gtag('config', 'G-K1LNF7F02J'); 4 Pelajaran Berharga Dari Kegagalan Membangun Bisnis - IDEBISNISANDA

4 Pelajaran Berharga Dari Kegagalan Membangun Bisnis

apa pelajaran berharga dari kegagalan ? Setiap orang pasti pernah mengalami kegagalan tetapi bisa bangkit lagi dari keterpurukan

 Pelajaran Berharga Dari Kegagalan

Idebisnisanda.com - Setiap orang pasti pernah mengalami kegagalan dan yang perlu kita lakukan adalah jangan sampai kegagalan tersebut membuat kita tidak mau berusaha lagi dan langsung membuat kita terpuruk dan meratapi nasib. Ada banyak orang terkenal yang dulunya berawal dari sebuah kegagalan. Kita bisa melihat beberapa contoh tokoh terkenal tersebut misalnya adalah Oprah Winfrey dan Walt Disney. Apa saja pelajaran yang bisa kita petik dari setiap kegagalan?

Gagal bukan berarti harus berhenti dari pekerjaan dan berhenti bermimpi, kegagalan merupakan jembatan menuju kesuksesan. Hampir semua orang berhasil di dunia pasti pernah merasakan kegagalan. Anda bisa bayangkan jika Thomas Alfa Edison berhenti pada saat percobaan ke 1000 kali untuk menemukan formula yang tepat untuk sebuah lampu. Bagi Thomnas alfa Edison dia tidak pernah merasa gagal, saat itu menurut pendapatnya Ia belum menemukan formula yang tepat untuk menghasilkan sebuah lampu sebagai cikal bakal lampu yang digunakan diseluruh dunia.

Seorang profesor dari Universitas Bradley, Amerika Serikat membagikan empat poin penting yang bisa diambil dari sebuah kegagalan :

1.      Tahu kapan berhenti

Kita bisa mencoba melihat salah satu sistem jejaring sosial yang pernah paling dikenal di dunia adalah MySpace. Tetapi sekarang kita bisa melihat jumlah pengunjung dari situs tersebut mengalami penurunan sejak hadirnya sosial media terbaru Facebook. Pada tahun 2006, News Corps menghabiskan uang sekitar US$ 580 juta atau hampir sekitar Rp 71 triliun untuk MySpace untuk bisa berkompetisi dengan Facebook. Akhirnya MySpace dijual dengan harga sekitar Rp 416 miliar.

Melihat dari hal tersebut, saat kita telah mencapai sesuatu dan akhirnya gagal, mungkin bisa jadi hal tersebut adalah tanda saatnya kita berhenti. Sebab jika tidak maka kita akan bisa mengalami kerugian yang lebih besar.

ilustrasi berhenti
gambar ilustrasi berhenti

2.      Tetap untuk bisa fokus

Hal kedua yang juga perlu kita perhatikan adalah fokus kepada tujuan. Jangan  mengalami kegagalan karena keinginan kita untuk bisa meraih keuntungan secepat mungkin sehingga kita mencoba mengambil peluang dari segala macam kesempatan bisnis. Terkadang seorang pengusaha ingin melebarkan sayap karena melihat peluang bisnis baru namun sayangnya bisnis inti yang selama ini membuatnya berhasil kurang mendapat perhatian karena focus kepada bisnis baru dan akhirnya bisnis inti dan bisnis baru tersebut sulit untuk berkembang karena waktu dan pikiran kita terpecah.

fokus
gambar fokus

3.      Jangan panik saat kita berhadapan dengan kompetitor

Hal ketiga yang juga perlu untuk kita perhatikan adalah jangan panik saat berhadapan dengan kompetitor kita. Jika kita terlalu banyak hanya fokus kepada bidang bisnis yang dijalankan orang maka kita akan dengan mudah untuk dijatuhkan. Kita bisa menjadikan kompetitor kita sebagai motivasi dalam kesuksesan bisnis kita. Bahkan kita bisa belajar dari kompetitor kelebihan dari produk mereka dan menmgukur apakah produk yang kita hasilkan bisa lebih baik dari pesaing.

kompetitor
gambar kompetitor

4.      Belajar untuk bisa mendelegasikan

Kita bisa mengambil contoh seorang Jill Barad yang merupakan CEO wanita pertama di sebuah perusahaan Mattel. Dirinya sangat detail dan juga fokus pada pekerjaan. Hal ini terlihat cukup bagus untuk seorang manajer produk. Tetapi jika dirinya melakukan sesuatu yang sama dan menolak untuk mendelegasikan kepada bawahannya, maka hal tersebut bisa membuat pekerjaannya menjadi terganggu. Itulah salah satu sebab mengapa dalam sebuah perusahaan terdapat beberapa jabatan yang tersedia, karena tidak mungkin pemilik perusahaan mengerjakan semuanya seorang diri.

ilustrasi delegasi
gambar ilustrasi delegasi

Semoga artikel mengenai Pelajaran Berharga Dari Kegagalan Membangun Bisnis dapat bermanfaat dan kita bisa belajar dari kesalahan orang lain agar tidak terjatuh ke lubang yang sama.

LihatTutupKomentar