gtag('config', 'G-K1LNF7F02J'); 8 Cara Menghadapi Orang Toxic Agar Hidup Lebih Nyaman - IDEBISNISANDA

8 Cara Menghadapi Orang Toxic Agar Hidup Lebih Nyaman

cara menghadapi orang toxic tidak mudah namun bukan berarti tidak bisa, ada beberapa cara yang bisa coba anda lakukan dalam menghadapi orang toxic

cara menghadapi orang toxic

Idebisnisanda.com - Bagaimana cara menghadapi orang toxic? Apakah anda mengenal seseorang dengan perilaku toxic? Orang dengan pribadi tidak menyenangkan selalu ada di sekitar kita. Perbuatan dan kata-kata mereka selalu membuat Anda tidak nyaman berada didekat mereka. Semua yang anda perbuat terlihat selalu salah dimata mereka. Bukannya membangun tapi mereka cenderung ingin menjatuhkan. Itu adalah ciri orang-orang yang beracun (toxic).

Dalam kehidupan sehari-hari kita dikelilingi orang-orang dengan berbagai karakter. Orang dengan pribadi toxic bisa kita temui di mana saja. Baik itu kantor, rekan bisnis, lingkungan rumah, dll. Bagaimana jika orang beracun itu keluarga saya? Bagaimana saya membuat mereka diam? Apa yang harus saya lakukan untuk menghadapinya? Apakah saya harus diam atau mengabaikan perbuatan orang dengan karakter toxic? Pertanyaan-pertanyaan seperti itu sering membuat kita stress dan mencari solusi terbaik.

Cara Menghadapi Orang Toxic

Berurusan dengan orang-orang dengan karakter toxic tidak mudah. tapi seperti banyak masalah lain, mungkin Anda perlu mempertimbangkan beberapa cara untuk menghadapinya. Berikut strategi Cara Menghadapi Orang Beracun :

1. Abaikan Orang-orang Dengan Karakter Toxic

Orang yang memiliki karakter toxic sering ingin menjadi pusat perhatian orang-orang disekelilingnya. Mereka selalu hendak mencari perhatian dengan segala tingkah lakunya. Salah satu cara mengahadapi orang toxic adalah mengabaikan perbuataan dan tingkah lakunya. Semakin anda memberikan kesempatan maka orang ini akan semakin besar kepala. Mereka tidak sadar bahwa apa yang mereka lakukan sebenarnya tidak disukai. Jika anda mengabaikannya maka mereka cenderung akan berhenti sendiri.

abaikan perkataan buruk
abaikan perkataan buruk

2. Praktekkan Kasih Sayang Ketika Anda Sedang Merasa Buruk

Hal ini selalu menjadi langkah pertama bagi saya saat ini. Pikirkan tentang hal ini: jika Anda merasa buruk karena perilaku orang lain, Anda bisa menunjukkan kemarahan atau kekesalan dalam tindakan dan kata-kata Anda, dan itu hanya membuat orang cenderung menjadi lebih beracun. Perasaan buruk Anda tidak hanya mengerikan untuk Anda, tetapi untuk situasi yang sedang terjadi. Jadi coba ini ketika Anda melihat Anda merasa kesal oleh tindakan dan kata-kata orang lain: ubah suasana batin dan perhatikan perasaan Anda, bukan menghindar dari mereka. Kekesalan apa yang Anda rasakan? Setelah satu menit, coba ciptakan perasaan cinta terhadap diri sendiri. Harapkan kebahagiaan, dan akhir dari penderitaan Anda. Harapkan sukacita dan kedamaian. Hal ini tidak akan secara ajaib menyembuhkan rasa sakit, tapi itu adalah tempat yang baik untuk memulainya.

ciptakan perasaan damai di hati
ciptakan perasaan damai di hati

3. Berbicaralah Dengan Orang Lain

Saya menemukan bahwa ketika saya merasa terluka, saya sering tidak ingin mengakuinya kepada orang lain, tapi kemudian ketika saya berbicara dengan seseorang tentang hal itu, saya pasti merasa lebih baik. Jadi ambillah risiko dan berbicaralah dengan seseorang. Berbagi perasaan Anda, meminta mereka untuk mendengarkan, atau mungkin malah nasihat. Nasihat itu mungkin tidak begitu penting dibanding dengan perasaan terhubung dan didengarkan.

berbicara dengan orang lain
berbicara dengan orang lain

4. Praktekkan Empati Dan Belas Kasih

Cobalah melatih metode kasih sayang yang sama terhadap orang yang membuat Anda frustrasi. Dalam hati Anda, harapkan kebahagiaan bagi mereka. Lihat bahwa mereka juga akan melalui kesulitan, seperti Anda, dan itu sebabnya mereka bertindak seperti itu. Berharaplah untuk bisa membantu mengakhiri masalah mereka. Bantu mereka hidup dalam sukacita dan kemudahan.

tunjukkan empati
tunjukkan empati

5. Berbicara Dengan Orang Yang Toxic

Setelah Anda mulai merasa lebih penyayang terhadap orang lain, bicaralah dengan mereka. Ya, mereka mungkin tidak bertindak dengan cara yang penuh belas kasih dan damai kepada Anda, tetapi Anda tetap dapat menjadi orang yang lebih baik. Anda dapat melihat bahwa mereka juga memiliki masalah, dan telah bertindak tidak tepat karena masalah itu. Cobalah terhubung dengan mereka, beritahu bahwa Anda sedang mengalami yang masa sulit, dan meminta dukungan mereka. Ini mungkin tidak selalu menjadi lebih baik, tetapi jika Anda melakukannya dengan penuh empati, mereka mungkin akan terbuka untuk membicarakan hal ini.

bicara dengan orang toxic
bicara dengan orang toxic

6. Menghadapi Persoalan Lebih Positif

Sering saya marah pada orang lain yang marah pada saya, dan kemudian saya melakukan hal yang sama dengan mereka, berperilaku buruk karena mereka telah berperilaku buruk terhadap saya. Bahkan jika saya merasa itu adalah kesalahan mereka, perilaku saya meningkatkan situasi yang buruk. Jadi saya coba untuk menunjukkan bagaimana cara berurusan dengan frustrasi, mencoba untuk mengasihi mereka, berusaha menunjukkan cara menghadapi masalah dengan hal-hal yang positif. Dan hal itu sering berdampak besar, meskipun tidak segera.

hadapi persoalan dengan sikap positif
hadapi persoalan dengan sikap positif

7. Temukan Teman Teman Yang Lebih Positif

Jika semua hal tadi tidak berjalan, Cobalah temukan orang lain yang lebih selaras dengan cara hidup yang Anda inginkan. Orang-orang yang kreatif, mandiri, bersemangat dengan hal-hal positif, sehat dan bahagia. Temukan mereka dalam komunitas-komunitas lokal, organisasi, baik formal maupun non-formal. Temukan secara online di berbagai komunitas yang positif. Ambil risiko untuk menjangkau dan mengembangkan hubungan. Traktir seseorang, dan mulai sebuah persahabatan. Satu per satu, pelihara hubungan yang memiliki pengaruh yang positif dalam hidup Anda, dan jadilah pengaruh positif di kehidupan mereka.

cari teman positif
cari teman positif

8. Putus Hubungan Dengan Orang toxic

Ini adalah alternatif terakhir yang keras, tapi ketika mereka terus-menerus kritis dan marah… Dan tak satu pun dari cara-cara di atas berhasil… Saya akan berhenti melihat mereka sebagai yang terpenting dalam kehidupan saya. Mulailah memilih teman-teman lain yang membawa perubahan positif dalam hidup. Yang lebih sulit untuk dilakukan, tentu saja, ketika mereka hidup dengan Anda, tetapi bahkan Anda tetap dapat pergi untuk mengambil jarak, menyibukkan diri Anda dari suara-suara sumbang dengan melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi diri Anda. Jangan berfokus memikirkan orang-orang beracun sepanjang hari, supaya pikiran Anda lebih damai, kreatif dan positif.

memutuskan hubungan
memutuskan hubungan

Semoga artikel tentang cara menghadapi orang toxic dapat bermanfaat.  Kehidupan memang tidak selalu mulus seperti jalan tol. Selalu ada tantangan saat berhubungan dengan orang berkepribadian Toxic. Tapi memutuskan siapa saja yang berada dalam lingkaran utama kehidupan kita itu adalah pilihan anda.

LihatTutupKomentar