gtag('config', 'G-K1LNF7F02J'); 6 Cara Membeli Saham Online Bagi Pemula - IDEBISNISANDA

6 Cara Membeli Saham Online Bagi Pemula

Bagaimana cara membeli saham online bagi pemula ? sebelum terjun kebisnis saham tentunya ada ilmu yang harus anda pelajari agar bisa sukses

 cara membeli saham online bagi pemula

Idebisnisanda.com - Bagaimana cara membeli saham online bagi pemula ?Kemudahan dan kenyamanan dalam berinvestasi saham di pasar modal merupakan faktor penting dalam menentukan gain atau return yang didapat dari suatu investasi, sehingga tak jarang bagi sebagian perusahaan sekuritas juga turut berlomba lomba dalam memodifikasi sistem pelayanannya, yang semula dari transaksi jual beli secara konvensional, sekarang lebih fokus ke online trading.

Sistem online trading merupakan salah satu sistem yang banyak diminati investor saat ini, selain memudahkan dalam bertransaksi kapanpun dan dimanapun, sistem online juga dapat dengan mudah dalam mengakses segala informasi mengenai berita terupdate tentang seputar saham melalui sistem onlinenya.

Untuk pemula biasanya di awal akan terasa kebingungan, karena banyaknya menu yang harus dipelajari, sehingga pihak sekuritas biasanya memberikan pelatihan secara khusus dari sistem onlinenya.

Berikut adalah cara membeli saham online bagi pemula :

1. Melakukan seleksi / pemilihan terhadap beberapa sekuritas terhadap sistim onlinenya, dalam hal ini sebaiknya sebagai investor pemula sebaiknya terlebih dahulu untuk mencari sekuritas yang menawarkan sistem online yang mudah untuk dimengerti, yaitu dengan cara membandingkan dari setiap sistem onlinenya dan lakukan evaluasi yang sesuai dengan kebutuhan saat trading atau investing.

2. Setelah proses seleksi sudah ditentukan, tahap berikutnya adalah melakukan registrasi di perusahaan sekuritas tersebut, dalam hal ini lamanya proses registrasi dibutuhkan waktu kurang lebih satu minggu, setelah jadi biasanya pihak investor / nasabah akan mendapatkan nomor RDI (rekening dana investor), user id dan password.

3. Pada tahap selanjutnya adalah nasabah atau investor melakukan transfer dana awal sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan masing-masing perusahaan sekuritas ke nomor RDI yang telah diberikan.

RDI adalah singkatan dari "rekening dana investor" dalam hal ini merupakan rekening pemisah antara pihak investor dan perusaan sekuritas. RDI cuman sebagai sarana dalam proses transaksi jual beli saham, jadi dalam RDI hanya ada nomor rekening yang menunjuk nama investor, jadi tidak ada buku tabungannya.

Tiap bulan pihak bank akan memberikan laporan berupa "e-statment" dan setiap investor atau nasabah ingin tarik dana, harus terlebih dahulu konfirmasi ke perusahaan sekuritas atau di sistem online biasanya ada menu untuk tarik dana.

4. Menginstall aplikasi online trading dari perusahaan sekuritas yang dipilih. Aplikasi dalam sistem online biasanya sangat ringan, yang terpenting adalah kestabilan dari koneksi internet, kestabilan koneksi internet sangat menentukan dalam penggunaan sistem online tiap perusahaan sekuritas.

5. Setelah dana yang disetor sudah update di sistem online trading perusahaan sekuritas tersebut, secara otomatis nasabah / investor sudah bisa melakukan order jual maupun beli, dengan cara login di sistem onlinenya.

6. Pelajari cara investasi yang baik dan benar agar terhindar dari loss. Terus pelajari strategi cara berinvestasi saham di pasar modal dengan baik dan benar, sehingga akan mampu memberikan keuntungan yang maksimal.

Demikian 6 cara membeli saham online bagi pemula, semoga bermanfaat.

LihatTutupKomentar