gtag('config', 'G-K1LNF7F02J'); Biografi John Logie Baird, Penemu Televisi - IDEBISNISANDA

Biografi John Logie Baird, Penemu Televisi

biografi John Logie Baird bisa membuat kita lebih mengenal siapa penemu televisi yang selama ini kita tonton setiap hari.

Biografi John Logie Baird

Idebisnisanda.com - Televisi tentunya tidak asing dalam kehidupan kita sehari-hari, bahkan kita bisa menonton hingga berjam-jam di depan televisi. Tapi tahukah anda siapa penemu televisi? Artikel ini akan mengulas tentang biografi John Logie Baird yang sangat berjasa menciptakan dan meletakkan dasar pembuatan televisi hingga berkembang seperti televisi yang ada sekarang.

Sang penemu televisi pertama kali John Logie Baird adalah pria Skotlandia kelahiran 13 Agustus 1888. Pada waktu itu, Skotlandia sedang dalam masa panas akibat perang dunia I yang turut melibatkan warga negaranya untuk mengikuti wajib militer. Namun kala itu John Logie Baird sedang menderita penyakit yang menyebabkan ia tidak ikut terjun langsung ke medan perang dan memilih menjadi seorang insinyur listrik.

John Logie Baird sempat menempuh pendidikan tinggi di Technical College Royal dan Glasgow University selama beberapa tahun. Berbagai usaha dia lakukan untuk mengubah nasibnya menjadi lebih baik, namun karena terlalu memaksa bekerja keras, ia menderita penyakit gangguan saraf. Penyakit tersebut membuatnya hanya fokus pada satu bidang, yaitu elektronik. Setelah gelombang radio ditemukan oleh Guglielmo Marconi, ia sangat antusias mempelajari dan fokus pada bidang elektronik.

Kisah Penemu Televisi

Terinspirasi dari penemuan gelombang radio yang dapat membawa sinyal suara, Baird mendapat pencerahan bahwa sinyal suara saja bisa dibawa oleh suatu gelombang, maka sinyal visual pun bisa dibawa dan ditampilkan berkat suatu arus gelombang. Akhirnya Baird memulai eksperimennya untuk membawa sinyal visual dengan proses dan gambaran yang sama seperti membawa sinyal audio yang sebelumnya lebih dulu di temukan.

Dengan kreatifitas dan pengetahuan yang di pelajarinya semasa kuliah, ia mengembangkan teori dan penemuan yang sebelumnya sudah di lakukan oleh Nipkow. Nipkow adalah ilmuwan yang mempunyai teori tentang membawa gelombang visual namun dengan media kabel yang cenderung terbatas. Baird pun mengubah teori itu agar lebih fleksibel dan modern. Ia tidak lagi menggunakan kabel seperti teori Nipkow, namun menggunakan sebuah gelombang elektromagnetik.

Percobaan john logie baird
Percobaan john logie baird

Ide brilian temuan Baird tidak semulus apa yang ia telah rencanakan, Baird menemukan hambatan, ia menemukan kesulitan dalam mencari dana untuk membiayai proyek temuannya. Terpaksa ia harus mencari dana untuk menutup dan membiayai proyeknya sendiri tanpa dana investor dengan cara berjualan sepatu dan memasarkan produk silet.

Ia tidak putus asa meski percobaannya acap kali gagal. Prototipe yang gagal ia ciptakan ia gunakan sebagai keperluan rumah tangga seperti kaleng, lampu sepeda dan jarum.

Pada tahun 1923 adalah pertama kalinya percobaan yang dia lakukan berhasil, Baird berhasil mengirimkan citra kasar dengan menggunakan gelombang elektromagnetik tanpa kabel yang berjarak beberapa meter. Baird senang bukan kepalang, dia sangat senang sampai tidak sadar berlari ke lantai bawah toko dan mengajak seseorang tampil untuk pertama kali di televisi.

Gambar pertama yang bisa ditangkap oleh televisi

Gambar pertama yang bisa ditangkap oleh televisi

Tahun-tahun berikutnya John Logie Baird terkenal sebagai penemu televisi. Baird turut membantu para ilmuwan menciptakan televisi berwarna serta projektor berukuran besar yang kita kenal sebagai bioskop.

Beliau meninggal pada 14 Juni 1946, kala itu umurnya 57 tahun dan meninggalkan temuan besar sepanjang sejarah manusia.

Semoga artikel tentang biografi John Logie Baird dapat bermanfaat dan berterimakasih atas perjuangan dan waktu yang dicurahkan oleh beliau sehingga kita bisa menikmati hiburan dan tontonan menarik lewat karya cipta yang dihasilkannya.

LihatTutupKomentar