gtag('config', 'G-K1LNF7F02J'); Bagaimana Cara Memulai Bisnis Toko Online Yang Sukses - IDEBISNISANDA

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Toko Online Yang Sukses

Cara Memulai Bisnis Toko Online Itu Mudah? Serius, cara memulai bisnis toko online itu mudah? Iya, tinggal cari produk (beli atau kerja sama)

 Bagaimana Cara Memulai Bisnis Toko Online Yang Sukses

Idebisnisanda.com - Cara Memulai Bisnis Toko Online Itu Mudah? Serius, cara memulai bisnis toko online itu mudah? Iya, tinggal cari produk (beli atau kerja sama), kemudian pajang di website, social media, atau aplikasi chat, terus promosi. Mudah bukan?

Masih bingung? Tenang, artikel ini akan menjelaskan cara memulai bisnis toko online secara lengkap. Ya, cakupannya baru sampai tahap membuka, pada artikel yang akan datang (in syaa Allah), saya akan bahas bagaimana cara mengembangkannya sampai sukses.

Sebenarnya, untuk memulai saja itu benar-benar mudah. Tapi yang akan saya bahas disini adalah bagaimana cara memulai bukan sekedar menjadi pebisnis toko online, tetapi pebisnis online yang sukses.

Baca Juga : Cara Buka Toko Online di Facebook

Keuntungan Bisnis Toko Online

Apa keuntungan bisnis atau usaha toko online dibandingkan dengan bisnis online lainnya?

Kalau ada yang bertanya kepada saya, bagaimana cara mendapatkan uang dengan cepat di bisnis online, saya selalu menyarankan toko online. Ya, sangat cepat, bahkan Anda bisa menghasilkan uang di hari pertama. Serius jika Anda benar-benar serius menjalankannya.

Bisnis lain biasanya membutuhkan waktu untuk mendapatkan uang. Bisnis Adsense misalnya, nunggu hampir 2 bulan untuk mendapatkan uang pertama, itu pun jika langsung mencapai angka 100 dollar.

Bisnis afiliasi, nunggu pembayaran dari pemilik produk. Bisnis jual ebook seperti saya, wah, itu harus nulis dulu.

Tapi, bisnis toko online bisa (bukan pasti) hari ini juga dapat duit. Mudah. Yang perlu usaha keras adalah agar setiap hari mendapatkan penjualan yang besar.

Baca Juga : Keunggulan  Toko Online dibanding Konvensional

Peluang Usaha Toko Online

Peluang atau prospek usaha toko online saya rasa tidak perlu dibahas lagi. Dunia online sudah menjadi keseharian masyarakat saat ini. Kepercayaan terhadap transaksi online pun semakin meningkat. Jika dulu banyak yang ragu transaksi online, sekarang sudah banyak berkurang. Ada sich yang masih ragu, tapi sedikit.

Kalau besar keuntungan dari bisnis toko online, itu tidak terbatas. Tergantung produk apa yang Anda jual dan siapa target pasar Anda. Dan Anda bisa mengembangkan terus bisnis Anda sebesar mungkin. Sama seperti toko biasa, Anda bisa membuka cabang toko Anda, bisa puluhan, bisa ratusan jika Anda mau.

Modal Usaha Toko Online

Modal usaha toko online tidak perlu terlalu Anda pikirkan. Jika Anda sudah punya modal, itu bagus. Saya sebenarnya sangat menyarankan Anda punya modal yang cukup. Tapi, kalau pun tidak punya modal atau sedikit, Anda bisa tetap bisa memulai bisnis toko online.

Anda bisa membuka bisnis toko online disesuaikan dengan modal Anda. Lebih besar lebih bagus, itu sudah pasti.

Untuk modal kecil atau sangat kecil, banyak fasilitas online gratis yang bisa digunakan. Produk pun bisa Anda jual meski tidak punya uang untuk membelinya. Nanti akan kita bahas.

Atau, bagi Anda yang punya modal, Anda bisa membuat toko online profesional yang berbayar, kemudian memiliki stok produk yang cukup, serta memiliki anggaran untuk marketing. Tentu hasilnya akan lebih cepat.

Ada yang mengatakan, kalau bisa gratis, ngapain bayar. Kalau menurut saya, kalau bisa bayar, bayarlah karena hasilnya akan lebih cepat dan berkualitas. Jika tidak bisa, mulai dari yang gratisan, kemudian bertahap menjadi mampu yang berbayar: lebih cepat dan lebih berkualitas.

Harga nggak pernah bohong bro!

Baca Juga : Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Tips Memulai Bisnis Toko Online

Awali dengan ilmu, kemudian ACTION. Jangan asal action, tapi action dengan benar. Bukan tindakan yang membuat Anda berhasil, tetapi tindakan yang benar. Anda harus belajar menjalankan usaha toko online yang benar.

Jangan salah kaprah, bukan “yang penting action” tetapi “yang penting action yang benar”. Secara logika, buat apa bertindak jika salah? Anda hanya menghabiskan waktu dan uang.

Anda memang bisa belajar dari kesalahan. Itu boleh dan pasti Anda lalui. Tapi, maukah saya beritahu cara yang lebih cepat?

Belajarlah dari sukses orang lain. Belajarlah dari kesalahan orang lain. Sehingga Anda sudah mengetahui cara yang benar, dan Anda akan jauh lebih mudah menjalaninya.

Anda tentu akan mengalami kesalahan dan kegagalan. Disinilah Anda akan belajar dari kesalahan dan kegagalan sendiri. Tentu, tidak terlalu banyak kesalahan dan kegagalan yang Anda lalui karena sudah mengambil pelajaran dari orang lain. Lebih hemat waktu dan biaya bukan?

Ide-ide Usaha Toko Online

Ide bisnis toko online itu banyak, pilih satu, kemudian action. Anda bisa jualan busana, akseoris, obat herbal, buku, peralatan elektronik, handphone, mesin, dan masih banyak yang lainnya.

Anda bisa memilih jenis produk yang umum digunakan dan memiliki pangsa pasar yang besar disana. Uangnya banyak, tetapi persaingan juga ketat. Jika Anda mau bersaing, Anda akan mudah menghasilkan uang disini.

Cara lain ialah mencari produk yang jarang penjualnya. Biasanya pangsa pasarnya juga kecil. Jika Anda menemukan produk yang jarang penjualnya tetapi permintaanya banyak, itu rejeki nomplok, apalagi Anda punya akses ke sumber produk.

Jika pasarnya kecil, apakah bisa menguntungkan? Bisa. Pertama persaingan kecil. Kedua, Anda bisa membuka toko online lain untuk produk berbeda.

Nggak usah bingung mau jual produk apa, pilih saja!

Anda bisa mulai dari produk. Coba cari produk yang bisa Anda jual, baik mencari secara online maupun secara offline. Kemudian Anda coba jual online.

Anda bisa memulai dengan membangun pasar, misalnya mengumpulkan pin BBM ibu-ibu muda. Nah, tinggal pikirkan produk apa yang bisa Anda tawarkan kepada mereka.

Baca Juga : Teknik SEO yang Terlarang 

Belajar Usaha Toko Online

Seperti dijelaskan diatas, jika mau sukses ada ilmunya. Anda harus belajar bisnis toko online. Jangan khawatir, mudah koq. Anda bisa mulai dari yang Anda bisa, kemudian secara bertahap kembangkan kemampuan Anda. Jangan nunggu jago dulu, jangan nunggu sempurna.

Apa saja yang harus dipelajari dalam bisnis toko online?

Cara menampilkan produk secara online. Anda bisa membuat toko online seperti Jual Obat Herbal, atau bisa juga membuat blog gratisan, bisa di social media seperti facebook atau instgram. Atau bisa juga di marketplace seperti tokopedia. Banyak cara menampilkan produk, intinya harus ditampilkan secara online. Namanya juga toko online.

Cara Memasarkan Produk. Ini pun, tekniknya banyak. Bisa dengan social media, SEO, iklan, email marketing, dan sebagainya. Pilih satu, kuasai.

Cara Melayani (Calon) pelanggan. Cara Anda melayani pelanggan, bisa menentukan keberhasilan Anda lho. Customer service itu penting!

Anda bisa mulai dengan yang basic dulu, tidak usah menunggu mahir. Kemahiran bisa Anda kembangkan sambil berjalan. Untuk mulai menghasilkan, Anda bisa menggunakan ilmu dasar dulu.

Contoh:

Produk yang umum: Obat herbal

Cara pemasaran: SEO basic

Cara pelayanan: ramah dan cepat

Sudah, gitu aja Anda bisa mendapatkan uang lho.

Dalam perjalanan, tingkatkan kemampuan Anda. memilih obat herbal yang laris, meningkatkan kemampuan SEO, meningkatkan pelayanan dengan teknik closing yang mantap.

Sudah, Sekarang Tinggal Action

Setelah Anda punya (ada) produk yang bisa dijual dan menguasai cara pemasaran meskipun masih dasar, maka langkah selanjutnya adalah action. Jangan takut, jika produk biasa-biasa saja dan ilmu pemasaran masih dasar, Anda bisa mengimbanginya dengan tindakan yang luar biasa.

LihatTutupKomentar