gtag('config', 'G-K1LNF7F02J'); Pelajaran Berharga Dari Sebutir Telur Tentang Integritas - IDEBISNISANDA

Pelajaran Berharga Dari Sebutir Telur Tentang Integritas

Integritas ini diumpamakan sebagai kulit sebutir telur yang tipis dan rapuh namun bertanggung jawab agar isi telur tidak rusak, busuk dan berbau.

 Pelajaran Berharga Dari Sebutir Telur Tentang Integritas

IDEBISNISANDA.COM - Menjaga Integritas merupakan kunci agar reputasi seseorang tidak rusak. Integritas ini diumpamakan sebagai  kulit sebutir telur yang tipis dan rapuh namun bertanggung jawab agar isi telur tidak rusak, busuk dan berbau.

Anda hanya akan berhasil membangun karir Anda atau bisnis jika memiliki reputasi yang baik. Ketika kita ingin melakukan bisnis dengan orang yang memiliki reputasi yang baik, kita sendiri juga pasti akan diminta untuk memiliki reputasi itu. Tanpa integritas, tidak mungkin bagi Anda untuk membangun reputasi yang baik.

Oleh karena itu, Reputasi adalah segalanya. Yang Menjadi pertanyaannya adalah bagaimana kita membangun integritas yang kuat dalam diri?

Tahukah anda, sebuah kulit telur dapat memberi contoh kepada kita bagaimana sebuah integritas yang terjaga mampu melindungi reputasi seseorang. Benarkah? Ya, cerita berdasarkan fenomena alam ini bisa memberi kita sebuah pelajaran BERHARGA yang sangat berarti.

Sebutir telur, merupakan penggambaran sebuah reputasi yang dijaga oleh integritas. Meskipun kulitnya rapuh dan tips, tetap bisa menjaga isi di dalamnya agar tidak rusak. Demikian pula sebuah integritas, sangat tipis dan rapuh namun tugasnya sangat berat untuk menjaga reputasi seseorang agar tidak rusak.

Pelajaran Membangun Integritas Dari Sebutir Telur Ayam

Ayam adalah hewan ternak yang dipelihara untuk dimanfaatkan sehari-hari di peternakan. Pak petani menempatkan kandang ayam di halaman belakang rumahnya. Pak petani memelihara tujuh ekor ayam penghasil telur di peternakan tersebut. Pada suatu sore, pak petani meminta saya untuk mengambil sebuah telur dari sarangnya. Dan ketika saya kembali kepadanya dengan telur di tangan saya dia telah menunggu dengan sebuah jarum di tangannya.

“Tolong yakinkan bahwa engkau dapat mengingat telur ini!” kata pak petani yakin sambil mengambil telur itu dari tanganku. Dan mengangkatnya agak tinggi sampai posisi setinggi mata saya.

“Apa yang akan Anda lakukan?” Saya bertanya.

“Lihat ini”!

Lalu ia menusukkan telur dengan jarum. Lambat dan lembut. Saya mengerti bahwa dia tidak berharap bahwa kulit telur yang dia tusuk rusak atau pecah.

“Mengapa Anda melakukan itu?” Aku bersikeras.

“Engkau akan mengerti. Sabar dan tunggu”, kata Pak Petani.

Setelah itu, pak petani mengembalikan telur kembali ke saya. Saya memeriksa tepat di tempat di mana jarum kecil ditusukkan. Tidak ada yang saya temukan kecuali titik yang sangat kecil dari jarum tajam pada permukaan kulit telur.

“Pastikan kamu ingat telur ini!” pak petani mengulangi kata-katanya.

“Saya tidak berpikir begitu“, kata saya. “Bagi saya, semua telur ayam sama”.

“Tunggu saja dan engkau akan mengerti.” Dia membalas, “Sekarang kembalikan telur ini kembali ke sarang”. Aku tidak bisa melakukan apa-apa selain mendengarkan dan menuruti perintahnya.

Tiga hari kemudian, ia meminta saya untuk mengambil telur itu kembali. “Itu tidak mungkin Pak. Bagi saya, semua telur terlihat sama. Bagaimana jika saya mengambil telur yang salah?”

“Cobalah!” katanya. Dia memaksa saya untuk tetap melakukannya. Sehingga saya tidak punya pilihan selain pergi ke kandang ayam.

Ketika beberapa saat kemudian saya kembali kembali dengan telur di tangan kananku, sedangkan tangan kiri saya menutup hidung, pak petani bertanya: “Tugas yang mudah, bukan?”

“Saya tidak tidak tahu, apakah ini adalah telur yang benar”, saya mengguman.

“Tentu telur yang benar, nak.” Balasnya.

“Bagaimana kau bisa begitu yakin?” Tanya saya.

“Karena, ini adalah telur yang kita tusuk cangkangnya tiga hari yang lalu”, jawabnya dengan yakin.

“Tahukah kamu, mengapa telur dengan cangkang rusak akan segera menjadi telur busuk dan berbau? Karena, fungsi cangkang adalah untuk melindungi seluruh isi di dalamnya”. Pak petani mengatakan kepada saya bahwa cangkang mirip dengan apa yang kita sebut sebagai integritas. Cangkang ini memiliki fungsi yang sama dengan integritas kita, ia yang menjaga reputasi seseorang.

Dalam kehidupan bisnis modern di perkotaan, Anda hanya akan menjadi eksekutif yang baik dan tetap baik, jika Anda mampu untuk menjaga integritas Anda. Karena, setelah Anda merusak integritas Anda, cepat atau lambat orang di sekitar Anda akan mencium baunya, kemudian reputasi Anda akan rusak.

Melalui telur itu, Pak petani mengajarkan saya bahwa integritas kita melindungi reputasi kita sebagaimana cangkang melakukannya untuk isi telur. Isi telur adalah simbol yang mengacu pada reputasi kita.

Telus rusak, merupakan gambaran sesbuah reputasi yang tidak terjaga oleh sebuah integritas.

Saat kita merusak integritas sendiri tidak peduli seberapa kecil atau besar, tetap ia sudah rusak maka ia tidak bisa lagi melindungi reputasi kita. Dan seperti telur, sekali reputasi Anda tidak dilindungi oleh cangkang integritas Anda, cepat atau lambat, Anda akan menjadi seperti telur busuk tersebut, ternoda dan bau. Akhirnya anda harus menyingkir dari komunitas Anda dan kehilangan semua peluang yang bisa anda dapatkan. Dan kemudian……semuanya sirna.

Hal ini tidak mengherankan jika kita seringkali menemukan orang yang sangat cemerlang karirnya jatuh hanya dengan satu langkah yang salah. Dengan merusak pelindung integritasnya, maka ia menghancurkan semua sarana yang telah dibangun selama bertahun-tahun dalam kehidupan karirnya.

Dalam kehidupan nyata, Anda mungkin telah bertemu dengan seseorang yang sangat hebat dan memiliki kemampuan teknis yang sangat tinggi di tempat kerjanya. Tapi, orang ini tidak pernah dipromosikan untuk jabatan penting hanya karena integritas yang tidak dimiliki oleh orang tersebut. Tidak peduli seberapa baik Anda, dengan integritas yang buruk tersebut, Anda tidak akan menghasilkan “telur dadar lezat”. Dan hanya dengan integritas yang baik, Anda dapat menikmati kelezatan yang Anda inginkan dalam bisnis atau karir, serta dalam kehidupan pribadi Anda.

Bagaimana Memastikan Reputasi Kita Tidak Rusak.

Hanya ada satu cara untuk memastikan bahwa reputasi kita tetap dilindungi, yaitu memastikan bahwa pelindung “integritas” itu tetap utuh di tempatnya. Jangan biarkan rusak meski sangat kecil.

Meskipun sangat tipis, kulit telur merupakan unsur yang sangat penting untuk memastikan keseluruhan telur tetap menjadi baik. Itu berlaku juga untuk integritas kita.

Integritas menjadi sebuah bangunan yang sangat penting untuk menjaga dan memastikan reputasi Anda tetap baik. Baik dalam mata rekan Anda dan atasan Anda. Mata pelanggan Anda dan last but not least, di mata Anda sendiri. Mengapa? Karena yang pertama untuk mengetahui apakah Anda memiliki integritas yang baik atau tidak adalah: Anda.

Anda, Diri Anda sendiri.

Siapa pun bisa menjadi jenius. Tapi, tanpa integritas, kemungkinan dia tidak bisa memanfaatkan hadiah yang tak ternilai tersebut untuk kemanusiaan. Kita bisa menjadi orang biasa, tetapi dengan integritas dalam diri kita, kita dapat mengabdikan hidup kita bahkan untuk hal yang terlihat kecil bagi umat manusia.

LihatTutupKomentar