranya:

1.      Persyaratan

Setiap perusahaan tentunya memiliki persyaratan saat merekrut pegawai baru. Apakah harus Lulusan S-1, SMA, atau apapun keahlian yang sesuai lowongan yang dibutuhkan. Sebaiknya, pilih lowongan pekerjaan yang sesuai dengan permintaan perusahaan. Hal ini akan membuat peluang anda diterima semakin besar saat proses seleksi karyawan. Siapkan CV (daftar riwayat hidup) terbaik yang anda miliki, foto kopi  ijazah, pas foto terbaru, identitas,dll.

daftar riwayat hidup
gambar daftar riwayat hidup

2.           Posisi Yang Dibutuhkan

Saat membuka lowongan pekerjaan umumnya perusahaan akan mencantumkan lowongan pekerjaan yang dibutuhkan. Dengan mengetahui posisi atau bidang pekerjaan yang diperlukan kita akan bisa menyesuaikan dengan kemampuan kita. Sebaiknya prioritaskan lowongan pekerjaan yang memiliki posisi jelas atau bidang pekerjaannya. jangan sampai kita kecewa karena iklan lowongan kerja tidak sesuai dengan ekspektasi anda.

lowongan posisi kerja
lowongan posisi kerja

3.      Bahasa

Bahasa yang digunakan saat membuat lowongan pekerjaan bisa menunjukkan pesan tersirat iklan kerja. Bila iklan lowongan pekerjaan menggunakan bahasa inggris atau bahasa lainnya maka calon pelamar sebaiknya menguasai bahasa inggris secara pasif maupun aktif.  Semakin baik kemampuan berbahasa yang anda miliki maka itu akan menjadi poin tambahan saat interview. Umumnya lowongan pekerjaan yang menggunakan bahasa asing menawarkan intensif yang lebih menarik.

iklan lowongan bahasa inggris
iklan lowongan bahasa inggris

4.      Jumlah Tenaga Kerja Yang Dibutuhkan

Fenomena ini hampir terjadi diberbagai negara berkembang termasuk Indonesia. Dimana para pencari kerja umumnya jauh lebih besar dari jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan. Sebaiknya perhatikan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan agar anda bisa memperkirakan peluang lolos seleksi. Kemungkinan lolos akan semakin besar jika jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan semakin banyak pada posisi tertentu.

pencari lowongan kerja
gambar pencari lowongan kerja

5.      Nama Perusahaan

Dalam iklan lowongan pekerjaan terkadang ada perusahaan pencari tenaga kerja yang mencantumkan nama perusahaan, namun ada juga yang tidak. Kejelasan nama perusahaan bisa menjadi salah satu pertimbangan untuk menulis dan mengirimkan surat lamaran kerja. Perusahaan bonafide pastinya akan memberikan informasi yang jelas dan benar tentang perusahaan tersebut.

informasi nama perusahaan
informasi nama perusahaan

6.  Masa Penerimaan Lamaran

Jangan menunda-nunda saat kriteria dan lowongan pekerjaan sesuai dengan yang anda inginkan. Sebaiknya serahkan atau kirim surat lamaran kerja anda sesuai batas waktu yang ditentukan. Apabila dalam iklan lowongan tidak tercantum batas akhir penyerahan berkas maka kirimkan lamaran secepat mungkin. Tentunya anda tidak ingin kecewa jika posisi yang anda inginkan harus lewat begitu saja karena masalah waktu.

batas waktu penerimaan lowongan kerja
batas waktu penerimaan lowongan kerja

7.      Alamat Lamaran

Mengetahui alamat perusaahan pemasang iklan akan memudahkan kita untuk menghubungi dan mencari informasi. Namun pada kenyataannya tidak sedikit perusahaan yang tidak mencantumkan alamatnya. Sebagai pengganti dalam iklan mereka mencantumkan alamat email atau website perusahaan.

alamat email perusahaan
alamat email perusahaan

8.      Cara Pengiriman Lamaran

Jika dalam iklan cara pengiriman lamaran tidak disebutkan hanya tertera alamat perusahaan dan kebetulan anda berada dikota yang sama. Maka sebaiknya serahkan surat lamaran tersebut secara pribadi. Keuntungan cara ini adalah anda bisa melihat secara langsung tentang perusahaan. Mulai dari bonafiditas dan prospektivias perusahaan tersebut.

mengantar surat lamaran secara pribadi
mengantar surat lamaran secara pribadi

9.      Cari Tahu Tentang Perusahaan

Saat ini banyak lowongan pekerjaan yang tidak sesuai dengan kenyataan. Saat mencantumkan lowongan kerja memakai bahasa keren MARKETING padahal ujung-ujungnya sales door to door. Agar tidak merasa tertipu sebaiknya cari tahu tentang latar belakang perusahaan. Saat ini informasi begitu mudah diperoleh hanya dengan modal internet. tinggal ketik di HP atau laptop maka informasi apa saja bisa didapatkan.  Semakin banyak informasi yang bisa didapat tentang perusahaan maka semakin mantap anda menentukan pilihan untuk bergabung ke perusahaan tersebut.

mencari informasi di internet
mencari informasi di internet

10.      Proaktif Saat Interview

  Ini adalah kesempatan buat anda untuk menunjukkan kapabilitas anda kepada perusahaan. Ingat saat melamar kerja anda tidak sendiri, ada ratusan bahkan ribuan orang melamar kerja seperti anda. Perusahaan tentunya akan mencari yang terbaik dan cocok dengan posisi yang ditawarkan. Anda harus proaktif dengan menjawab semua pertanyaan saat interview, lakukan dengan baik agar pewancara mendapat kesan baik tentang anda. Perusahaan akan melihat seberapa antusias anda dan sumbangsih yang akan anda berikan kepada perusaahaan saat diterima.

proaktif saat interview
proaktif saat interview

  Semoga tips melamar kerja bagi pemula dapat bermanfaat. Tips-tips diatas bisa menjadi panduan anda terutama bagi anda yang baru pertama kali ingin melamar kerja. Semoga anda mendapatkan posisi sesuai dengan yang anda impikan. Jika anda belum beruntung maka jangan menyerah sebab selalu ada kesempatan lain untuk anda.

 

LihatTutupKomentar