gtag('config', 'G-K1LNF7F02J'); Apa Saja Modal Untuk Membuka UKM? - IDEBISNISANDA

Apa Saja Modal Untuk Membuka UKM?

Modal merupakan salah satu faktor yang tidak bisa dipisahkan dalam memulai, menjalani dan mengembangkan usaha. Karena itulah modal sangat penting

 Apa Saja Modal Untuk Membuka UKM?

Idebisnisanda.com - Modal merupakan salah satu faktor yang tidak bisa dipisahkan dalam memulai, menjalani dan mengembangkan usaha. Karena itulah modal dijadikan sebagai hal yang amat penting dan harus diperhitungkan secara matang bagi Anda yang ingin berwirausaha.

Macam-macam modal harus Anda siapkan dengan baik supaya perjalanan usaha dapat terlaksana sesuai dengan keinginan dan perencanaan usaha yang telah Anda buat. Dengan begitu, keuntungan yang dihasilkanpun akan terasa sangat bermanfaat dan bisnis yang Anda kembangkan menjadi usaha yang menjanjikan.

Pada dasarnya, ada beberapa jenis modal yang harus Anda ketahui sebelum memulai sebuah usaha, antara lain:

Modal mental untuk bersikap mandiri, kerja keras dan pantang menyerah sebagai wirausahawan.

Modal kemampuan untuk mengelola dan berkecimpung dalam dunia usaha di bidang yang Anda tentukan.

Modal sumber daya, mulai dari tenaga kerja, peralatan, waktu, tempat dan sarana untuk berwirausaha.

Modal biaya atau dana untuk menjalankan suatu usaha.

Sebagian besar calon wirausahawan mengakui bahwa poin modal yang terakhir (dana) adalah salah satu faktor yang paling sulit untuk dipenuhi. Keterbatasan modal biaya dan pendanaan yang dialami oleh beberapa kalangan seringkali menjadi hambatan tersendiri dalam mewujudkan usaha yang ingin ditekuni.

Padahal, Anda bisa memanfaatkan modal yang tersedia untuk menjalani usaha kecil-kecilan atau UKM sesuai bidang dan jenis usaha yang ingin Anda tekuni. Meskipun modal yang Anda punya terbilang minim, bukan berarti hasil akhir yang Anda peroleh nanti tidak efektif dan menjanjikan bukan?

Baca Juga : Jenis Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil

Dalam hal ini, Anda harus berupaya untuk mengelola dan memanfaatkan modal awal yang Anda punya untuk memulai UKM yang Anda inginkan. Pastikanlah pemanfaatan modal dilakukan secara optimal sesuai kebutuhan sehingga usaha yang Anda kerjakan bisa segera berkembang.

Untuk lebih jelasnya, ikutilah beberapa tips di bawah ini untuk memanfaatkan dan mengelola sumber modal usaha yang Anda punya sekarang, yaitu:

Buat perhitungan modal yang jelas

Membuat perhitungan modal secara jelas dan detail perlu dilakukan untuk mengelola sumber dana modal yang Anda punya. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membuat perhitungan modal Usaha Kecil Menengah, antara lain:

Modal sewa tempat.

Modal peralatan dan bahan baku usaha.

Modal produksi usaha.

Modal pemasaran.

Modal tenaga kerja.

Catat dan rinci seluruh pengeluaran modal

Jangan sampai terlewat, membuat daftar rincian pengeluaran dari setiap dana modal yang Anda punya sangat penting untuk mengakumulasi dan memperhitungkan keuntungan yang nanti akan Anda dapatkan.

Hal ini juga bisa dijadikan sebagai rekap usaha dan perjalanan bisnis yang Anda kerjakan dari awal. Dengan modal yang Anda miliki sekarang, pencatatan dan rincian pengeluaran bisa membantu Anda untuk mengelola keuangan usaha secara optimal.

Adanya rekap juga bisa memperhitungkan naik turunnya perkembangan usaha yang akan Anda jalankan.

Pisahkan modal usaha dan uang pribadi secara profesional

Dalam memulai dan mengembangkan potensi usaha yang Anda jalankan, membedakan dan memisahkan antara uang pribadi dan modal usaha sangatlah penting dan wajib dilaksanakan. Tujuannya supaya segala macam bentuk perhitungan keuangan dapat dilakukan secara profesional.

Selisih untung rugi usaha akan terlihat jelas dan bisa Anda ketahui secara transparan. Kebutuhan usaha dan pribadi pun dapat dibedakan dengan sejelas-jelasnya.

Lain halnya jika uang modal dan uang pribadi disatukan, nantinya akan membuat pengelolaan uang sulit dilakukan dan menimbulkan masalah kekeliruan untuk ke depannya. Selain itu, modal usaha yang disatukan dengan uang pribadi juga akan membuat pengeluaran semakin sulit dikelola dengan maksimal.

Bisa saja uang modal Anda terpakai untuk suatu kebutuhan pribadi yang sifatnya di luar kebutuhan usaha. Hal ini akan berdampak negatif pada usaha yang sedang Anda kerjakan.

Akan tetapi, tentu saja uang pribadi yang Anda punya bisa dimanfaatkan untuk mendorong potensi bisnis sebagai sumber modal usaha, dengan catatan setiap uang pribadi yang dikeluarkan dicatat dan nantinya digantikan apabila perputaran modal sudah mulai berjalan.

Dengan begitu, pengelolaan uang usaha dan juga uang pribadi bisa Anda lakukan sesuai pada tempatnya. Hal tersebut juga bisa memberikan pengaruh yang baik terhadap perkembangan usaha.

Baca Juga : Membuka Usaha Dengan Modal Kecil Bagi Pemula

Lakukan pengamatan dan perhitungan berkala

Dalam memanfaatkan modal usaha yang Anda kelola, pastikanlah pengamatan dan perhitungan keuangan dilakukan secara berkala menggunakan sistem dan metode perhitungan yang tepat.

Tujuannya adalah untuk mengenali hasil usaha yang telah Anda kerjakan dan nominal keuntungan yang Anda dapatkan. Biasanya hal ini dilakukan di akhir bulan sebagai rekap hasil usaha yang sudah Anda kelola.

Apabila pemanfaatan modal yang Anda punya telah dilakukan secara optimal dan juga profesional, maka Anda bisa mencari dan mendapatkan sumber modal tambahan dari berbagai pihak, misalnya keluarga dekat, kerabat ataupun pihak perusahaan dan bank yang menyediakan pinjaman UKM yang Anda kembangkan.

Biasanya pemberi pinjaman modal akan mempertimbangkan tinggi rendahnya prospek usaha dalam memberikan dana untuk setiap wirausaha. Karena itulah rekapitulasi dibutuhkan agar pengajuan modal bisa Anda lakukan dengan mudah.

Jika tambahan modal usaha yang lebih besar berhasil Anda dapatkan, maka penerapan tips di bawah ini juga harus Anda simak dengan sebaik-baiknya supaya perkembangan UKM menjadi lebih lancar, yaitu:

Buat laporan keuangan secara profesional.

Catat setiap pemasukan dan pengeluaran usaha secara sistematis dan juga jelas.

Atur segala macam kebutuhan usaha secara maksimal.

Bedakan kebutuhan usaha dengan kebutuhan pribadi yang Anda inginkan.

Fokus terhadap pengembangan usaha yang lebih matang.

Segala macam bentuk perhitungan yang menyangkut modal usaha sudah seharusnya dilakukan dengan baik agar perjalanan usaha yang Anda kelola semakin menjanjikan.

Perputaran modal yang dilakukan diharapkan berjalan lancar dan hasil usaha yang dikelola sesuai target yang diinginkan sehingga semua modal yang Anda dapatkan bisa segera dikembalikan atau diputar kembali untuk meningkatkan potensi usaha yang tersedia. Mengandalkan tips dan teknik pengelolaan modal yang baik dan benar, maka usaha dapat berjalan dengan aman.

Pemanfaatan modal yang Anda lakukan secara profesional juga bisa meningkatkan daya saing usaha. Lambat laun, para investor dan pemilik modal tidak akan ragu untuk memberikan suntikan dana terhadap usaha yang Anda kelola.

Apabila pengelolaan dana modal dilakukan secara optimal dan juga konsisten, tentu saja penghasilan dan keuntungan yang Anda dapatkan akan semakin terasa menjanjikan.

Karena itulah memanfaatkan modal yang Anda punya secara tepat untuk mengawali usaha sangatlah berpengaruh besar terhadap perkembangan usaha kelak. Bukan hal yang mustahil jika UKM yang Anda kelola menjelma menjadi usaha yang bonafit dan memiliki potensi yang sangat besar.

Berawal dari pengelolaan modal kecil yang dilakukan secara profesional, hasil yang memuaskan pun perlahan akan Anda dapatkan. Nah itulah sebabnya manajemen keuangan dan permodalan perlu Anda kuasai dan Anda terapkan dalam menjalankan usaha!

LihatTutupKomentar