gtag('config', 'G-K1LNF7F02J'); 6 Langkah Motivasi Untuk Menjadi Pribadi Yang Lebih Baik - IDEBISNISANDA

6 Langkah Motivasi Untuk Menjadi Pribadi Yang Lebih Baik

 motivasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik

Idebisnisanda.com -  Motivasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik ? bagaimana caranya ? saat kita sedang mengalami masa terpuruk kita harus bisa bangkit agar tidak jatuh kedalam jurang yang lebih dalam. Kita harus mampu selalu membangkitkan motivasi dalam diri kita sendiri agar bisa sukses dalam hidup ini. Tetapi tidak semua orang mampu melakukannya. Berikut beberapa langkah yang bisa  anda coba untuk menjadikan pribadi anda lebih baik dari sebelumnya.

Setelah Kita paham bagaimana cara memupuk dan membangun karakter kepribadian kita sendiri mengenai dunia wirausaha,dengan memahami urutan urutan pola yang harus dibentuk, maka selanjutnya hal selanjutnya yang penting untuk dikuasai adalah bagaimana kita mengendalikan pikiran kita sendiri,atau kalo boleh  disebut menjadikannya Motivasi Abadi.

Bila kita dilanda krisis terus menerus dalam usaha atau bisnis kita maka kita akan merasa kelelahan secara mental atau batin.kalo saya boleh menambahkan layaknya handphone yang 'lowbatt', maka perlu di 'charge' lagi sehingga kita menjadi semangat dan pikiran serta tindakan kita lebih terarah. Berikut 6 langkah motivasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik yang bisa anda coba dalam hidup anda :

1.      Tenangkan Diri Saat Merasa Panik

bila kita merasa begitu tertekan secara mental atau batin mungkin juga mengalami kepanikan, maka langkah yang paling pertama dilakukan adalah kita harus terlebih dahulu menenangkan diri. Berdiam sejenak, hening, lakukanlah pendekatan secara spiritual-religius. Bisa bermeditasi,bisa berdzikir bila muslim atau mungkin pendekatan - pendekatan spirital-religius lainnya sesuai kepercayaan masing-masing untuk bisa mengembalikan ketenangan batiniah kita. Bila batin kita sudah tenang maka otak sudah bisa berpikir dengan jernih. Jangan mengambil keputusan dalam keadaan panik karena cenderung menghasilkan keputusan yang kurang baik.

Baca Juga : 10 cara meningkatkan motivasi diri

2.      Mengingat dan menyadarkan kembali terhadap tujuan/set goal kita.

Tulislah di sebuah catatan khusus bila perlu visualisasikan dengan bentuk sebuah gambar.Agar diri sendiri bisa kembali termotivasi tentu saja kita harus tahu tujuan yang akan kita capai,buatlah serinci dan sejelas mungkin.Lalu perbaiki perencanaan jangka pendek dan jangka panjang.Ukurlah kemampuan sehingga kita bisa memprioritaskan tujuan jangka pendek terlebih dahulu demi mendukung tujuan jangka panjang.Bila kita sudah membuat visualisasi dalam bentuk gambar maka tempelah gambar-gambar tersebut pada tempat-tempat yang mudah kita lihat setiap saat.Misalnya di tembok kamar tidur,pintu kamar tidur,di cermin,di tembok kamar mandi, atau dimanapun yang bisa membuat kita melihatnya terus menerus.Cara ini untuk mengingatkan kembali alam bawah sadar kita supaya selalu teringat dan setiap hari kita bisa merasakan tujuan itu semakin menjauh atau mendekat.

3. hilangkan sifat/kebiasaan menunda-nunda.kebiasaan ini bisa    membunuh impian kita.

Teteapkanlah batasan waktu untuk suatu tujuan yang ingin kita raih.Suatu ide paling sering akan hilang atau pudar bila kita mempunyai kebiasaan menunda-nunda.Segeralah take action,mulailah dengan langkah langkah kecil. Sifat selalu menunda pekerjaan akan menghilangkan banyak kesempatan emas dalam hidup kita.

Baca Juga : 15 cara meningkatkan kualitas hidup anda

4.      Reward Pribadi Atas Keberhasilan

berikanlah diri kita sendiri reward atau penghargaan bila kita mencapai tahap tertentu dalam mencapai suatu tujuan.Penghargaan ini banyak contohnya.Misalnya : Kita makan bersama sekeluarga di restauran favorit bila tujuan telah tercapai,atau bisa hal lainnya menurut keinginan anda.Hal ini penting untuk memberikan kita harapan-harapan untuk mencapai tahapan goal selanjutnya, dan juga memberikan rasa bangga terhadap diri sendiri sehingga rasa percaya diripun muncul.

5.      Menikmati Pekerjaan dan Bisnis Anda

Berusahalah untuk mencoba menikmati rutinitas bisnis dan usaha kita.

Selain kegiatan bisnis dan wirausaha yang kita jalani sehari-hari,kita juga harus mencoba menikmati semua kegiatan harian.Dengan begitu kita bisa mengontrol tingkat stress yang ada pada diri sendiri.Dalam melakukan pekerjaan kita sering dihadapkan dengan masalah ataupun beban pikiran yang berat, jadi rasa humor yang cukup bisa menjadi salah satu kunci untuk sukses. Cobalah untuk tidak terlalu berat memikirkan masalah dan pekerjaan. Belajarlah untuk menikmati apa yang kita lakukan setiap hari, sehingga kita bisa tetap termotivasi dan merasa antusias. Dan dengan tetap memiliki perasaan tersebut, kita bisa membantu diri sendiri mengontrol tingkat stress yang kita miliki.

Baca Juga : 4 motivasi diri agar karir lebih cemerlang

6.      Koleksi Buku dan Video Motivasi

langkah ini bisa anda sisipkan dari urutan langkah pertama sampai langkah kelima.Yaitu mulailah mengkoleksi buku-buku atau bisa juga artikel-artikel, rekaman-rekaman audio-video yang bertemakan motivasi,pola pikir,kewirausahaan,pengembangan diri dan tema-tema lain yang terkait.Menurut pengalaman pribadi saya langkah ini sangat berguna,karena terkadang kita menemukan jawaban atas permasalahan kita pada koleksi kita tersebut. Jejalkan otak kita dengan isi dari buku-buku tersebut.Misalkan kita mempunyai buku dengan judul 'Berpikir Dan Berjiwa Besar',bila kita terus menerus menjejali otak kita dengan isi buku tersebut  maka pikiran dan  tindakan kita akan meniru isi dari buku tersebut.Ada yang menyebut teknik ini 'cuci otak','nutrisi'otak','auto self hipnosis' atau macam-macam.Untuk sesuatu yang positif tidak ada salahnya bukan??Trust me it works.....

Semoga 6 Langkah Motivasi Untuk Menjadi Pribadi Yang Lebih diatas dapat membantu kita menciptakan motivasi abadi dalam diri kita agar selalu bisa survive dalam keadaan apapun. Selamat mencoba!

LihatTutupKomentar