gtag('config', 'G-K1LNF7F02J'); 6 Tips Membuka Bisnis Sembako Agar Pelanggan Selalu Ramai - IDEBISNISANDA

6 Tips Membuka Bisnis Sembako Agar Pelanggan Selalu Ramai

Bisnis sembako mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan bisnis lainnya, salah satunya adalah segmentasi pasarnya yang menyeluruh.

 

bisnis sembako

Idebisnisanda.com - Bisnis sembako mempunyai beberapa  kelebihan dibandingkan bisnis lainnya, salah satunya adalah segmentasi pasarnya yang menyeluruh. Hampir semua keluarga membutuhkan sembako dalam kebutuhan sehari hari, itu berarti ada peluang besar yang menunggu anda dalam bisnis ini. Tapi untuk berhasil dibisnis ini tentunya perlu trik tersendiri agar bisa bersaing dengan competitor yang bermain dibisnis yang sama.  Simak terus artikel ini untuk menemukan tips yang bisa anda terapkan saat berbisnis sembako.

Bisnis Sembako

Kita pasti sering mendengar kata sembako diucapkan tapi belum tentu semua tahu apa saja yang termasuk dalam sembako (Sembilan bahan pokok). Menurut keputusan Menteri Perindustrian dan perdagangan Sembilan bahan pokok itu meliputi beras, gula pasir, minyak goreng (mentega), daging sapi atau ayam, sayur dan buah, telur ayam, susu, bahan bakar (elpiji dan minyak tanah) dan yang terakhir adalah garam yodium.

Bisnis sembako tidak hanya menargetkan kalangan bawah saja, tapi setiap orang memerlukan apa yang dijual di warung sembako. Terlepas dari meningkatnya persaingan, bisnis sembako masih bisa menjadi peluang berbisnis yang cukup menggiurkan. Meskipun terlihat sederhana, keuntungan yang bisa anda peroleh dari bisnis ini terbilang cukup besar. Tapi hal ini dapat terwujud bila kita mempunyai strategi penjualan yang baik dan efektif, mengingat banyak toko lain yang menjadi saingan anda dalam bisnis ini.

Baca Juga : 3 cara menentukan bisnis yang tepat

Keuntungan dari Bisnis Sembako

Tapi karena bisnis ini mengharuskan anda harus menjual begitu banyak barang, maka ketekunan dan juga ketelitian sangat diperlukan dalam bisnis ini. Anda harus teliti dalam menentukan jenis dan juga harga barang yang anda jual. Sebab, pastinya anda membeli barang-barang tersebut dengan sistem grosir dan nantinya anda akan menjualnya secara cara eceran. Untuk itu anda harus cermat saat menghitung harga tiap barang jika dijual secara ecer. Disamping itu, persaingan bisnis sembako ini bisa dikatakan cukup ketat sebab bisnis ini memang menguntungkan dan hampir tiap orang membutuhkan barang-barang yang di jual di toko sembako. Untuk bisa menjalankan usaha ini dengan sukses, berikut beberapa tips yang bisa anda terapkan.

1.      Memilih lokasi bisnis yang tepat

Pemilihan lokasi adalah syarat penting agar warung sembako yang anda jalankan bisa sukses. Usahakan untuk mencari lokasi yang strategis dan bisa dijangkau oleh semua orang. Anda dapat membuka toko sembako di pinggir jalan, atau di pusat kegiatan masyarakat seperti pasar.  Disamping itu upayakan untuk membuka bisnis ini dilokasi yang persaingannya tidak terlalu ketat.

2.      Utamakan Kualitas Produk dan juga Pelayanan

Kepuasan pelanggan merupakan hal yang paling penting yang akan mempengaruhi toko sembako anda. Anda harus memberikan pelayanan yang prima dan  menyiapkan barang yang berkualitas supaya pelanggan puas. Jika pelanggan anda kecewa dengan pelayanan dan kualitas barang maka anda harus bersiap kehilangan pelanggan setia.

Baca juga : 5 cara mempertahankan bisnis di era digital

3.      Mencari Grosiran Termurah

Sebaiknya, carilah tempat grosir yang termurah. Karena jika barang yang anda beli semakin murah maka keuntungan yang bisa anda dapatkan akan semakin besar juga. Pelanggan anda pun tentunya mencari barang murah agar bisa menghemat pengeluaran rutin bulanan.

4.      Strategi pemasaran

Untuk anda yang baru saja memulai bisnis anda, maka anda harus mencari strategi pemasaran yang tepat supaya usaha anda semakin dikenal. Strategi pemasaran bisnis sembako yang paling efektif ialah promosi dari mulut ke mulut. Jadi Anda dapat menginformasikan bisnis anda kepada tetangga, teman ataupun saudara yang berada disekitar di toko sembako anda. Anda juga bisa membuat spanduk, agar orang yang lewat tahu jika sekarang anda menjual produk sembako.

5.      Harga Yang Selalu Bersaing

Bila anda sudah bisa menarik pembeli datang, maka hal yang penting selanjutnya supaya usaha anda bisa berjalan dengan baik adalah menawarkan harga barang yang bersaing. Ini berarti anda menjual barang dagangan anda dengan harga yang sesuai standar di  pasaran atau kalau bisa yang lebih murah lagi. Banyak trik dagang yang dilakukan untuk memperoleh barang murah salah satunya dengan membeli barang dalam jumlah yang cukup banyak sehingga anda bisa mendapatkan diskon dan bonus dari pihak perusahaan.

Baca Juga : 4 cara mencari relasi bisnis

6.      Periksa Tanggal Kadaluawarsa

Jangan membeli barang dalam jumlah berlebihan terlebih jika memiliki masa kadaluarsa yang singkat. Pelanggan lebih tertarik membeli barang dalam keadaan segar dan berkualitas.

Demikianlah uraian tentang Keuntungan Bisnis Sembako. Dalam melakukan bisnis ini, selain menyiapkan barang dagangan yang lengkap dan menawarkan harga barang yang bersaing, anda juga harus bisa membuat pembeli merasa nyaman dan betah ketika membeli. Oleh sebab itu,  berikan pelayanan yang terbaik. Anda harus selalu bersikap baik, jujur dan ramah kepada pembeli agar merasa puas dan kembali berbelanja di toko sembako anda.

LihatTutupKomentar