gtag('config', 'G-K1LNF7F02J'); Cara Agar Terhindar Dari Investasi Bodong - IDEBISNISANDA

Cara Agar Terhindar Dari Investasi Bodong

Anda pernah menjadi korban investasi bodong ? Bagaimana cara agar terhindar dari investasi bodong ? Investasi sering disebut dengan penanaman modal

 Cara Agar Terhindar Dari Investasi Bodong

Idebisnisanda.com – Anda pernah menjadi korban investasi bodong ? Bagaimana cara agar terhindar dari investasi bodong ? Investasi sering disebut dengan penanaman modal yang erat kaitannya dengan ekonomi dan keuangan. Namun, dalam perjalanannya, investasi sering disalahgunakan oleh pihak pihak yang tak bertanggung jawab. Dengan iming iming pembagian keuntungan yang sangat besar, mereka menipu para nasabahnya dengan membawa kabur dana para nasabahnya. Kondisi yang seperti inilah yang kemudian muncul istilah investasi bodong di kalangan masyarakat.

Saat ini, banyak sekali penipuan yang berkedok investasi. Dalam menjalankan aksinya, mereka pun tak segan untuk menawarkan keuntungan yang tak relevan kepada calon investornya. Inilah yang menjadi strategi marketing utama untuk menarik nasabah. Penting bagi Anda untuk mengetahui ciri ciri investasi bodong yang tengah beredar saat ini. Oleh karena itu, perlu adanya sosialisasi mengenai kiat kiat khusus bagi masyarakat untuk berinvestasi secara aman dan nyaman. Dan berikut ulasan tentang cara agar terhindar dari investasi bodong.

Tips terhindar investasi bodong

Selalu Waspada

Tak semua investasi yang menjanjikan keuntungan yang besar itu dikategorikan sebagai investasi bodong. Namun, ada baiknya Anda selalu waspada terhadap semua tawaran investasi. Pastikan Anda selalu menggunakan perhitungan matematika secara sederhana dalam memperkirakan tawaran tersebut. Apalagi jika Anda berinvestasi dalam jumlah yang cukup besar dan di janjikan bisa meraup keuntungan yang sangat besar dalam jangka waktu yang pendek.

Baca juga : Mau Investasi Reksadana Tapi Modal terbatas

Pemeriksaan Dokumen Perizinan

Dalam setiap lembaga keuangan terutama bagi lembaga yang menghimpun dana masyarakat serta pengelolaan investasi pastinya mempunyai izin resmi dari pihak yang berwenang seperti Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keungan (Bapepam – LK) atau Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappepti) atau Bank Indonesia. Masyarakat perlu melakukan pemeriksaan terhadap lembaga lembaga tersebut. Waspadalah jika lembaga atau perusahaan itu hanya mengantongi Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) karena surat izin ini bukan izin untuk pengelolaan investasi atau penghimpunan dana masyarakat.

Pahami Cara Memasarkan Produk Investasi

Produk investasi yang tepat selalu menawarkan mekanisme cara kerja serta pembagian keuntungan secara jelas, bahkan banyak perusahaan investasi sudah memiliki standar operasi yang jelas dalam menjalankan produk investasinya. Sementara itu, investasi bodong seringkali tidak memiliki standar yang jelas mengenai cara menjalankan produk investasinya tersebut, bahkan ada sebagian investasi bodong yang tidak memiliki produk sama sekali serta penjualan secara resmi.

Baca Juga : Tips Investasi Reksadan Buat Ibur Rumah Tangga

Sangat penting bagi Anda untuk tidak menyerahkan dana sebelum membuat atau menandatangani perjanjian resmi yang detail. Pastikan selalu membaca dengan cermat isi dari surat perjanjian tersebut agar tidak menimbulkan kesalahan di masa depan. Kalau perlu, lakukan pengikatan perjanjian dengan notaris. Selain itu, carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai produk investasi tersebut, instrumen apa yang dipakai oleh perusahaan tersebut, bagaimana lembaga tersebut menanamkan investasi para nasabahnya.

Ingat, selalu waspada terhadap segala bentuk penawaran yang memaksa Anda untuk mengambil investasi tersebut. Baca dan pahami poin-poin penting di atas. Demikianlah informasi Tips atau Cara Agar Terhindar Dari Investasi Bodong. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda dalam mengenal produk-produk investasi yang tepat.

LihatTutupKomentar